in

7 Teori Konspirasi Ngawur Ini Diam-Diam Ternyata Banyak yang Mempercayainya, Kamu?

Di internet kita bisa menemukan informasi apa saja, mulai dari panduan hidup sampai kabar terkini. Namun, kita perlu berhati-hati karena nggak semuanya benar. Beberapa informasi ada yang nggak benar atau HOAX. Kebanyakan yang HOAX ini adalah teori-teori konspirasi yang kadang nggak masuk akal.

Bisa dibilang, teori konspirasi ini konyol. Misalnya saja teori yang menyatakan bahwa bumi datar. Entah dari mana asalnya, tapi teori tersebut dianggap nggak masuk akal dengan berbagai penjelasan ilmiah. Namun, banyak orang yang mempercayainya dan repot-repot mencari bukti pendukungnya. Selain itu, masih banyak lho teori konspirasi ngawur lain yang banyak dipercaya. Apa sajakah itu?

1. Siri Adalah Pembuka Gerbang Hades

Pembukaan gerbang Hades [image source]
Perangkat pengenal suara dari Apple, Siri tak luput dari genggaman teori konspirasi konyol. Pada tanggal 24 Juli 2014, Siri dianggap sebagai jalan pembuka pintu gerbang menuju Hades atau dewa kematian. Tak ayal, kabar ini membuat warga dunia gempar. Ditambah lagi dengan munculnya gambar-gambar yang menguatkan teori ini. Usut punya usut, hal ini adalah hanya sebuah kesalahan atau bug pada sistem saja. Saat itu, Siri yang masih dalam versi beta mengalami kesalahan pembacaan data. Ia salah mengenali salah satu hari libur Tiongkok.

2. Saddam Husein Keturunan Raja Nebuchadnezzar dan Pemegang Pusaka Antik

Saddam Hussein [image source]
Sebuah teori konspirasi pernah mencuat ke permukaan. Teori tersebut mengemukakan bahwa Saddam Husein adalah keturunan Raja Babylonia, Nebuchadnezzar. Selain itu, teori konspirasi tersebut juga mengungkapkan bahwa Saddam Husein memegang pusaka yang bisa membuka gerbang ke dunia lain. Pusaka tersebut dipercaya bisa membuka gerbang ke alam lain seperti Planet Nibiru dan Annunaki, sebuah kota di Mesir kuno. Perang antara Irak dan Amerika disebut-sebut karena teori konspirasi ini. Amerika berusaha sekuat tenaga agar Irak tak membuka gerbang ke dunia tersebut.

3. Ice Bucket Challenge adalah Tantangan Para Pemuja Setan

Ice bucket challenge [image source]
Pernah dengar kan tantangan Ice Bucket Challenge yang pernah viral di internet beberapa tahun lalu? Tantangan ini dilakukan oleh berbagai macam kalangan, dari orang biasa sampai artis terkenal. Tujuan dari Ice Bucket Challenge adalah untuk menggalang dana. Tantangan tersebut sukses dan berhasil mengumpulkan dana sebanyak  $115 juta. Dana tersebut sedianya akan digunakan untuk membantu pengidap ALS. Amyotropis Lateral Sclerosis adalah penyakit penurunan saraf motorik. Yang menjadi sumber dari teori konspirasi ini adalah kepanjangan ALS yang juga disebut-sebut sebagai Antichrist Lucifer Satan atau anti kristus pemuja setan.

4. Pemalsuan Tenggelamnya Kapal Titanic

Titanic tenggelam [image source]
Tenggelamnya kapal Titanic pada tanggal 15 April 1912 tentu saja menggemparkan seluruh dunia. Kapal yang dianggap nggak mungkin tenggelam karena kecanggihannya. Namun, Robin Gardinier mengungkapkan teori lain. Menurutnya yang tenggelam adalah kapal Olympic. Nama Titanic sengaja ditempel pada kapal Olympic untuk mengelabuhi orang-orang. Tujuan kapal ini ditenggelamkan adalah untuk mendapatkan asuransi dalam jumlah yang besar. Sebab tenggelamnya pun bukan karena menabrak gunung es, melainkan ditabrak kapal penyelamat yang tersembunyi.

5. Ada NAZI dan Klan Ku Klux di The Smurfs

The Smurfs [image source]
Teori konspirasi yang konyol juga melanda dunia film animasi. The Smurfs disebut-sebut sebagai simbol dari Yahudi dan Klan Ku Klux. Kesimpulan tersebut berdasar pada musuh The Smurf, Gargamel. Ia memiliki ciri-ciri yang mirip bangsa Yahudi. Pakaian yang dikenakan para Smurfs juga dianggap mirip dengan baju Klan Ku Klux. Seperti yang kita ketahui, Klan Ku Klux mengenakan pakaian putih dan topi yang mirip sekali seperti milik para Smurfs.

6. Michael Jackson dan Elvis Presley Masih Hidup

Michael Jackson dan Elvis Presley

Beberapa artis terkenal di dunia juga tak luput dari teori konspirasi. Sebut saja Michael Jackson dan Elvis Presley. Ada teori yang menyebutkan, bahwa keduanya memalsukan kematian. Teori tersebut menyebutkan bahwa Elvis saat ini hidup di sebuah bunker bawah tanah, sedangkan Michael Jackson sedang menyamar sebagai biarawati di suatu tempat. Menurut teori tersebut, mereka sengaja memalsukan kematian untuk menghindari kehidupan glamor. Selain itu, memalsukan kematian bisa digunakan untuk mendongkrak penjualan album.

7. Bumi Memiliki Rongga dan Lubang Raksasa

Planet Bumi [image source]
Selama ini yang populer adalah teori bumi datar. Namun, ada lagi lho sebuah teori yang berhubungan dengan bumi. Teori gila tersebut mengatakan bahwa bumi memiliki rongga dan beberapa lubang besar. Jika kita berhasil melewati lubang tersebut, maka kita akan masuk ke dunia lain. Sungguh hal yang cukup sulit untuk dipercaya.

Perkembangan teknologi internet memang bagaikan dua sisi koin. Di satu sisi, menguntungkan, sisi lain merugikan. Pesatnya pertumbuhan internet membuat aliran informasi tak terbendung. Jika kita tak pandai-pandai memilah mana yang bagus, maka kita bisa terseret dan tenggelam dalam arus deras tersebut.

Written by Sastranagari

Leave a Reply

10 Atlet SEA Games 2017 Asal Indonesia Ini Nggak Cuma Bikin Bangga, tapi juga Cantik Jelita

Kaya dan Terkemuka, 4 Pasangan Ini Tetapkan Mahar Murah Banget, Ada yang Cuma Rp 70 Ribu Lho