7 Tempat Keren Tapi Dilarang untuk Dikunjungi

oleh Rizal
10:00 AM on Jul 31, 2015

Sudah jadi sifat dasar manusia memiliki sifat penasaran. Bahkan ketika dilarang mereka akan makin menggebu untuk melakukannya. Kamu juga salah satu yang seperti itu? Untuk urusan satu ini jangan pernah kompromi dengan rasa penasaran.

Yup, ada 7 tempat di dunia ini yang tak hanya memiliki view yang sangat memukau, tapi juga rahasia besar di dalamnya. Sayangnya, siapa pun dilarang untuk menginjakkan kaki alias mengunjunginya. Termasuk juga kamu!

Baca Juga
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi

Alasannya pun bermacam-macam, mulai dari penjagaan yang ketat hingga faktor lainnya. Penasaran? Lebih baik jangan, nikmati saja keindahannya deretan tempat ini lewat ulasan berikut.

1. Lascaux Caves

Tidak ada metode belajar yang lebih baik untuk mempelajari sejarah selain mengunjungi langsung tempat kejadiannya. Namun hal ini tidak berlaku ketika kamu mengunjungi gua Lascaux. Tempat ini benar-benar dijaga ketat lantaran di bagian dalam gua tersebut terdapat bukti-bukti penting peradaban manusia.

Lascaux Caves [Image Source]
Lascaux Caves [Image Source]
Ada sekitar 900an lukisan kuno di tempat ini. Menurut peneliti lukisan ini berusia 17.300 tahun atau zaman paleolitikum. Pada tahun 1979, tempat yang terletak di desa Dorgonde, Perancis, ini masuk ke daftar situs warisan dunia UNESCO.

Alasan otoritas setempat melarang pengunjung mampir ke tempat ini adalah menghindari aksi-aksi merusak. Seperti vandalisme dan lain sebagainya.

2. Poveglia

Poveglia adalah sebuah pulau kecil cantik yang terletak di antara Venice dan Lido di bagian utara Italia. Dilihat dari atas tempat ini sangat keren bahkan terkesan eksklusif yang hanya bisa dikunjungi orang-orang tertentu saja. Padahal aslinya Poveglia adalah salah satu tempat yang mungkin tidak akan pernah mau kamu kunjungi meskipun ditraktir ongkosnya.

Poveglia [Image Source]
Poveglia [Image Source]
Tempat ini aslinya digunakan sebagai tempat pelarian orang-orang Venice di tahun 1348. Kemudian pada tahun 1922 diubah fungsinya menjadi rumah sakit jiwa hingga akhirnya ditutup pada tahun 1968.

Tempat ini punya urban legend yang cukup menyeramkan, misalnya saja cerita dokter gila yang melakukan eksperimen brutal kepada para pasiennya. Si dokter ini pun kabarnya bunuh diri dengan terjun bebas di salah satu gedung lantaran dikejar arwah para pasien yang marah.

3. The Vatican Secret Archives

Seperti namanya, tempat ini adalah bangunan yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan rahasia semua arsip yang berhubungan dengan Vatikan. Tidak hanya manuskrip suci, tempat ini juga menyimpan semua diary Paus, surat-surat rahasia dan masih banyak yang lainnya. Kecuali kamu adalah seorang Paus, maka tempat ini dilarang untuk dikunjungi siapa pun.

The Vatican Secret Archives [Image Source]
The Vatican Secret Archives [Image Source]
Tempat ini punya rak sepanjang hampir 85 kilometer yang berisi deretan buku penting lebih dari 35 ribu volume. Meskipun dilarang untuk memasukinya, publik berkesempatan untuk membuka salah satu arsip di sana, tentunya dengan prosedur yang rumit dan aturan yang ketat. Misalnya kapan waktunya atau perihal publikasi.

4. Church of Our Lady Mary of Zion

Church of Our Lady Mary of Zion diketahui sebagai gereja paling penting di Ethiopia. Pihak terkait menyebutkan jika gereja ini adalah tempat penyimpanan The Ark of Convenant. Benda tersebut adalah sebuah peti yang berisi banyak sekali benda-benda paling penting di dunia. Misalnya tablet Ten Commandements, Aaron’s Rod atau yang dikenal juga dengan tongkat Musa dan Torah Scroll yang merupakan sebuah catatan yang dibuat langsung oleh Musa.

Church of Our Lady Mary of Zion [Image Source]
Church of Our Lady Mary of Zion [Image Source]
Berisi barang-barang penting, gereja ini tentu tidak bisa dikunjungi oleh siapa pun. Hanya pendeta pilihan yang boleh mengunjungi dan melihat-lihat bagian dalam gereja yang pernah dihancurkan dan dibangun lagi ini. Itu pun juga harus didampingi oleh penjaga agar menghindari hal-hal buruk terjadi. Terutama yang berhubungan dengan peti istimewa tersebut.

5. Jiangsu National Security Museum

China punya sejarah yang panjang dalam perkembangannya. Termasuk di dalamnya adalah fakta kalau negara dengan penduduk terbesar ini punya badan spionase khusus atau istilah kerennya spy. Hal tersebut bisa dilihat di Jiangsu National Security Museum. Tapi tempat ini terlarang bagi siapa pun terkecuali warga China sendiri.

Jiangsu National Security Museum [Image Source]
Jiangsu National Security Museum [Image Source]
Di dalamnya ada berbagai dokumen hingga peralatan mata-mata keren. Misalnya senjata, kamera dan sebagainya. Meskipun boleh dimasuki tapi mengambil gambar adalah aktivitas yang diharamkan di tempat ini. Karena ini berhubungan dengan rahasia besar, siapa pun yang membocorkannya pasti akan mendapatkan hukuman sangat berat.

6. Pine Gap

Kamu pasti pernah melihat potret markas rahasia di film-film, Pine Gap adalah sesuatu yang hampir sama seperti itu. Tujuan didirikannya sendiri adalah sebagai pusat komando untuk beberapa aktivitas penting. Mulai dari pengembangan peralatan komunikasi canggih, hingga sebagai pusat server data rahasia. Pine Gap sendiri didefinisikan sebagai satellite tracking station.

Lokasi Pine Gap di Google Map [Image Source]
Lokasi Pine Gap di Google Earth[Image Source]
Tempat ini terletak di Australia namun dijalankan juga oleh beberapa organisasi penting Amerika. Mulai dari CIA (Central Intelligence Agency) hingga NSA (National Security Agency). Pine Gap tentunya dilarang untuk dikunjungi oleh orang biasa karena fungsinya yang penting itu. Tempat ini juga yang membantu Amerika dalam melakukan invasi militer di Irak dan Afghanistan beberapa tahun silam.

7. Negev Nuclear Research Center

Seperti namanya, Negev Nuclear Research Center adalah sebuah pusat instalasi nuklir. Tempat ini berada di gurun Negev dan pemiliknya adalah Israel. Tempat ini benar-benar sangat dijaga oleh mereka sehingga hanya sedikit informasi yang bisa ditelisik.

Negev Nuclear Research Center dilihat dari atas [Image Source]
Negev Nuclear Research Center dilihat dari atas [Image Source]
Namun dari data-data yang berhasil dikumpulkan, Negev Nuclear Research Center menyimpan plutonium dengan jumlah besar yang mampu digunakan untuk membuat 200an bom nuklir. Tak hanya penjagaan ketat di darat, tempat ini juga dilarang untuk dilintasi pesawat.

Bukti kalau tempat ini adalah fasilitas terpenting Israel adalah kejadian tahun 2012 dan 2014 lalu, dimana Hamas meluncurkan beberapa roket untuk menghancurkan tempat ini. Namun pusat nuklir Negev ini tetap aman lantaran memiliki sistem perlindungan diri yang mutakhir.

Akan jadi pengalaman terbaik dalam hidup jika kamu bisa mampir setidaknya beberapa menit saja di deretan tempat ini. Namun sayangnya, hal tersebut sangat mustahil untuk dilakukan. Hal ini membuat banyak orang beranggapan kalau sebenarnya jawaban dari rahasia-rahasia besar yang pernah ada tersimpan di tempat ini.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA