Teras Cihampelas, Skywalk Pertama di Indonesia yang Megahnya Nggak Kalah dari Luar Negeri

Menikmati skywalk kini nggak perlu ke luar negeri.

oleh Aini Boom
19:15 PM on Jul 13, 2017

Dulu, orang Indonesia yang ingin jalan-jalan ke skywalk harus punya kantong tebal. Sebab tempat seperti itu hanya ada di luar negeri seperti Inggris, Singapura, atau Kanada. Tapi kini, tak perlu lagi jauh-jauh ke sana sebab wahana semacam ini telah ada di Indonesia. Tepatnya di Jalan Cihampelas, Bandung, kamu bisa menjumpai satu-satunya skywalk yang ada di negara kita.

Skywalk yang dinamai Teras Cihampelas ini berada di atas Jalan Raya Cihampelas. Sejak diresmikan pada 4 Februari 2017 lalu, tempat ini langsung menjadi magnet yang menggiring orang-orang datang. Bahkan ikon baru Kota Kembang ini sudah jadi kandidat destinasi wisata baru populer Anugerah Pesona Indonesia 2017. Seperti apa daya tarik sky walk ini, yuk intip!

Baca Juga
Mengintip Keindahan Pantai ‘Perawan’ Sidoasri, Lokasi Alami yang Jarang Terjamah
Mengintip Kemakmuran Majasari di Indramayu, Desa dengan Predikat Terbaik di Indonesia

Terdiri Dari 12 Teras Berundak-undak dengan Desain Unik

Teras Cihampelas Bandung [Image Source]
Area sekitar Jalan Cihampeas yang dulunya dijadikan pusat pedagang kaki lima, kini diubah menjadi tempat keren yang cocok buat nongkrong. Sepanjang skywalk yang terdiri atas 12 teras berundak-undak. Area ini memiliki tiga tangga yang masing-masing berada di sebelah utara depan Rumah Sakit Advent, depan Hotel Serela dan di depan Hotel Promenade. Meski dibuat di area jembatan layang, pengunjung tak perlu khawatir sebab tiap sisinya terdapat pagar pengaman.

Sudut Teras Cihampelas [image: source]
Kawasan ini kini menjadi tempat menyenangkan untuk sekedar duduk-duduk dan bercerita dengan teman. Kamu juga bisa me time di tempat ini, asal memilih sudut tepat dan datang di waktu tepat ya.

Terdiri dari Tiga Zona: Taman, Souvenir, dan Kuliner

Zona souvenir [image: source]
Skywalk Bandung terbagi menjadi tiga zona yang terpisah. Ada taman, pusat penjualan souvenir seperti kaos dan pernak-pernik khas Bandung, serta pusat kuliner. Jadi sekali main ke sini, kamu bisa menikmati sensasi jalan-jalan dan hunting foto, menikmati taman, berbelanja oleh-oleh, dan mencicipi kuliner khas. Wah, menyenangkan bukan?

Zona taman [image: source]
Bagi kamu yang tak terlalu suka belanja dan hanya ingin bersantai, bisa mengunjungi zona taman. Di taman kamu bisa menghirup udara segar atau berpose di salah satu spot foto yang ada di sekitar tempat ini.

Daerah Sejuk Tak Perlu Khawatir Kepanasan

Teras Cihampelas terlihat dari samping atas [image: source]
Meski dilakukan pembangunan sedemikian rupa, skywalk Bandung tetap mempertahankan pepohonan rindang di area itu. Konsepnya, pohon-pohon besar di sekitar jalan dibuat menembus bangunan Teras Cihampelas. Jadi kamu nggak perlu kuatir saat jalan-jalan bakalan kepanasan. Sebab di sini adem bener, itu juga rahasia mengapa tempat ini tetap ramai dikunjungi meski siang bolong.

Menyediakan Fasilitas Lengkap dan Ramah Difable

Terdapat jalan landai untuk kaum difabel [image: source]
Sengaja didesain agar semua orang bisa berkunjung ke tempat ini, skywalk dilengkapi fasilitas yang cukup memadai. Jadi saat ke sini, kamu nggak perlu susah-susah untuk mencari toilet maupun mushola di jam sholat. Tak hanya itu, disediakan pula jalur melandai yang diperuntukkan kaum difabel, termasuk lift. Di sudut strategis pun telah dipasang petunjuk agar kamu tak kesulitan mencari tempat-tempat di area ini.

Terdapat Berbagai Properti Unik untuk Berfoto

Spot Foto [image: source]
Jika kamu berada di skywalk ini, dijamin tidak bisa menahan diri untuk berfoto. Sebab banyak tempat dengan desain unik, seperti lantai yang dibuat berwarna-warni. Selain itu, di tempat ini disediakan spot foto berupa frame instagram lengkap dengan caption kocak yang menghibur. Ada juga foto wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang siap menemanimu berpose. Ah, dijamin pasti kamu cekrek sana-sini kalau berkunjung ke sini.

Romantisme Malam Hari di Teras Cihampelas

Suasana malam hari [image: source]
Keindahan Teras Cihampelas tak hanya bisa dinikmati di pagi atau siang hari, malam hari pun tempat ini masih asik. Kerlap-kerlip lampu membuat suasana makin indah. Karena itu, tak jarang pengunjung masih berdatangan. Terlebih di malam hari, dari atas skywalk terlihat kerlap-kerlip Kota Bandung yang begitu mempesona. Tapi perlu diketahui bahwa tempat ini tutup mulai pukul 22.00.

Unik, indah, dan sejuknya skywalk membuat tempat ini semakin populer saja. Melihat pesona satu-satunya skywalk di atas, rasanya tidak berlebihan jika wisata baru itu masuk kandidat Anugerah Pesona Indonesia. Jadi, buruan ya meluangkan waktu ke tempat ini.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
BERITA TERKAIT
BACA JUGA