Fakta Mengerikan Tentang Kanibalisme

oleh Halimah Halimah
12:00 PM on Jan 18, 2015

Kanibalisme adalan tindakan memakan daging makhluk hidup yang dilakukan oleh makhluk hidup dengan jenis yang sama. Kanibalisme memang sudah ada sejak awal peradaban manusia. Hingga kini, masih ada beberapa kasus kanibalisme yang terjadi antar manusia.

Kita tentu ingat tentang kasus Sumanto, si Manusia Kanibal yang mengumpulkan dan memakan banyak mayat manusia. Nah, berikut ini kami punya beberapa fakta menarik soal kanibalisme yang mungkin akan membuat anda merinding.

Baca Juga
Ternyata Beberapa Negara Ini Benderanya Terinspirasi Dari Majapahit Loh, Mana Saja Tuh
Bikin Emosi! Rombongan Pemuda Indonesia Ini Malah Sengaja Membentangkan Bendera Secara Terbalik

1. Daging Manusia Rasanya Manis

Menurut pengakuan para kanibal, daging manusia terasa manis dan lembut seperti daging babi. Ada juga yang mengaku bahwa rasa daging manusia tidak ada bedanya dengan daging sapi atau kambing.

Daging Manusia Manis
Daging Manusia Manis

Menurut pengakuan Meiwes, seorang kanibal dari Jerman, daging manusia rasanya seperti daging babi yang sedikit lebih menyengat. Meiwes mengaku daging manusia lumayan enak jika dibandingkan dengan daging lainnya. Meiwes sendiri mengaku dia pernah memakan daging manusia sebanyak 20 kilogram.

2. Memakan Daging Manusia Bisa Menyebabkan penyakit “Sapi Gila”

Orang yang memakan daging manusia lain akan ikut mengkonsumsi sebuah protein bernama protein “prions”. Protein ini dapat menyebabkan sebuah penyakit seperti penyakit sapi gila, hanya saja ditemukan pada manusia, bukan pada sapi.

Penyakit Sapi Gila
Penyakit Sapi Gila

Orang yang sudah terpapar protein ini akan mengalami gejala seperti; tertawa histeris, bicara melantur dan kesulitan untuk bergerak atau menelan. Tidak ada obat untuk penyakit ini. Satu-satunya jalan untuk bertahan dari penyakit ini adalah dengan menunggunya hilang sendiri dalam jangka waktu 10 hingga 13 hari.

3. Hati-hati, Kemungkinan Besar Anda Juga Seorang Kanibal

Autocanibalism adalah sebuah kelainan dimana seseorang memakan dagingnya sendiri. Dalam autocanibalism, tindakan menggigit-gigit kuku atau menggigit bibir juga sudah termasuk kebiasaan yang merupakan bagian dari kanibalisme.

anda juga kanibal
anda juga kanibal

Dalam versi yang lebih ekstrim, seorang autocanibal akan meminun darahnya sendiri. Ada juga beberapa pengidap autocanibalism yang memotong dan memakan dagingnya sendiri.

4. Hewan Juga Kanibal

Hewan juga makhluk hidup yang bisa melakukan tindakan kanibalisme. Kasus kanibalisme biasa terjadi pada laba-laba dan ular. beberapa jenis ular diketahui akan memakan bayinya untuk bertahan hidup.

Hwwan Juga Kanibal
Hwwan Juga Kanibal

Singa juga akan cenderung memakan bagian dari kelompoknya sendiri jika mereka sudah terdesak dan sulit mendapatkan makanan. Belalang sembah jantan juga akan dimakan belalang sembah bentia setelah proses kawin.

5. Daging Manusia Sebagai “Obat”

Pada zaman dahulu orang-orang di Eropa percaya bahwa dengan memakan daging manusia, mereka akan terbebas dari beberapa penyakit seperti reumatik. Mereka juga percaya bahwa darah manusia bisa menghangatkan tubuh selama musim dingin.

daging manusia jadi obat
daging manusia jadi obat

Sementara itu pada zaman Mesir Kuno, orang-orang sering mengumpulkan mayat berdasarkan statusnya dalam masyarakat. Mayat yang paling berharga adalah mayat perawan. Menurut kepercayaan Yunani Kuno, mayat perawan dapat memberikan efek kesehatan yang baik.

itu tadi beberapa fakta soal kanibalisme yang mungkin akan membuat bulu kuduk anda merinding. Meskipun masih ada beberapa kasus kanibalisme, namun setidaknya peradaban manusia sudah agak jauh dari proses makan yang amat mengerikan itu. Beberapa negara juga sudah menetapkan hukuman berat terkait kanibalisme.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA