6 Tempat Wisata Paling Aneh di Dunia

oleh Tetalogi
07:00 AM on Nov 7, 2015

Pada umumnya, yang dicari dari sebuah tempat liburan adalah pemandangan yang indah, suasana yang nyaman, permainan yang seru atau atmosfer yang menyenangkan. Karena itulah pengelola tempat wisata biasanya akan membuat konsep semenarik mungkin agar banyak turis yang mau berdatangan ke tempat wisata tersebut.

Meski begitu ada juga beberapa tempat wisata yang justru menarik karena hal yang sangat berbeda. Dengan hal yang aneh tersebut, tempat-tempat ini ternyata sering didatangi oleh para wisatawan. Berikut ini beberapa diantaranya.

Baca Juga
6 Alasan Kenapa One Piece Nggak Pernah Bikin Penggemar Bosen Meski Sudah 20 Tahun
Inilah 4 Alasan Mengapa Profesi TKI Bisa Bikin Seseorang Jadi Kaya Mendadak

1. Kuil Karni Mata di India

Kuil Karni Mata adalah sebuah kuil Hindu terkenal di India yang juga dikenal sebagai kuil Tikus. Nama ini tidak lain karena kuil Karni Mata adalah tempat tinggal setidaknya 20 ribu tikus hitam yang dianggap suci. Masyarakat dari berbagai kota datang ke kuil ini untuk mendapatkan berkat, tapi ada juga yang lebih karena penasaran dengan adanya tikus-tikus ini.

Kuil Karni Mata dan Tikus yang bebas berkeliaran di dalamnya
Kuil Karni Mata dan Tikus yang bebas berkeliaran di dalamnya

Menurut Legenda, Laxman, anak tiri Karni Mata tenggelam di sebuah kolam saat minum. Karni Mata kemudian menemui dewa Yama, dewa kematian dan memintanya untuk menghidupkan puteranya kembali. Awalnya dewa Yama menolak, tapi kemudian menyetujuinya dan mengijinkan Laxman serta semua keturunan laki-laki Karni Mata untuk bereinkarnasi menjadi seekor tikus.

Ada versi lain tentang legenda tikus-tikus yang tinggal di kuil ini. Salah satu versi mengatakan bahwa 20 ribu pasukan yang kuat meninggalkan peperangan dan lari ke Deshnoke, tempat kuil itu berada. Lari dari perang adalah perbuatan dosa dan bisa dihukum mati. Karni Mata tidak membunuh mereka, namun mengubah mereka semua menjadi tikus dan menawarkan kuil sebagai tempat tinggal mereka. Pasukan tersebut mengucapkan terima kasih mereka dan berjanji untuk terus melayani Karni Mata.

Di kuil ini, para tikus dihormati dan diberi persembahan. Pengunjung tidak diperbolehkan memakai sepatu di dalam kuil dan memakan sisa makanan yang digigit tikus dianggap sebagai sebuah berkah spesial. Mau coba makan makanan sisa tikus?

2. House of Poo-Poo di Cina

Restoran dan toilet jarang sekali berada dalam satu kalimat. Kecuali restoran yang terletak di Cina ini. House of Poo Poo adalah sebuah restoran di Cina yang mengambil tema toilet. Bukan hanya tata ruangannya saja, tapi juga piring saji, buku menu, bahkan termasuk menu makanannya sendiri yang terkadang ada juga yang dibuat seperti berbentuk (maaf) kotoran.

Makanan yang disajikan di pispot dan toilet kecil [Image Source]
Makanan yang disajikan di pispot dan toilet kecil [Image Source]
Di sini, pengunjung menikmati makanan yang disajikan dalam urinal atau toilet kecil. Beberapa pengunjung yang kebanyakan datang adalah para muda-mudi yang ingin merasakan keseruan makan di tempat ini. Mungkin kalau kamu ingin mencobanya, pastikan kamu tidak terlalu berimajinasi kemana-mana agar bisa menikmati makanan di restoran ini.

3. Sedlec Ossuary di Republik Ceko

Tempat wisata religi terkadang juga menjadi salah satu tujuan wisata bagi banyak orang. Salah satunya adalah gereja Katolik Roma, Sedlec Ossuary yang terletak di Republik Ceko. Jika biasanya gereja memiliki dekorasi cantik dan indah, gereja yang satu ini justru menyeramkan karena dihiasi dengan tulang belulang manusia!

Sedlec Ossuary [Image Source]
Sedlec Ossuary [Image Source]
Gereja Sedlec Ossuary ini didekorasi dengan 40 ribu tulang manusia. Bahkan yang menakjubkan sekaligus mengerikan, gereja ini juga memiliki sebuah lampu gantung megah yang terbuat dari setiap tulang yang ada di tubuh manusia. Meskipun seram, gereja ini termasuk lokasi wisata yang paling banyak dikunjungi di Republik Ceko yaitu hingga 200 ribu pengunjung per tahun.

4. Yunessun Spa Resort, Jepang

Jika biasanya spa memberikan tempat relaksasi berupa berendam air hangat, air dengan taburan bunga, di tempat ini justru lebih unik lagi. Di Yunessun Spa Resort, para tamu bisa menikmati mandi berendam dengan air teh hijau, anggur merah, hingga sake. Bahkan ada juga yang berendam dalam coklat atau kari.

Yunessun Spa Resort [Image Source]
Yunessun Spa Resort [Image Source]
Meski terdengar aneh, tapi spa ini ternyata banyak dikunjungi, lho. Selain itu Yunessun Spa ternyata juga mendapatkan banyak review bagus dari pengunjung dan mengatakan bahwa tempat ini menyenangkan dan menenangkan.

5. 1984: Survival Drama, Lithuania

Jika biasanya orang melakukan liburan itu untuk melakukan relaksasi dan menikmati hal-hal yang menyenangkan, di tempat wisata ini justru sebaliknya. Sebuah bunker 5 meter di bawah tanah peninggalan Soviet dimanfaatkan menjadi sebuah tempat wisata. Tujuannya adalah agar para generasi muda Lithuania merasakan dan memahami apa yang dirasakan generasi sebelumnya.

1984 Survival Drama [Image Source]
1984 Survival Drama [Image Source]
Saat baru masuk, semua barang pengunjung termasuk uang, kamera dan ponsel akan disita oleh penjaga yang terlihat kejam. Mereka kemudian diminta untuk memakai jubah Soviet, kemudian mereka ditunjukkan propaganda Soviet. Pengunjung akan merasakan nonton program televisi dari tahun 1984, menggunakan masker gas, belajar lagu Soviet, makan masakan Soviet, dan bahkan menjalani interogasi ala kamp konsentrasi dan cek kesehatan. Jelaslah, tempat wisata ini bukan untuk mereka yang berhati lemah.

6. Ban Kok Sa-Nga, Thailand

Ban Kok Sa-Nga adalah sebuah desa di Thailand yang juga dikenal sebagai desa Kobra. Bagaimana tidak, setiap rumah di desa ini setidaknya memelihara seekor ular mulai dari ular yang tidak terlalu berbahaya, hingga ular berbisa sperti King Kobra.

Ban Kok Sa-Nga [Image Source]
Ban Kok Sa-Nga [Image Source]
Di desa ini terkenal akan pertunjukan ularnya seperti manusia yang bertarung melawan ular. Beberapa di antaranya bahkan ada yang lebih menantang dengan menggangu ular king kobra yang marah. Meskipun banyak berisi atraksi-atraksi yang berbahaya dan aneh, yang semakin membuat para pengunjung merasa begitu merinding adalah bagaimana penduduk desa ini merasa begitu nyaman bersama semua ular-ular ini, termasuk anak-anak kecil yang bermain-main dengan binatang yang ditakuti oleh kebanyakan orang ini.

Meski begitu, tempat wisata ini bukan tanpa resiko bagi para penduduknya. Setidaknya beberapa orang penduduk dilaporkan harus diamputasi jarinya karena terkena gigitan ular berbisa.

Tempat wisata memang dibuat seunik dan berbeda mungkin dengan tujuan untuk menarik para wisatawan. Meski bagi beberapa orang terlihat aneh, terkadang justru keren atau seru bagi orang lain. Asalkan, jangan sampai tempat wisata unik seperti beberapa tempat berikut ini justru membuat pengunjung merasa semakin stres atau lelah.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA