5 Tempat Paling Misterius di Bumi

oleh Alfry
08:20 AM on Mar 14, 2015

Dunia yang kita tempati ini tidak hanya diciptakan untuk manusia saja namun untuk seluruh makhluk yang ada. Dunia ini juga diisi dengan tempat-tempat yang indah dan juga keajaiban alam yang luar biasa. Namun kebanyakan manusia terkekang dalam kehidupan modern mereka yang tinggal di suatu kota modern.

Tetapi jika berani untuk mengeksplorasi dunia, Anda akan menemukan kenyataan bahwa Anda dikelilingi oleh berbagai keajaiban alam. Bahkan masih banyak tempat-tempat misterius di dunia yang selama ini belum terungkap dengan jelas. Berikut ikni 5 tempat paling misterius di bumi.

Baca Juga
4 Hal Negatif yang Mungkin Akan Dialami Masyarakat Jika Penggunaan KTP Sebagai Syarat SIM Card Terlaksana
Tukang Bakmi Bak Seleb, Gaya dan Dandanan Jamila “Janda” Dijamin Bikin Publik Melongo

1. Segitiga Bermuda

Tempat yang paling misterius di bumi adalah kawasan Segitiga Bermuda. Kawasan ini mencuri parhatian banyak peneliti di dunia sejak dulu. Hal ini disebabkan banyaknya kapal yang hilang ketika melintasi kawasan tersebut. Kapal-kapal besar hingga pesawat terbang yang melintasi Bermuda selalu lenyap dan tidak ditemukan bangkainya hingga kini. Oleh karena kejadian misterius tersebut kawasan ini sering disebut dengan Segitiga Setan.

Lenyapnya kapal yang melintas di area antara pulau Bermuda, Florida dan Puerto Rico ini masih menjadi teka-teki besar di kalangan ilmuwan. Bahkan kemajuan teknologi saat ini juga belum mampu menemukan penjelasan yang masuk akal akan fenomena aneh tersebut. Hingga kini hanya ada asumsi sederhana yang menyatakan ada cuaca aneh yang mempengaruhi navigasi kapal sehingga membuatnya jatuh maupun karam.

2. Pamukkale, Turki

Pamukkale, dalam bahasa Turki yang jika diartikan adalah “benteng kapas”. Tempat ini merupakan sebuah situs alam berupa sumber air panas dan juga kolam travertine, sebuah kolam alami yang terbentuk dari pengerasan mineral karbonat sehingga membendung air yang mengalir dan menjadikannya sebuah kolam.

Kolam alami ini terbentuk ribuan tahun lalu ketika Turki dihadapkan pada gempa bumi besar yang menciptakan patahan-patahan di wilayah tersebut. Dari dalam patahan bumi itu kemudian muncul sumber air panas yang besar dan mengalir seperti sungai. Air tersebut mengandung mineral karbonat yang lama-kelamaan mengeras dan terbentuklah kolam-kolam alami tersebut.

Sejak awal abad ke-20, tempat ini menjadi objek wisata yang paling populer di Turki. Banyak pelaku industri wisata yang membangun hotel di sekitar kolam. Setiap tahunnya kolam ini tidak pernah sepi dari wisatawan. Ini merupakan salah satu tempat paling langka yang pernah di lihat manusia. Kini demi menjaga kelestariannya UNESCO memperketat aturan berkunjung ke Pamukkale.

3. Pulau Sokotra, Yaman

Pulau Sokotra di Yaman diyakini sebagai dunia yang hilang karena posisinya berada di lepas pantai negara tersebut. Wilayah ini adalah gambaran yang sempurna dari dunia yang misterius namun memiliki keindahan surgawi yang bisa langsung menghipnotis mata para wisatawan yang berkunjung ke sana. Sebagian keindahan yang ditawarkan di tempat ini adalah alamnya yang memiliki karakteristik yang aneh.

Fakta menyebutkan bahwa pulau Sokotra merupakan sepotong tanah yang terisolasi dari dunia sekitar 6 juta tahun yang lalu dan telah melindungi sebanyak 900 spesies tanaman aneh yang tidak ada di belahan dunia manapun. Yang paling terkenal di pulau ini adalah tumbuhnya spesies tanaman paling aneh yang disebut dengan pohon darah naga. Pohon ini sangat unik karena memiliki ranting yang mengadap ke atas semua. Berada di pulau ini serasa ada di planet lain!

4. Belize Blue Hole, Bahama

Hole, yang ada di lepas pantai Belize, Bahama ini juga menjadi salah satu tempat paling misterius di dunia. Fenomena alam ini sebenarnya berupa gua purba yang kini menjadi spot penyelaman yang paling top. Dinamakan Bule Hole sebab ini adalah rongga raksasa berbentuk lingkaran di tengah laut.

Diperkirakan pada zaman es sekitar 65 ribu tahun lalu daerah tersebut merupakan daratan, dan Bule Hole ini dulunya merupakan sebuah gua vertikal yang sangat dalam. Namun saat air laut naik gua ini terisi dengan air laut dan menjadikannya jurang di dalam laut yang paling dalam di dunia. Beberapa penyelam dilaporkan telah melihat spesies baru dan makhluk hidup yang belum pernah diketahui tinggal di dalam gua tersebut.

5. Eye of Africa, Mauritania

Inilah tempat paling misterius di bumi. Terletak di Mauritania sebuah fitur melingkar geologi yang menonjol di gurun Sahara. Keajaiban alam ini disebut dengan Struktur Richat, juga dikenal sebagai Mata Sahara atau Eye of Africa. Penampakan ini sangat jelas terlihat dari luar angkasa sebab eye of Africa ini memiliki ukuran diameter 50 kilometer.

Awalnya keajaiban alam ini terbentuk karena dampak dari asteroid besar berbentuk bundar yang jatuh ke bumi pada zaman dahulu. Ada juga teori yang mengatakan jika itu terbentuk karena letusan gunung berapi. Namun semua teori yang telah dikemukakan tidak memiliki bukti pendukung yang kuat sehingga bagaimana struktur itu terbentuk hingga kini masih menjadi suatu misteri.

Begitu banyak keajaiban alam yang belum banyak diketahui manusia. Walaupun banyak tempat-tempat misterius yang sudah diketahui keberadaannya namun tak banyak yang bisa digali dari penemuan tersebut sehingga tempat-tempat tersebut tetap menjadi sebuah misteri yang tak terpecahkan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA