Sedekade Lalu Tempat Ini Bukan Apa-Apa, Kini Menjadi Primadona Wisata

oleh Alfry
08:33 AM on May 21, 2015

Pernahkah dalam benak Anda bertanya apakah tempat wisata yang Anda kunjungi saat ini memang sudah populer sejak dulu ataukah baru saja tenar? Faktanya tidak semua tempat wisata terkenal sejak dulu, banyak destinasi wisata populer di dunia yang ternyata dulunya sama sekali tidak dilirik oleh turis. Mana sajakah tempat-tempat itu?

Keindahan tempat wisata menjadi salah satu faktor yang memikat para turis untuk datang berkunjung. Akan tetapi banyak tempat-tempat di dunia yang belum terekpos sehingga keindahannya masih tersembunyi. Ketika keindahan tersebut terkuak maka berbondong-bondong para turis berkunjung ke sana. Dilongok Travelingyuk dari National Geographic, berikut 5 tempat wisata yang dulunya bukan apa-apa tapi kini jadi primadona wisata.

Baca Juga
Ternyata Beberapa Negara Ini Benderanya Terinspirasi Dari Majapahit Loh, Mana Saja Tuh
Bikin Emosi! Rombongan Pemuda Indonesia Ini Malah Sengaja Membentangkan Bendera Secara Terbalik

1. Iran

Siapa sangka negeri yang paling disentimeni negara barat ini sekarang menjadi salah satu pemain handal di bidang pariwisata. Semua orang pasti masih ingat bagaimana negara-negara barat sangat anti pati dengan negara Iran. Mereka khawatir dengan program nuklir yang dijalankan negara ini sampai-sampai berbagai upaya pencekalan dilakukan untuk mengisolasi negeri cantik di Timur Tengah ini.

Iran via National Geographich
Iran via National Geographich

Namun lihatlah perkembangan pariwisata di negara tersebut di tahun 2015. Menurut salah satu situs traveling dunia, Iran masuk ke dalam daftar Top 10 Countries untuk dikunjungi tahun 2015 bahkan negara ini berada di barisan terdepan dalam daftar tersebut. Peringkat ini tentu bukan sekonyong-konyong muncul begitu saja.

Data statistik menunjukkan bahwa kunjungan wisatawan ke negara tersebut naik 200% dibanding tahun-tahun sebelumnya. Tempat ski di dekat Teheran dan juga reruntuhan kota kuno menjadi beberapa destinasi favorit turis asing di sana.

2. Los Angeles

Sepuluh tahun yang lalu pusat kota Los Angeles terkenal sangat panas sehingga tak banyak turis yang mau datang ke sana. Padahal saat itu kawasan pusat kota ini telah dipenuhi dengan berbagai jenis restoran dan kafe kelas dunia. Kini wajah Los Angeles mulai ramah dengan wajah-wajah turis asing yang berjubel menikmati padatnya kota modern tersebut.

Los Angeles via National Geographich
Los Angeles via National Geographich

Los Angeles menjadi salah satu tujuan paling diburu turis dunia untuk berkuliner dan bersantai. Grand Central Market dan Alma adalah beberapa tempat yang paling sering dijadikan tempat nongkrong pelancong yang berkunjung ke LA. Kini kota ini menjadi sangat terkenal hingga para turis memiliki sebutan kesayangan untuk menamai kota tersebut yaitu DTLA yang bukan lain adalah singkatan dari Downtown Los Angeles.

3. Papua Nugini

Nama Papua Nugini hampir tidak pernah terdengar gaungnya 10 tahun lalu. Bahkan mungkin tidak banyak orang yang tahu jika ada negara bernama Papua Nugini. Hal ini disebabkan karena tidak adanya berbagai isu yang memberitakan negara tersebut ditambah fakta bahwa negara yang masih satu daratan dengan Provinsi Papua, Indonesia ini memang terkenal sangat tertutup dengan akses menuju negaranya yang sulit.

Papua Nugini via National Geographich
Papua Nugini via National Geographich

Bayangkan saja pada tahun 2005 Papua Nugini hanya mampu menarik perhatian dari 69 ribuan turis untuk berkunjung ke sana. Sepuluh tahun kemudian kunjungan turis menjadi 187.000 yang berarti meningkat drastis. Beberapa faktor yang mendukung berkembangnya pariwisata di sana adalah hadirnya wisata kapal pesiar yang singgah ke sana. Selain itu adanya film Hollywood berjudul Sanctum yang menceritakan sebuah gua raksasa di Papua Nugini, Esa a La juga turut andil mempromosikan negara itu.

4. Korea Utara

Kasus Korea Utara hampir sama dengan Iran, negara ini mendapatkan sentimen negatif dari negara barat karena aktifitas nuklir yang dikerjakannya. Berbeda dengan negara tetangganya, Korea Selatan yang lebih terbuka pada wisatawan asing negara ini hingga kini masih sangat ketat dan membatasi kunjungan asing ke negaranya.

Korea Utara via National Geographich
Korea Utara via National Geographich

Namun data terbaru yang dirilis menunjukkan peningkatan angka yang sangat signifikan. Sepuluh tahun yang lalu negara ini setiap tahun hanya dikunjungi tidak lebih dari 700 turis saja. Namun kini ada 6000 turis yang berkunjung ke negara yang dipimpin oleh Kim Jong-un ini. Meski begitu setiap turis yang hendak traveling ke Korea Utara harus mendapatkan ijin dari pemerintah Korut dan didampingi oleh pemandu wisata yang dipercaya pemerintah.

5. Myanmar

Negara terakhir yang mencuri perhatian dunia lewat wisatanya yang mulai naik daun adalah Myanmar. Myanmar tak hanya terkenal tertutup di Asia Tenggara saja namun juga di dunia pasalnya negara ini memiliki pemerintah yang suka menindas rakyatnya selama 50 tahun lalu.

Pasca kekuasaan militer di negara tersebut lengser dari pemerintahan, berangsur-angsur negara ini mulai membuka diri. Salah satu cara untuk membangun image ramah, Myanmar mulai membenahi sektor pariwisatanya.

Myanmar via National Geographich
Myanmar via National Geographich

Usaha tersebut mulai memberikan hasil ketika kunjungan turis mulai meningkat drastis sejak tahun 2011. Akan tetapi peningkatan animo turis untuk berkunjung ke Myanmar tidak dibarengi dengan percepatan pembangunan infrastruktur dan tranportasi. Hasilnya banyak turis yang mengalami kesulitan saat menjelajah Myanmar.

Itulah sebagian tempat yang dulunya tidak terkenal dan kini menjelma menjadi kekuatan wisata baru di dunia. Apakah Anda tertarik untuk berkunjung ke salah satu tempat tersebut?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA