5 Tempat-tempat Indah yang Kosong karena Ditinggal Seluruh Penghuninya

oleh Rahma Muliani
11:15 AM on Sep 25, 2015

Bagaimana yaa jika sebuah kota atau pulau ditinggalkan oleh para penghuninya?. Tentu kota itu akan sangat menyeramkan bukan. Tempat yang sudah menjadi seperti kota mati itu kini begitu sepi dan sudah tidak ada lagi kegiatan ataupun fasilitas yang terlihat di sana.

Saking sepinya, beberapa tempat ini sering disebut-sebut sebagai kota hantu atau pulau hantu. Namun bukannya menyeramkan, justru tempat ini sering dijadikan objek wisata bagi beberapa orang yang berani loh. Seperti apaa yaa keadaan kota mati tersebut?

Baca Juga
Nggak Terima Anaknya Ditegur, Orangtua Zaman Now Langsung Hajar Guru SMA di Kendari
4 Fakta Mengenai Beberapa Petinggi TNI yang Dilarang Menginjakkan Kaki di Amerika

1. San Zhi, Dihancurkan Karena Diduga Adanya Kutukan

San Zhi awalnya menjadi tempat sebuah proyek property, kompleks rumah tinggal dengan desain yang sangat unik. Di mana beberapa bangunan bentuknya menyerupai UFO. Pada awalnya, property ini akan ditawarkan kepada militer Amerika Serikat yang bertugas di Asia Timur.

San Zhi, Taiwan
San Zhi, Taiwan [ImageSource]
Namun sayang, proyek pembangunannya hanya berlangsung selama 2 tahun. Proyek ini dihentikan karena di sana terdapat 2 buah patung naga cina yang dipercaya telah melakukan sebuah kutukan. Pada tahun 2010 semua bangunan berbentuk UFO tersebut pun telah dihancurkan.

2. Gunkajima, Diserang Badai Topan

Gunkanjima atau juga lebih dikenal dengan sebutan ‘Pulau Hashima’ berlokasi di sekitar 15 kilometer dari Nagasaki, Jepang. Pada awalnya pulau ini merupakan tempat terpencil berisi tambang batubara dan dihuni sekitar 5000 jiwa penduduk.

Gunkanjima, Jepang
Gunkanjima, Jepang [ImageSource]
Pada 1974 tambang resmi ditutup dan para penduduk diharuskan untuk meninggalkan tempat tersebut. Beberapa tahun kemudian, kota Gunkanjima diserang oleh badai topan. Begitu banyak bangunan yang roboh dan hancur. Saat ini kota ini sering dijadikan sebagai tempat uji nyali oleh para wisatawan.

3. Kota Kadykchan, Kosong Akibat Meledaknya Pertambangan

Kadykchan adalah wilayah perkotaan yang berada di Rusia. Kota ini dibangun oleh narapidana GULAG selama Perang Dunia II. Pada masanya, kota ini mengandalkan pertambangan sebagai penopang ekonomi warganya. Tapi akhirnya perekonomian tersebut menurun setelah berakhirnya Uni Soviet.

Kadykchan, Rusia
Kadykchan, Rusia [ImageSource]
Pada masa puncaknya kota Kadykchan pernah dihuni oleh 11 ribu penduduk. Sekitar tahun 1996 pertambangan itu meledak dan menewaskan 6 orang pekerja. Akhirnya kegiatan tambang itu ditutup dan satu persatu para penduduknya pun meninggalkan kota tersebut.

4. Kota Pripyat, Ditinggalkan Karena Meledaknya Reaktor Nuklir Chernobyl

Kota Pripyat juga telah menjadi kota mati setelah ditinggal oleh ribuan penduduknya. Lokasi kota ini berada di dekat Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl, di Ukraina bagian utara. Kota ini sempat dinobatkan sebagai kota nuklir kesembilan di Uni Soviet.

Pripyat, Ukraina
Pripyat, Ukraina [ImageSource]
Pada tahun 1986, ada sebuah bencana meledaknya reaktor nuklir Chernobyl. Akibatnya, para penduduknya yang berjumlah sekitar 50.000 jiwa meninggalkan tempat tersebut. Saat ini, kota Pripyat cukup menarik minat para wisatawan sebagai kota hantu karena telah tak berpenghuni.

5. Perancis Oradour Sur Glane, Seluruh Penghuni Dibantai Oleh Tentara Jerman

Kota Oradour Sur Glane, pada masa Perang Dunia II seluruh penduduk yang menghuni kota ini dibunuh oleh tentara Jerman sebagai aksi perlawanan kepada Perancis. Para tawanan yang ditangkap disiksa dengan dimasukkan ke dalam gudang hingga meningal dunia.

Oradour Sur Glane
Oradour Sur Glane [ImageSource]
Dari peristiwa tersebut, kota Oradour Sur Glane ditinggalkan oleh penduduknya. Bertahun-tahun desa ini dibiarkan begitu saja, hingga akhirnya pemerintah membangun desa baru di dekat desa mati tersebut.  Desa Oradour Sur Glane yang sudah tak berpenghuni tadi dijadikan monumen dan museum peringatan.

Tempat-tempat ini benar-benar menyeramkan bukan. Gak kebayang deh kalau kita harus hidup di sana, pasti akan sangat sulit dalam mencari makanan, terlebih lagi mencari pekerjaan. Tapi kalau hanya sekedar berwisata mungkin boleh dicoba nih readers. Jadi, siapa di sini yang punya nyali untuk berkunjung ke kota atau pulau hantu tadi?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA