5 Tempat Yang Haram Dikunjungi Para Penakut!

oleh Rizal
15:01 PM on Jun 27, 2015

Definisi tentang hiburan dan wisata makin berkembang nih. Kalau dulu mungkin hanya dikhususkan untuk hal-hal yang sifatnya fun dan menghibur, kini sesuatu yang bikin begidik alias menyeramkan juga bisa dianggap hiburan. Mungkin karena value keunikannya itu yang membuat hal yang menakutkan tersebut malah bernilai ekonomis.

Kamu yang ngakunya pemberani dan punya rasa penasaran tinggi, sepertinya bakal sangat terhibur tuh mengunjungi deretan tempat ini. Nggak hanya menawarkan pemandangan yang bikin buku kuduk merinding, ada story unik juga yang pasti bisa membuatmu takjub.

Baca Juga
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi

Penasaran? Bikin planning waktu dan biaya lalu kunjungi deretan tempat menyeramkan ini!

1. Tana Toraja – Indonesia

Kalau urusannya sama hal-hal menakutkan, Indonesia nggak boleh ketinggalan. Yup, cukup banyak tempat di nusantara yang menawarkan obyek wisata menyeramkan salah satunya adalah di Tana Toraja. Apalagi kalau bukan makam gantungnya yang mendunia itu. Nggak cuma itu, tradisi bernama Ma’nene juga nggak boleh kamu lewatkan.

Upacara Ma’nene di Tana Toraja [Image Source]
Upacara Ma’nene di Tana Toraja [Image Source]
Ini adalah ritual tahunan yang dilakukan dengan mengganti baju para jenazah yang udah meninggal. Prosesinya sendiri diawali dengan mengambil lalu membuka makam gantung tersebut. Kemudian si mayat diganti bajunya untuk kemudian diarak keliling kampung dan akhirnya dikembalikan lagi ke asalnya, yakni makam gantung tadi.

2. Siriraj Medical Museum – Thailand

Buat kamu yang penasaran dengan hal-hal yang berhubungan dengan anatomi tubuh manusia, Siriraj Medical Museum ini bakal jadi tempat yang pas banget. Di sini kamu bakal menemukan banyak hal yang berhubungan dengan tubuh manusia.

Bayi-bayi dipajang di salah satu sudut Siriraj Medical Museum [Image Source]
Bayi-bayi dipajang di salah satu sudut Siriraj Medical Museum [Image Source]
Mulai dari organ-organ yang diletakkan di tabung-tabung kaca berformalin, sampai mayat-mayat dengan kondisi tubuh yang bikin merinding. Tapi, yang paling menakutkan tentu aja deretan janin abnormal yang dipajang di kotak kaca.

3. Morobe – Papua Nugini

Mengunjungi indahnya Papua Nugini nggak bakal lengkap tanpa menyaksikan upacara mayat di tempat ini. Tapi disarankan melihat prosesnya hanya untuk mereka yang benar-benar berani. Pasalnya apa yang bakal kamu lihat adalah sesuatu yang sangat ekstrim.

Mayat merah jadi salah satu spot wisata paling menyeramkan di Papua Nugini [Image Source]
Mayat merah jadi salah satu spot wisata paling menyeramkan di Papua Nugini [Image Source]
Upacara menyeramkan ini dimulai begitu ada seseorang yang meninggal dunia. Tahap pertama mayat diasapi agar lemak yang ada di dalam bisa hilang. Lalu mayat yang udah agak kering ini pun di tusuk di beberapa bagian tubuhnya agar darahnya mengucur keluar. Darah ini kemudian dioleskan ke tubuh si mayat untuk selanjutnya diasapi lagi.

Setelah kering, mayat diolesi semacam tanah lihat berwarna merah agar nggak mudah membusuk. Step terakhir, mayat berwarna merah ini diletakkan di tebing-tebing curam. Gimana, udah ada yang mual di sini?

4. Katakombe Capuchin – Italia

Tempat ini sendiri adalah sebuah museum yang isinya adalah deretan mumi yang dijajarkan begitu rapi. Di sini kamu akan menyaksikan berbagai hal yang cukup menyeramkan termasuk ekspresi mayat yang nampak kesakitan itu. Sarannya, jangan pernah mengunjungi tempat ini sendirian.

Jangan pernah mengunjungi tempat ini sendiri [Image Source]
Jangan pernah mengunjungi tempat ini sendiri [Image Source]
Meskipun nuansanya angker luar biasa, tapi ada satu hal unik di Katakombe Capuchin ini. Ada mumi seorang bocah perempuan bernama Rosalia Lombardo terbujur di salah satu sudut ruangan. Uniknya, si mumi ini sama sekali nggak nampak seperti orang mati. Kalau diperhatikan, Rosalia nampak seperti sedang tertidur lelap.

5. Kuil Dainichi-Boo – Jepang

Kalau kamu penyuka Jepang dan juga hal-hal menakutkan, sepertinya trip ke kuil Dainichi-Boo bakal super seru tuh. Di sini terdapat mumi para biarawan yang udah berumur sangat tua. Mungkin nampak nggak terlalu menyeramkan untukmu, tapi tunggu sampai kamu tahu cerita di balik mumi-mumi ini.

Mumi Sokushinbutsu ala Jepang yang bikin merinding [Image Source]
Mumi Sokushinbutsu ala Jepang yang bikin merinding [Image Source]
Dahulu ada sebuah sekte Buddha bernama Shugendo. Aliran ini mengajarkan tradisi Sokushinbutsu atau gampangnya membuat mumi. Relawannya yah anggota mereka sendiri. Nah, untuk melakukan upacara ini si calon mumi setidaknya harus menjalani diet super ketat serta latihan fisik yang berat.

Mereka juga mengonsumsi teh beracun, akar dan kulit pohon agar nantinya ketika jadi mumi nggak mudah membusuk. Setelah siap barulah mereka akan memasuki kubur batu dan bermeditasi. Setiap harinya mereka akan memukul batu atau apa pun sebagai tanda kalau masih bernyawa. Namun ketika udah nggak ada kegaduhan, berarti si biarawan ini udah meninggal. Mayat tersebut kemudian disimpan selama beberapa tahun untuk kemudian dipertontonkan di kuil.

Inilah 5 tempat yang nggak boleh dikunjungi oleh mereka yang penakut. Namun bagi kamu yang ngakunya punya nyali gede, pasti bakal jadi spot wisata yang asik banget. Kira-kira ada tempat lain yang lebih menyeramkan dari ini? Share di kolom komentar ya!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA