10 Tempat Wisata Air Jember Paling Indah dan Murah

oleh Aini Boom
07:00 AM on Mar 31, 2016

Air. Mengingat sebuah kutipan penulis dengan puluhan buku, Darwis Tere Liye tentang air. “Bersabarlah seperti air. Terus mengalir ke bawah sesuai hukum alamnya, ketemu rintangan dia berbelok, ketemu celah kecil dia nyelip, ketemu batu dia menyibak, ketemu bendungan, dia terus mengumpulkan diri sendiri, hingga semakin banyak, semakin tinggi, penuh terlampaui bendungan tersebut, untuk mengalir lagi.

“Seolah dia tidak melakukan apapun, hanya diam, sabar, tenang, tapi sedang terus berusaha habis-habisan.” Kutipan itu kiranya pantas untuk menggambarkan betapa tangguh dan hebatnya air. Maka tidak salah kebanyakan orang akan damai hatinya, dan tentram batinnya kala menemu pemandangan air yang jernih. Saat melihat air, jernih air serasa menjernihkan pikiran.Nah,

Baca Juga
5 Jasa Chairul Huda Semasa Hidup yang Membuat Dirinya Jadi Sosok Tak Tergantikan
Misnadi Abdullah, Ketua Aliran Baru Penyembah Matahari yang Bikin Netizen Geram

1. Pantai Tanjung Papuma

Pantai Tanjung Papuma merupakan destinasi wisata air yang memang telah dikenal luas oleh masyarakat di Indonesia. Terang saja dikenal, pasalnya hampir kebanyakan masyarakat akan dibuat terngangamelihat eksotisme gulungan ombak yang ada di pantai ini. Ombak besar nan cantik ini merupakan akibat dari posisi Tanjung Papuma yang terletak di deretan pantai selatan Jember.

matahari-terbit-di-tanjung-papuma-1
Suasana Sore di Pantai Tanjung Papuma [ Image Source ]
Terletak di Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember, bisa anda tempuh dengan menaiki bis, kereta api, travel, bahkan ojek. Jaraknya sekitar 40 km ke arah selatan Kota Jember. Tidak perlu khawatir tentang budget, karena anda hanya perlu menyisihkan uang sekitar 10 ribuan untuk memasuki pantai ini. Keren bukan.

2. Teluk Love

Teluk Love merupakan area yang berada di daerah paling timur Pantai Payangan. Untuk bisa menikmati pemandangan unik berupa lukisan hati ini, anda harus berjalan sekitar 200 meter dari area parkir Pantai Payangan. Setelah itu dilanjutkan dengan menuju Bukit Domba. Di sini, pengunjung dikenai biaya sebesar 5.000.

teluk love
Indah dan Romantisnya Teluk Love Jember [ Image Source ]

Daya tarik wisata ini adalah nuansa romantis, sesuai dengan namanya yang memuat kata “Love”.Kebanyakan orang percaya bahwa menyatakan cinta di bukit domba sambil menikmati pemandangan lukisan hati akan membuat langgeng hubungan sepasang kekasih. Wah, bener enggak yah? Coba anda datang sendiri dan buktikan.

3.Pantai Payangan

Daya tarik Pantai Payangan terletak pada keberadaan perbukitan yang tinggi menyulap pemandangan menjadi indah. Pasir hitam berpadu air jernih membuat eksotisme terpancar dari tempat ini. Pemandangan akan semakin mempesona jika anda melihatnya dari bukit-bukit yang ada di sekitaran pantai.

pantai-payangan Eksotisnya Pemandangan Pantai Payangan [ Image Source ]

4.Pantai Watu Ulo

Terletak tidak jauh dari Pantai Papuma, adalah Pantai Watu Ulo. Pesona pantai ini terletak pada keindahan tumpukan batu yang memanjang, menyerupai sisik dan bentuknya serupa ular.

12750196_1652374095024056_668358912_n
Unik dan Indahnya Penampang Bebatuan di Pantai Watu Ulo [ Image Source dari akun instagram luphyika ]

Bentuk batu yang seperti itu membuat banyak orang mempercayai mitos tentang batu yang asalnya dari ular naga. Karena landscape yang menarik inilah banyak pengunjung dari luar dan dalam negeri memilih tempat ini untuk menghabiskan waktu.

5. Pantai Bandealit

Di kelilingi oleh hutan, itulah yang membuat Pantai Bandealit terlihat begitu memikat. Tidak hanya bisa menikmati pemandangan jernih air di tengah-tengah nuansa kehijauan, ada banyak hal yang istimewa dari tempat ini.

11376252_953153334745633_25769688_n
Uniknya Pantai Bandealit yang Dikelilingi Hutan [ Image Source ] Dari akun instagram indocaco
Adalah fasilitas di sekitar pantai yang cukup menarik. Di antaranya keberadaan tempat penangkaran Rusa Timor dan Green House yang berisi beragam anggrek dari berbagai jenis.

6. Pantai Puger

Keberadaan fasilitas berupa tempat pelelangan ikan, dan sarana untuk memancing membuat tempat ini banyak dikunjungi banyak wisatawan. Tidak hanya itu, perahu nelayan yang memiliki bentuk unik dengan corak warna-warni membuat tempat nampak indah. Pantai ini terletak sejauh 35 km arah barat laut Kota Jember.

11377443_101643410174444_1157210725_n
Cantiknya Pemandangan di Pantai Puger dengan Banyak Perahu Indah [ Image Source ] Gambar dari akun instagram ita_pl

7. Pantai Paseban

Sunset Pantai Paseban adalah salah satu momen indah yang telah terkenal di seluruh Indonesia. Detik-detik ketika langit berganti senja yang berkabut, sinar terang yang menjelma merah redup perlahan berganti gelap. Membuat anda yang melihat akan merasakan damai dan ketenangan jiwa.

12822563_848689255257148_2020198234_n
Pesona Sunset di Ujung Senja Pantai Paseban [ Image Source ] Dari Akun Instagram masgop.agm

Tidak hanya itu, pasir putih indah dan ombak yang bergulung lembut aman untuk anda dan keluarga menyegarkan badan atau sekedar bermain air. Menjangkau pantai ini bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Anda bisa juga menyewa mini bus di Terminal Tawangalun Jember.

8. Air Terjun Antrokan

Air terjun indah dengan guyuran air jernih yang membentuk musik alam yang enak didengar. Air terjun ini terletak di Desa Manggisan, Kecamatan Tanggul. Bisa ditempuh dengan satu jam perjalanan dari pusat Kota Jember.

12070650_828158180638497_332623502_n
Air Terjun Antorkan Kabupaten Jember [ Image Source ]

9. Air Terjun Tancak

Air Terjun Tancak merupakan salah satu wisata air terbaik di Jember. Tempat ini digemari pengunjung yang gemar melakukan trekking, pasalnya mencapai tempat ini perlu berjalan sejauh 2 km menyusuri hutan dan perkebunan warga.

075987100_1437541669-air_terjun_tancak
Jernihnya Air Terjun Tancak [ Image Source ]
Keistimewaan tempat yang berada 15 km dari pusat Kota Jember ini adalah airnya yang begitu jernih dengan bebatuan indah. Tak heran jika wisatawan berlomba-lomba memadati tempat yang berada di Desa Suci Kecamatan Panti ini.

10. Air Terjun Tancak Tulis

Air Terjun dari Langit adalah julukan untuk air terjun yang berada di Dusun Tulis Desa Darungan Kecamatan Tanggul Jember ini. Meski memiliki kemiripan nama dengan Air Terjun Tancak, tapi di tempat ini anda akan mendapat sensasi yang berbeda. Yaitu pemandangan air terjun yang tingginya lebih dari 250 meter dibalut kabut yang menghiasi di sekitarnya. It’s amazing.

916336_217194655283320_250336347_n
Keindahan Air Terjun Tancak Tulis [ Image Source  ] Dari Akun Instagram nilam_ganung
Nah, itulah 10 wisata air di daerah Kabupaten Jember yang sangat indah mempesona. Tidak hanya itu, mengunjungi tempat-tempat indah di atas tidak akan membuat kantong anda bolong. Selamat berlibur dan jangan lupa bahagia.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA