7 Tempat Paling Tercemar di Bumi yang Bisa Membuatmu Cepat Mati!

oleh Adi Nugroho
14:00 PM on Oct 1, 2015

Polusi adalah hal yang menjadi permasalahan utama di kota-kota besar dunia. Banyaknya asap dari kendaraan atau industri membuat udara semakin tercemar. Akibatnya, kota itu jadi tak layak huni. Orang yang tinggal di tempat itu bisa mengalami banyak penyakit. Salah satu gangguan pernapasan yang juga bisa menyebabkan kematian.

Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh WHO dari sekitar 2000 kota besar di dunia, di dapat fakta mengejutkan. Kota-kota di seluruh dunia kian hari kian tercemar. Penyebab utamanya adalah kendaraan yang semakin banyak digunakan. Berikut daftar selengkapnya untuk anda.

Baca Juga
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala

1. Delhi – India

Pada tahun 2015 ini dunia menetapkan Delhi di India sebagai tempat paling berpolusi di dunia. Tingkat polusi di kota ini sangat parah. Bahkan melewati batas wajar yang ditetapkan WHO. Jika anda ke Delhi, tak ada yang namanya langit cerah dan udara segar. Yang ada hanya udara kotor dengan asap di mana-mana.

Delhi – India [image source]
Delhi – India [image source]
Permasalahan utama yang dimiliki oleh Delhi adalah banyaknya industri di kota ini. Cerobong asap seperti berparade menyemprotkan limbah ke udara. Selain itu, ada sekitar 8,5 juta kendaraan bermotor yang mengirimkan banyak sekali emisi ke udara. Hidup di kota ini kita harus selalu memakai masker jika keluar rumah.

2. Karachi – Pakistan

Negara tetangga dari India, Pakistan juga memiliki tempat paling kotor dan penuh polusi di dunia. Udara di kota ini benar-benar tak biak untuk tempat tinggal. Infrastruktur yang jelek dan juga management lingkungan yang tak sesuai standar diduga menyebabkan kota ini bisa membuat penduduknya berumur pendek.

Karachi – Pakistan [image source]
Karachi – Pakistan [image source]
Kota ini banyak sekali industri yang membuang limbahnya ke sungai. Akibatnya sungai tak ada yang bersih. Banyak sekali limbah berbahaya dan sampah yang tak bisa diurai. Jika tak segera ditanggulangi, mungkin Jakarta juga akan bernasib seperti Karachi.

3. Khorramabad – Iran

Tahun 2015 ini Iran menempatkan satu kotanya masuk ke dalam jajaran kota paling tercema di dunia. Tak hanya udara, tapi air dan hal lainnya tak luput dari serangan partikel berbahaya. Daerah ini merupakan kawasan industri besar di Iran hingga polusi bisa datang setiap hari tanpa bisa dibendung lagi.

Khorramabad – Iran [image source]
Khorramabad – Iran [image source]
Pada tahun 2012 silam, polusi di Iran banyak sekali menyebabkan masalah. Salah satu masalah yang sangat krusial adalah banyak bayi meninggal dunia akibat prematur. Sekitar 100.000 ibu melahirkan dengan cepat akibat banyaknya polusi saat mereka mengandung.

4. Linfen – China

Linfen adalah kota paling tercemar seantero China. Di kota ini, jika anda menjemur pakaian berwarna putih, siangnya pakaian akan berwarna hitam. Polusinya sudah amat parah hingga saat ke sini anda wajib menggunakan masker. Jika tidak paru-paru anda akan dikorbankan.

Linfen – China [image source]
Linfen – China [image source]
Pemerintah China telah mengusahakan agar kota ini tak terus kotor. Mereka melakukan pembersihan hingga saat ini Linfen mulai bersih udaranya. Meski demikian, akan sangat tak berguna jika banyak industri tetap membuang limbahnya ke udara.

5. Chernobyl – Ukraina

Kecelakaan mengerikan di Chernobyl tahun 1986 menjadi kejadian tak bisa dilupakan dalam sejarah umat manusia. Radiasi nuklir bocor dan membuat banyak orang meninggal dunia. Beberapa di antaranya harus mengalami cacat tubuh akibat radiasi menyebabkan sel tubuh berkembang tidak normal.

Chernobyl – Ukraina [image source]
Chernobyl – Ukraina [image source]
Sebanyak 14.000 orang harus dievakuasi karena tingkat radiasi yang susah hilang. Saat ini, Chernobyl adalah kota mati yang masih banyak menyimpan limbah nuklir mengerikan. Mendekat saja kita bisa kena radiasi nuklir yang sangat berbahaya.

6. Dzerzhinsk – Rusia

Dzerzhinsk dikenal sebagai kota paling tercemar secara kimia di Rusia. Bahkan Guiness Book of World Record mencatatnya. Kota ini benar-benar tak layak ditinggali oleh manusia. Bahkan semua makhluk hidup yang ada.

Dzerzhinsk – Rusia [image source]
Dzerzhinsk – Rusia [image source]
Di kota ini tingkat kematian nyaris 3 kali lebih besar dari tingkat kelahiran. Di kota ini manusia hanya bisa bertahan hidup hingga berusia 45 tahun. Benar-benar kota yang sangat mengerikan dan tak layak untuk dihuni lagi.

7. Brazzaville – Kongo

Kali ini kita beralih ke negara di Afrika. Ada sebuah daerah bernama Brazzaville di negera Kongo yang memiliki tingkat pencemaran parah. Air-air di daerah ini banyak yang tercemar. Hal ini terjadi karena banyaknya rongsokan besi dari mobil yang dibuang ke sungai-sungai.

Brazzaville – Kongo [image source]
Brazzaville – Kongo [image source]
Keadaan ini membuat penduduk yang hidup di sekitar sungai mengalami banyak sekali penyakit. Bayangkan, air yang harusnya jadi hal penting justru tercemar. Masuk ke tubuh bisa mengendapkan banyak partikel beracun. Mati dengan cepat di tempat ini bukan lagi menjadi hal yang mengerikan. Semua penduduk sudah terbiasa.

Jika kita tak bisa menjaga lingkungan dengan baik, bukan tidak mungkin beberapa tahun lagi Indonesia juga masuk dalam daftar di atas. Mulai dari hal kecil seperti buang sampah pada tempatnya akan menjaga Indonesia tetap bersih. Dan terbebas dari polusi yang mengerikan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA