5 Negara ini Harusnya Mengucapkan Terima Kasih Pada Indonesia. Mengapa?

oleh Adi Nugroho
14:07 PM on Jan 12, 2016

Indonesia memang bukanlah negara maju seperti Amerika atau pun Tiongkok. Namun negeri telah melakukan banyak hal kepada dunia, hingga penghargaan sudah selayaknya didapatkan. Indonesia mungkin tidak menginginkan sebuah imbalan berupa materi berupa barang atau uang. Indonesia hanya ingin sebuah ucapan terima kasih yang tulus dari beberapa negara yang telah mendapatkan kemudahan di masa lalu atau pun sekarang.

Baca Juga: 5 Hal yang Membuat Amerika Segan dengan Indonesia

Baca Juga
Inilah 4 Jasa Tak Terlupakan yang Dilakukan Malaysia Kepada Bumi Pertiwi
10 Atlet SEA Games 2017 Asal Indonesia Ini Nggak Cuma Bikin Bangga, tapi juga Cantik Jelita

Inilah lima negara yang seharusnya mengucapkan terima kasih kepada Indonesia. Jika tidak ada Indonesia, mungkin beberapa hal di masa lalu negara ini tak akan berjalan dengan lancar.

1. Amerika

Ya, anda tidak salah membaca. Amerika adalah negara pertama yang harusnya mengucapkan terima kasih (bonus minta maaf) kepada Indonesia. Pertama karena negara ini banyak sekali mengeruk keuntungan dari Indonesia. Anda pasti sudah paham jika banyak sekali perusahaan besar dari Amerika yang menguasai Indonesia sejak zaman dahulu hingga sekarang.

Freeport di Indonesia [image source]
Freeport di Indonesia [image source]
Salah satu yang paling fenomenal adalah Freeport yang mengeruk banyak sekali emas dari Bumi Cendrawasih. Sejak tahun 60-an, Freeport telah menjadi perusahaan besar yang mengambil banyak keuntungan besar. Pemerintah mungkin diberi jatah, namun jumlah terbanyak tetap masuk ke kantong perusahaan. Oh ya, kasus Freeport ini bahkan sampai ada teori konspirasinya juga. Salah satu yang paling santer dibicarakan adalah lengsernya Soekarno. Banyak yang bilang jika lengsernya Soekarno terjadi akibat intervensi Amerika agar bisa menguasai tambang emas terbesar di Indonesia itu.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA