5 Teori Penciptaan Dunia Menurut Berbagai Macam Tradisi di Dunia

oleh Tetalogi
07:00 AM on Sep 11, 2016

Pernahkah kamu bertanya-tanya tentang bagaimana dunia ini tercipta? Ada banyak teori tentang bagaimana dunia ini dimulai. Mulai dari teori ilmiah, sampai teori-teori yang berasal dari mitos dan tradisi ratusan tahun yang lalu.

Nah, setiap kebudayaan dan tradisi ini memiliki teori masing-masing tentang bagaimana bumi ini sebenarnya tercipta. Berikut ini beberapa diantaranya yang mungkin akan terdengar tidak masuk akal bagi sebagian orang.

Baca Juga
Disebut Perompak oleh Mantan PM Malaysia, Justru Inilah Fakta Suku Bugis Seorang Pelaut Handal
4 Bukti Gregetnya Orang Indonesia Kalau Ada Bahaya, Kayak Sudah Hilang Urat Takutnya

1. Suami Istri yang Saling Membalas Dendam

Dalam kisah penciptaan dunia versi Jepang, konon dulu ada sepasang dewa yaitu Izanagi dan Izanami. Keduanya memiliki banyak anak serta melahirkan kepulauan Jepang. Tapi sayangnya, salah satu dari anak yang lahir adalah dewa api sehingga tubuh Izanami terbakar dan sekarat saat melahirkan bayi tersebut.

Izanami dan Izanagi [Image Source]
Izanami dan Izanagi [Image Source]
Izanagi memenggal bayi api tersebut dan mencari Izanami yang mulai membusuk di tanah kematian. Takut dengan tubuh istrinya yang mulai banyak dikerubuti belatung, ia memutuskan untuk menyegel istrinya tersebut di dunia bawah. Untuk balas dendam, Izanami bersumpah akan membunuh 1.000 orang setiap harinya dan Izanagi menjawab dengan membuat 1.500 kehidupan setiap harinya.

2. Telur yang Melahirkan Pencipta Alam Semesta

Mitos terciptanya dunia versi China menjelaskan bagaimana alam semesta berasal dari sebutir telur raksasa di luar angkasa sana. Setelah 18 ribu tahun, telur tersebut tiba-tiba meledak dan keluarlah seorang makhluk besar membawa kapak bernama Pan-Ku.

Pan-Ku [Image Source]
Pan-Ku [Image Source]
Dengan menggunakan kapaknya, Pan-Ku menciptakan bumi dengan memisahkan yin dan yang serta bumi dan langit. Ketika ia meninggal dunia, napasnya berubah menjadi angin, matanya menjadi matahari fan bulan, dan jenggotnya yang panjang menjadi galaksi Bima Sakti.

3. Alam yang Tercipta Karena Serangga

Satu mitos penciptaan dari suku asli Amerika menyebutkan bahwa awalnya semua binatang tinggal di awan dan di bawahnya hanyalah hamparan air. Saat langit mulai semakin penuh dengan berbagai macam jenis binatang, seekor kumbang memutuskan untuk turun dan menjelajah lautan di bawahnya.

American [Image Source]
American [Image Source]
Namun, saat menjelajah ia hanya menemukan lumpur. Semakin dalam ia menggali, semakin besar pula tubuhnya hingga akhirnya berubah menjadi bumi. Salah satu binatang kemudian menyambungkan langit dengan bumi menggunakan benang dan mengirim seekor burung agar menyiapkan bumi untuk kedatangan para binatang tersebut. Namun burung tersebut kelelahan dan begitu sampai di Amerika, sayapnya menabrak tanah dan terciptalah pegunungan.

4. Iblis Api Skandinavia

Mitos di Skandinavia percaya bahwa api besar melelehkan pucuk es dari dataran kabut dan es yang dikenal dengan nama Niflheim. Sapi raksasa kemudian terbentuk dari es yang meleleh dan tercipta juga raksasa es besar bernama Ymir.

Odin [Image Source]
Odin [Image Source]
Ymir kemudian menghasilkan lebih banyak raksasa es yang saling menghasilkan anak termasuk dewa Odin. Odin kemudian membunuh Ymir dan menggunakan sisa-sisa tubuhnya untuk menciptakan bumi.

5. Versi Mesir Kuno

Dewa Ra sebelumnya hanya sendirian di dunia sampai ia kemudian menciptakan anak-anak sendiri yang kemudian menjadi ras dewa Mesir, termasuk Osiris. Osiris terpilih menjadi raja dari para dewa, tapi ia dibunuh oleh saudaranya, Seth yang memutilasi tubuhnya dan menyebarkannya ke berbagai penjuru dunia.

Isis [Image Source]
Isis [Image Source]
Isis, istri Osiris melakukan pencarian lama sampai akhirnya menemukan potongan tubuh suaminya dan akhirnya memiliki anak yaitu Horus. Setelah membalaskan dendam kematian ayahnya, ia akhirnya menjadi pemimpin dunia.

Setiap kebudayaan selalu memiliki mitosnya sendiri tentang teori bagaimana bumi beserta isinya ini tercipta. Semua itu tercipta juga berdasarkan sistem kepercayaan masing-masing budaya sendiri. Menurutmu, mitos manakah yang paling menarik?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA