Selain Mal Neo Soho, Tempat Prestisius di Jakarta Ini Juga Pernah Terbakar Hebat

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Nov 11, 2016

Saat semua orang kebingungan lantaran Donald Trump menang jadi Presiden Amerika, salah satu gedung di Jakarta Kebakaran. Mall Neo Soho yang terletak di kawasan prestius Jakarta itu mengalami kebakaran hebat hingga ruangan apartemen yang sedang dibangun dilahap si jago merah hingga habis. Untungnya korban jiwa pada peridtiwa ini tidak ada mengingat apartemen bagian atas masih kosong.

Selain Mal Neo Soho, kebakaran yang cukup hebat juga pernah menimpa beberapa kawasan di Jakarta loh. Beberapa dari kebakaran itu sampai menimbulkan korban jiwa sehingga permasalahan kebakaran perlu diselesaikan dengan secepatnya. Dari ratusan gedung tinggi yang di Jakarta 126 di antaranya rawan kebakaran kalau sistem pemadam api pada gedung tidak segera diperbaiki.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Oh ya, berikut tempat-tempat prstisius di Jakarta yang pernah mengalami kebakaran yang cukup hebat!

1. Gedung Sekretariat Negara

Pada tahun 2013 silam Gedung Sekretariat Negara mengalami kebakaran yang cukup hebat. Gedung tiga lantai yang memiliki cukup banyak pegawai ini terbakar oleh sebab yang masih belum diketahui. Kemungkinan besar karena korsleting listrik sehingga terjadi percikan api dan membakar banyak hal di sekelilignya.

Gedung Sekretariat Negara [image source]
Gedung Sekretariat Negara [image source]
Kebakaran gedung ini tidak memakan korban jiwa karena sebagian besar pegawai telah pulang. Tim pemadam kebakaran pun telah bekerja ekstra untuk memadamkan api sehingga gedung ini hanya rusak pada bagian lantai tiganya saja.

2. Gedung Swiss-Belhotel Kelapa Gading

Kawasan Kelapa Gading yang prestisius juga disatroni oleh si jago merah alias kebakaran yang cukup hebat. Di lantai 23 gedung Swiss-Belhotel, api menyebar dengan sangat cepat dan membuat panik banyak orang. Siapa saja yang ada di gedung itu segera keluar untuk menyelamatkan diri agar api bisa dipadamkan dan tidak menimbulkan korban jiwa.

Gedung Swiss Belhotel [image source]
Gedung Swiss Belhotel [image source]
Sayangnya, saat kejadian ini berlangsung, 2 orang pekerja ada di lantai itu. Karena panik dan ingin menyelamatkan diri keduanya malah jatuh ke bawah dan meninggal dunia. Kebakaran yang terjadi di hotel ini menyebabkan kerugian yang cukup banyak dan kekacauan yang ditimbulkan membuat kawasan Kelapa Gading jadi macet.

3. Gedung Contennial Tower

Darurat kebakaran di Jakarta memang bukan isapan jempol belaka. Pada tahun 2015, kebakaran yang cukup hebat juga terjadi di Gedung Contennial Tower yang terletak di kawasan Gatot Subroto. Gedung yang selalu ramai dikunjungi banyak orang ini mendadak terbakar dan penyebabnya belum juga ditemukan. Dugaan sementara, terjadi korselting listrik yang menyebabkan adanya kilatan api.

Gedung Contennial Tower [image source]
Gedung Contennial Tower [image source]
Pada kejadian ini, Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta mengerahkan 22 mobil pemadam kebakaran. Dalam waktu yang tidak terlalu lama, api yang menyambar-nyambar itu bisa dipadamkan sehingga tidak merembet dan menyebabkan  munculnya korban jiwa.

4. Wisma Kosgoro

Wisma Kosgoro yang terletak di Menteng, Jakarta Pusat pernah terbakar hebat pada tahun 2005 silam. Kebakaran ini menyebabkan hampir semua bangunan ludes dan merusak banyak hal. Kebakaran ini tidak menyebabkan korban jiwa meski kerugian yang diberikan cukup banyak.

Wisama Kosgoro [image source]
Wisama Kosgoro [image source]
Pasca kebakaran, Wisma Kosgoro telah diperbaiki lagi dan bisa digunakan dengan baik. Sayangnya, sistem pemadam kebakaran yang ada di gedung ini tidak juga diperbaiki. Bahkan sejak tahun 2008, sistem kebakarannya tidak dicek lagi sehingga risiko terjadi kebakaran lagi menjadi lebih besar dan membahayakan banyak orang yang bekerja di sana.

Inilah beberapa tempat prestisius di Jakarta yang terbakar hebat selain Mall Neo Soho. Semoga kejadian yang sangat mengerikan ini tidak terjadi lagi dan Jakarta yang merupakan hutan gedung tinggi tidak dilahap api dan menyebabkan korban berjatuhan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA