Enggak Nyangka China Punya Tempat Sekeren Ini!

oleh Alfry
10:02 AM on Mar 8, 2015

Berbicara tentang negeri China, yang ada di benak para traveler umumnya adalah kota yang ramai, penduduk yang super padat dan juga kawasan yang tercemar. Belum lagi masalah toilet umum yang sama sekali tidak nyaman untuk dipakai. Pokoknya segala bentuk keburukan itulah yang menggambarkan negeri tirai bambu ini.

Namun pandangan miring tentang China itu tidak selamanya benar. Negara yang memiliki wilayah paling luas di dunia ini menyimpan tempat-tempat indah yang membuat traveler berdecak kagum. Penasaran seperti apa keindahan alam negara tersebut? Berikut tempat keren yang ada di China.

Baca Juga
8 Danau Biru yang Indahnya Bikin Mata Hati Adem Ini Jadi Bukti Kalau Indonesia Memang Kepingan Surga
Uji Nyalimu Dengan Tur Wisata Lokasi Film Pengabdi Setan Plus Praktek Memotret Makhluk Tak Kasat Mata, Berani Ikut?

1. Gunung Huangshan – Provinsi Anhui

Di dalam film-film laga China sering terlihat seorang pendekar ataupun gurunya melakukan meditasi di atas gunung yang berkabut. Inspirasi tersebut muncul dari Gunung Huangshan yang berdiri tegak setinggi lebih dari 2.000 meter. Formasi batuan yang aneh dan juga pohon-pohon pinus ditambah lagi kabut tebal yang menyelimuti membuat suasana pegunungan menjadi makin misterius.

Gunung Huangshan (c) Amerikanki
Gunung Huangshan (c) Amerikanki

Gunung Huangshan telah ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO. Gunung ini berada di Provinsi Anhui, China. Dengan semua karakteristik unik yang dimilikinya tak mengherankan jika gunung misterius ini menjadi objek wisata populer di sana. Setidaknya setiap tahun gunung ini dikunjungi oleh 1,3 juta wisatawan dari berbagai belahan dunia.

2. Gunung Wuyi -Provinsi Fujian

bagi Anda yang hobi mengoleksi kartu pos dari berbagai negara coba dilihat lagi koleksimu yang dari China. Di sana nampak sebuah pemandangan gunung yang sangat indah. Mungkin awalnya Anda mengira jika gunung yang ada di kartu pos itu ada di Eropa atau jika pun itu tempat di negara pencetaknya pasti sudah diedit habis-habisan agar terlihat indah.

Gunung Wuyi (c) Amerikanki
Gunung Wuyi (c) Amerikanki

Jika Anda masih bersikeras bahwa China tidak memiliki alam yang indah kemungkinan Anda belum melihat langsung Gunung Wuyi. Gunung ini terletak di sebelah sungai Nine Bend dan memiliki pemandangan yang luar biasa menakjubkan. Air sungainya jernih seperti kaca dan hutan lebat bernuansa hijau membuat panorama terlihat sempurna. Taman Nasional Gunung Wuyi yang berada di tenggara China ini menjadi daya tarik utama negara tersebut.

3. Menara Pengawas Kaiping Diaolou – Provinsi Guangdong

Kaiping Diaolou merupakan sebuah menara pengawas yang terdiri dari tiga tingkat yang dibangun di pedesaan Provinsi Guangdong yang bernama Kaiping County. Benteng ini dibangun pada awal abad ke-20 yang berfungsi sebagai benteng pertahanan dalam perang.

Gunung Huangshan (c) kevinpoh
Gunung Huangshan (c) kevinpoh

Menara ini pertama kali dibangun pada masa Dinasti Qing dan mencapai puncaknya pada rentang 1920-an hingga 1930-an. Arsitekturnya memadukan gaya bangunan Romawi dan Yunani serta gaya arsitektur Islam. Arsitektur modern yang memadukan gaya bangunan dari berbagai negara ini ternyata di dapat dari warganya yang banyak pergi ke luar negeri.

Kaiping memang terkenal sebagai salah satu daerah di China di mana warganya paling banyak beremigrasi ke luar negeri. Menara ini menjadi salah satu tempat paling indah di China.

4. Air Terjun Huangguoshu – Provinsi Guizhou

Air Terjun Huangguoshu adalah pemandangan alam paling cantik di China berikutnya. Ini adlaah sebuah air terjun terbesar di China dan kawasan Asia Timur yang mana air terjun ini memiliki ketinggian 77,8 meter dengan lebar 83,3 meter. Kawasan ini juga dikenal dengan Huangguoshu Waterfall National Park dan berada di barat daya Anshun City, Provinsi Guizhou.

Air Terjun Huangguoshu (c) Amerikanki
Air Terjun Huangguoshu (c) Amerikanki

Di taman nasional ini setidaknya ada tiga spot untuk menikmati air terjun ini. Masing-masing spot memiliki nama yang berbeda. Pertama, Waterfall-Viewing Pavilion di spot ini traveler akan melihat keseluruhan air terjun dari kejauhan. Kedua, Water-Viewing Stage letaknya di ketinggian sehingga memungkinkan traveler melihat air terjun dalam pandangan mata burung. Terakhir Waterfall-Viewing Stage yang berada di bawah air terjun langsung.

5. Yalong Bay – Hainan Province

Yalong Bay adalah sebuah pantai tropis yang sangat besar dan melengkung berbentuk seperti bulan sabit di Provinsi Hainan. Garis pantainya membentang sejauh 7,5 kilometer. Kawasan ini juga dikenal dengan Yalong Bay National Resort.

Yalong Bay (c) Marc van der Chijs
Yalong Bay (c) Marc van der Chijs

Segala hal yang Anda harapkan dari sebuah resor pantai tropis mulai dari pantai pasir putih, olahraga air, hingga hotel mewah dan pohon-pohon palem, semuanya dapat Anda temukan di Yalong Bay. Waktu terbaik mengunjungi pantai ini adalah dengan datang sekitar Festival Musim Semi.

6. Chengde Mountain Resort – Provinsi Hebei

Chengde Mountain Resort merupakan sebuah kompleks istana kekaisaran dan kebun yang terletak di kota Chengde di Hebei, China. Karena ini adalah kawasan kekaisaran maka bangunan yang ada di sana didominasi dengan pagoda, kuil dan istana dari berbagai daerah di China.

Chengde Mountain Resort (c) Wikipedia
Chengde Mountain Resort (c) Wikipedia

Dalam kompleks ini terdapat Chengde Imperial Summer Villa yang merupakan sebuah villa musim panas yang digunakan olehkaisar dari Dinasti Qing. Sejauh mata memandang tampak hamparan padang rumput yang subur dengan peternakan di kanan-kirinya. Lokasi ini tidak jauh dari Beijing dan telah menjadi Situs Warisan Dunia.

7. Shennongjia – Hubei Province

Tempat berikut ini adalah sebuah cagar alam yang adadi China. Cagar Alam Shennongjia adalah tempat yang sangat terkenal di China. Disinilah tempat berkumpulnya satwa liar yang ada di negara tersebut. Hutan ini juga menjadi habitat bagi monyet emas yang keberadaannya di dunia terancam punah.

Shennongjia (c) Amerikanki
Shennongjia (c) Amerikanki

Jauh di pedalaman hutan cagar alam Shennongjia diyakini juga terdapat rumah “Yeren”. Yeren adalah makhluk legendaris di China yang hingga kini belum diketahuo keberadaannya. Jika Anda seorang pecinta alam, ini adalah salah satu tempat yang paling mengagumkan yang wajib Anda kunjungi.

8. Enshi Canyon – Hubei Province

Enshi Canyon terletak di Prefektur Enshi Tujia dan Miao Autonomous. Ini merupakan daerah bertebing yang sangat indah bahkan banyak turis yang mengatakan jika keindahannya melebihi Grand Canyon Coloradodi Amerika Serikat.

Enshi Canyon (c) Amerikanki
Enshi Canyon (c) Amerikanki

Yang membuat para turis terkagum-kagum adalah airnya yang jernih dan juga pemandangan air terjun yang mengagumkan. Enshi Canyon memiliki lanskap yang beragam, ada jajaran gunung-gunung serta lembag sungai Qingjiang yang mengalir di bawahnya. Uniknya sisi tebing telah dibangun jalan yang terbuat dari papan kayu yang bisa dilewati turis. Meski mengerikan namun pemandangan yang akan di dapatkan di sana sangat luar biasa.

Siapa bilang China hanya dipenuhi pabrik industri yang mengotori kota dengan polusi. Nyatanya masih ada tempat-tempat keren yang indah dan jauh dari kata kotor di negara ini.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA