10 Tempat Wisata Menakjubkan ini Ada di Tengah Ketenangan Kota Solo

oleh irma
12:14 PM on Mar 22, 2016

Dikunjungi bersama teman maupun keluarga, rasanya tak akan bisa mengubah keindahan kota budaya ini untuk didatangi. Solo, merupakan kota yang kaya akan budaya dan kental akan history yang unik, asli, serta menakjubkan.

Akan tetapi, beberapa dari kita mungkin masih bingung dan penasaran, tempat mana saja sih yang indah dan asik untuk di kunjungi? Jangan kawatir sobat Boombastis, berikut adalah 10 tempat menarik di Solo yang tak akan pernah Anda sesali untuk mengunjunginya. Yuk simak!

Baca Juga
Inilah 4 Fakta Meikarta, Kota Baru yang Katanya Bakal Menyaingi Ibukota
Inilah 4 Jasa Tak Terlupakan yang Dilakukan Malaysia Kepada Bumi Pertiwi

1. Museum Purba Saingan

Sobat Boombastis pasti pernah dengar mengenai manusia purba saat pelajaran IPS di bangku sekolah bukan? Dan beberapa dari kita tentu pernah bertanya-tanya, seperti apa dan bagaimana sih kira-kira gambaran manusia purba yang sesungguuhnya. Kini buang jauh-jauh kekawatiran Anda.

museum purba
Museum Purba Saingan [ Image Source ]

Museum Purba Saingan dengan sekejap dapat menjawab segala rasa penasaran dan keingintahuan Anda mengenai makhluk purba. Yup, museum yang berlokasi di Kabupaten Sragen ini memiliki koleksi manusia purba yang usianya bahkan jutaan tahun! Karena kelengkapan koleksi yang mereka miliki, museum ini alhasil menjadi museum manusia purba terlengkap se-Asia! Wah, jangan sampai ketinggalan wisata yang satu ini saat berkunjung ke Solo yah.

2. Grojogan Sewu

Bagi Anda para pecinta alam, tentu selalu merasa haus akan pemandangan dan tantangan alam untuk dijelajahi bukan? Tak perlu kawatir mencari tujuan wisata dengan pemandangan indah serta udara sejuk saat berada di Solo. karena kini, Anda dapat mengunjungi Grojogan Sewu Tawangmangu yang merupakan wisata air terjun paling terkenal di Solo.

gerojogan sewu
Grojogan Sewu [ Image Source ]

Di tempat ini, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk menginap disertai dengan fasilias yang sangat meggiurkan. Yang lebih menariknya lagi, jika beruntung Anda dapat secara langsung menyaksikan upacara adat Jawa yang dilaksanakan langsung di lokasi. Jangan lupa membawa kamera yah, siapa tahu Anda ingin mengabadikan moment berharga serta unik bersama teman maupun keluarga.

3. Keraton Kasunanan Hadiningrat

Jika Anda membicarakan wisata yang ini dengan nenek atau kakek, mungkin Keraton yang satu ini tak lagi asing bagi mereka. Yah, Keraton Kasunanan yang berada di kota Solo ini awalnya merupakan kerajaan Mataram yang sudah didirikan sejak jaman Belanda. Keraton yang sudah berdiri sejak tahun 1744 ini memiliki nilai sejarah yang luar biasa serta menarik.

keraton surakarta
Keraton Kasunanan Hadiningrat [ Image Source ]

Hal inilah yang akhirnya membuat keraton yang arsitekturnya terinspirasi dari perpaduan unsur Eropa dan Jawa ini menjadi wisata yang utama di Solo. Lantas apa saja sih isi dari keraton bersejarah ini? Daripada penasaran, langsung saja kunjungi dan nikmati nuansa putih biru yang disajikan di wisata ini deh.

4. Museum Danar Hadi Solo

Kita semua tahu, bahwa batik merupakan salah satu karya kebanggaan milik Indonesia. akan tetapi yang perlu kita ketahui lagi ialah, bahwa tak hanya Indonesia saja yang memiliki karya bernilai ini loh. Terbukti di salah satu museum batik di Solo yang akan membukan wawasan Anda semua mengenai batik dari beberapa negara di dunia.

museum danar hadi
Museum danar Hadi Solo [ Image Source ]

museum yang mengoleksi batik dari China, Belanda dan tentunya Indonesia. Di sini Anda diperbolehkan berfoto ria dan mengabadikan gambar batik dari beberapa negara. Asal ingat, demi menjaga kebersihan dan keawetan batik, Anda dilarang untuk menyentuh dan menggunakan flash saat mempotretnya loh. Jangan lupa yah.

5. Wisata Menanam dan Berkebun

Sudah bosan denga wisata yang itu-itu saja? Ingin mencoba suasana serta pengalaman baru? Tak perlu khawatir sobat Boombastis. Kini Anda bisa mengunjungi salah satu wisata di Solo yang terletak di daerah Karanganyar. Kini, Agrowisata Lembah Hijau Jaten menjadi destinasi baru yang sedang diminati oleh para wisatawan

agrowisata lembah hijau
Wisata Menanam dan Berkebun [ Image Source ]

Bukan hanya pemandangan indah saja yang ditawarkan di wisata ini. Namun di perkebunan Jaten, Anda dapat menjajal pengalaman baru mulai dari menanam jenis pohon hingga membuat pupuk organik. Selain itu juga wisata ini akan mengajak Anda untuk berternak dan memerah susu sapi loh! Wah sungguh menarik dan merupakan wisata yang jarang ada bukan? Yuk buruan coba.

6. Candi Monyet

Borobudur, Prambanan, dan beberapa candi yang berada di Indonesia memang memiliki sejarah yang berbeda-beda. Namun sobat, candi yang satu ini tak hanya memiliki sejarah dan latar belakang yang berbeda loh. Pasalnya, wisata yang berada tak jauh dari daerah karanganyar ini memiliki beberapa sisi candi yang menggambarkan monyet.

candi monyet
Candi Monyet [ Image Source ]
Akan tetapi, hingga kini masih menjadi pertanyaan besar, mengapa monyet dijadikan inspirasi dalam pembangunan candi ini. Namun justru hal inilah yang dipercaya warga sekitar sebagai nilai misteri dan nilai jual candi yang sudah berusia ribuan tahun ini. Nah makin penasaran kan untuk mengetahui misteri di balik candi ini?

7. Pandawa Water World

Bagi Anda yang mungkin masih ingin mencicipi wisata modern di kota yang bersejarah, tak perlu resah dan gundah. Pandawa Water World termasuk salah satu wisata yang sangat diminati oleh wisatawan yang berkunjung di Solo. Objek wisata yang bertema wisata air ini sudah didirikan sejak bulan Desember di tahun 2007.

wisata pandawa
Pandawa Water World [ Image Source ]

Akan tetapi, walau menjunjung konsep modern, Solo tetap tak mau kehilangan nilai budaya dan sejarah yang mereka miliki loh. Terbukti dari desain yang terinspirasi dari tokoh perwayangan Pandawa Lima yang juga merupakan nama dari wisata mereka. Untuk mengunjungi wisata ini pun tak begitu menggerogoti kantong Anda kok. Cukup dengan uang sebesar Rp 80.000 hingga Rp 100.00 Anda sudah dapat menikmati segala wahana menarik yang berada di dalamnya. Selamat mencoba!

8. Waduk Gajah Mungkur

Sekilas mendengar wisata waduk, mungkin tak akan menarik hati kita sebagai wisatawan bukan? Namun jangan terburu berburuk sangka dulu sobat. Pasalnya waduk yang berada di Solo yang satu ini memiliki fasilitas yang sangat menggiurkan dan mengasyikan loh. Di sinilah, Waduk Gajah Mungkur, Anda bisa melihat pemandangan indah sekaligus memancing.

waduk gajah wungkur
Waduk Gajah Mungkur [ Image Source ]

Tak hanya itu, waduk yang dulunya sempat menjadi kntroversi ini juga menyediakan kapal bagi wisatawan yang hendak mengelilingi danau. Eits, belum selesai di situ saja loh keunikan wisata waduk yang satu ini. Anda juga bisa menikmati fasilitas Gantole atau layang gantung yang tentunya sangat seru! Wah, jadi ingin mengunjunginya ya.

9. Wisata Batik Laweyan

Berkunjung ke kota Solo rasanya belum lengkap jika tidak mendatangi wisata budaya yang satu ini. Jangan mengira, dengan nama Wisata Batik, maka Anda hanya akan menemukan batik saja loh. Bahkan lokasi wisata ini menampilkan lebih dari yang bisa Anda bayangkan.

wisata batik laweyan
Wisata Batik Laweyan [ Image Source ]

Kampoeng Batik Laweyan merupakan kawasan artistik, bersejarah, unik, serta merupakan cikal bakal berdirinya kota Solo. Tak hanya peninggalan budaya berupa batik, namun di sini para wisatawan dapat menikmati kuliner yang khas dan juga sangat lezat dengan suasana Tempoe Doeloe.Tak heran jika wisata yang juga menampilkan rumah-rumah kuno dan bersejarah ini lantas menjadi destinasi utama bagi para wisatawan mancanegara.

10 Wisata Kuliner Galabo

Nah ini dia nih, wisata yang tepat bagi Anda yang memiliki hobi seputar kuliner. Galabo merupakan pusat makanan yang sudah diresmikan sejak tahun 2008 di kota Solo. Wisata yang buka mulai pukul 17.00 hingga 24.00 ini sudah tak asing lagi di telinga para wisatwan negri maupun mancanegara.

galabo solo
Wisata Kuliner Galabo [ Image Source ]

Tak hanya menjual makanan yang lezat, Galabo juga menyajikan beberapa makanan yang sangat khas dengan kota Solo itu sendiri. Sehingga wajar saja jika hal ini membuat Galabo tak pernah sepi akan pengunjung alias ramai. Aduh, terdengar sangat menggiurkan yah sobat Boombastis!

Setelah membaca beberapa destinasi menarik yang berada di kota Solo, tentunya sudah membuat sobat Boombastis bisa mengira-ngira wisata apa saja yang akan dikunjungi kan? Yuk persiapkan liburan Anda!

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA