Lembah Nirbaya Nusakambangan Tempat Eksekusi Mati

oleh Adys Disty
09:00 AM on Jan 18, 2015

Nama Lembah Nirbaya Nusakambangan belakangan kembali muncul ke permukaan sebagai lokasi eksekusi mati. Eksekusi kali ini terhadap para terpidana kasus narkotika yang telah disebutkan oleh Jaksa Agung HM Prasetyo beberapa waktu lalu.

Pulau Nusakambangan sendiri bukanlah lokasi baru yang dipilih untuk pelaksanaan eksekusi mati. Sudah banyak terpidana mati yang dieksekusi di pulau ini. Pulau ini dipilih menjadi lokasi pelaksanaan eksekusi karena dianggap paling cocok dan aman untuk dilaksanakannya eksekusi.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Lembah Nirbaya Nusakambangan Tempat Eksekusi Mati
Lembah Nirbaya Nusakambangan Tempat Eksekusi Mati

Ada dua lokasi di Pulau Nusakambangan yang selalu dipergunakan untuk mengeksekusi terpidana mati. Kuat dugaan lima terpidana mati yang akan dieksekusi juga akan dieksekusi di dua lokasi ini. Satu lokasi bernama Lembah Nirbaya. Lembah Nirbaya merupakan sebuah area semak-semak belukar yang terhampar cukup luas dan berada tidak jauh dari Lapas Terbuka.

Lokasi itu sendiri berada di ujung selatan Pulau Nusakambangan yang langsung berhadapan langsung dengan Samudera Hindia dengan pantai berkarang dan ombak besarnya. Lokasi tersebut memang cukup sulit diakses dan tidak sembarang orang bisa mencapai ke lembah tersebut. Lembah Nirbaya juga hanya berupa lahan terbuka yang gersang.

Pelaksanaan eksekusi mati juga telah berkali-kali dilaksanakan di lokasi tersebut. Sebut saja trio Bom Bali yaitu Amrozi, Imam Samudra dan Mukhlas. Selain itu, tiga terpidana mati asal Sumatera Selatan yaitu Jurit, Ibrahim dan Suryadi juga dilakukan pada lokasi yang sama. Ibrahim dan Jurit dijatuhi hukuman mati karena melakukan pembunuhan berencana secara bersama-sama terhadap Soleh pada tahun 1997. Sedangkan Suryadi merupakan terpidana pembunuhan dan pencurian di Palembang.

Satu tempat pelaksanaan eksekusi lainnya adalah lapangan tembak milik kepolisian di kawasan Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah. Saat ini, lapangan tembak baru saja selesai dibangun di sekeliling lapangan tembak telah dipagar tembok setinggi dua meter.  Lapangan tembak ini terletak bersampingan dengan pos pengamanan polisi yang ada di kawasan hutan Nusakambangan. Di lokasi ini selalu dijaga oleh anggota kepolisian dari Polres Cilacap.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA