5 Hal Keren ini Hanya Bisa Kamu Dapatkan Jika Punya Teman Orang Madura

oleh Rizal
07:00 AM on Mar 17, 2016

Madura mungkin kental dengan stigma yang kurang mengenakkan di kuping. Mulai dari perangai orang-orangnya yang keras, sampai anggapan tidak menyenangkan lain. Memang tidak menampik kalau orang Madura sifatnya keras, namun sangat salah kalau dibilang mereka itu buruk. Jika tak percaya coba saja berteman dengan salah satu dari mereka. Kamu mungkin akan merasakan pengalaman berteman yang seru.

Berteman dengan orang Madura kamu akan seperti menemukan sahabat sejati yang lain. Ya, orang-orang Madura ini dikenal punya banyak sifat baik yang kamu butuhkan dari seorang teman. Bahkan kalau sudah sangat rekat, mereka lebih dari saudara sendiri. Tak cuma itu, berteman baik dengan orang Madura kita akan mendapatkan banyak manfaat unik. Tak percaya? Simak ulasan menariknya berikut.

Baca Juga
6 Alasan Kenapa One Piece Nggak Pernah Bikin Penggemar Bosen Meski Sudah 20 Tahun
Inilah 4 Alasan Mengapa Profesi TKI Bisa Bikin Seseorang Jadi Kaya Mendadak

1. Kita Bisa Dapatkan Barang Dengan Harga Lebih Murah

Pasti jadi pertanyaan besar, kenapa berteman dengan orang Madura kita bisa dapat harga barang lebih murah. Seperti yang kamu tahu, pedagang Madura hampir selalu bisa kita temui di kota mana pun. Nah, faktanya, dalam berdagang orang-orang Madura biasanya memberi harga berbeda kepada sesamanya, alias lebih murah dari harga pasaran.

Belanja dengan teman Madura bisa dapat lebih murah [Image Source]
Belanja dengan teman Madura bisa dapat lebih murah [Image Source]
Ketika punya teman Madura, mereka pasti akan selalu mengiyakan kalau kita memintanya menawar barang kepada penjual yang rata-rata orang Madura itu. Tinggal cas cis cus sedikit pakai bahasa Madura, barang dengan harga lebih murah pun didapatkan. Apalagi kalau teman kita ini satu kota dengan si pedagang. Misalnya, sama-sama dari Sampang, maka biasanya harga yang diberikan bakal lebih murah lagi. Percayalah, yang seperti ini sudah sering terjadi.

2. Kita Akan Selalu Merasa Aman di Dekatnya

Orang Madura itu sangat keras. Mereka seolah tak takut dengan apa pun asal posisinya benar. Termasuk membela seorang kawan, akan mereka lakukan dengan senang hati dan tanpa sungkan.

Orang Madura tidak kenal takut dan keras [Image Source]
Orang Madura tidak kenal takut dan keras [Image Source]
Mereka memang keras, tapi tidak ngawur. Asal apa yang diyakininya benar, maka apa pun bisa mereka perbuat. Hal yang membuat mereka makin disegani adalah keberaniannya yang sangar. Mereka bisa menyelesaikan masalah dengan baik-baik, meskipun kalau ditantang carok orang-orang Madura juga akan siap meladeninya.

3. Tentu Saja, Bisa Kenalan Dengan Gadis Madura yang Cantik Itu

Percayalah, berkenalan dengan gadis Madura itu susah luar biasa. Mayoritas dari mereka sangat pemalu dan segan untuk mengutarakan perkenalan secara langsung. Tapi, ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mendekati mereka. Kenal dengan orangtuanya, atau punya koneksi teman Madura. Maksudnya, teman Madura yang kita miliki, juga kenal dengan si gadis yang kita ingin dekati.

Gadis Madura [Image Source]
Gadis Madura [Image Source]
Kalau ada yang seperti ini bisa gampang urusannya. Apalagi teman Madura kita ini juga kenal orangtua si gadis, makin cepat saja mencapai tujuan. Inilah enaknya punya teman Madura, akses kenal gadis-gadis tanah seberang Surabaya pun jadi lebih mudah.

4. Teman Madura Kita Bisa Jadi Penasihat Spiritual

Teman bukan hanya tentang bersenang-senang, tapi juga untuk urusan agama. Kalau kata Bang Haji Rhoma, teman itu harus bisa sampai surga. Nah, hal ini mungkin terjadi jika teman kita itu orang Madura. Alasannya, hampir mayoritas orang Madura ilmu keagamaannya, terutama Islam, bisa dibilang mumpuni.

Bisa jadi pembimbing agama [Image Sourceee]
Bisa jadi pembimbing agama [Image Source]
Enaknya punya teman yang seperti ini, kita akan selalu diingatkan untuk berbuat baik. Entah mengajak sholat, sampai diajari cara membaca Al-Qur’an. Bukan kah teman sejati adalah yang bisa selalu mengingatkan hal-hal yang seperti ini?

5. Loyal dan Menolongnya Nggak Kira-Kira

Punya teman Madura itu artinya bersiaplah merasakan pertemanan yang asyik banget. Selain karena poin-poin di atas, mereka juga dikenal punya sifat penolong yang luar biasa dan juga loyal. Ya, mereka kalau sudah dekat dengan seseorang, maka akan melakukan apa pun yang dibutuhkan temannya.

Tolong menolong yang hebat [Image Source]
Tolong menolong yang hebat [Image Source]
Seperti yang sempat disinggung di bagian awal, orang Madura bisa sebaik saudara sendiri bahkan bisa lebih dari itu. Namun, meskipun begitu mereka juga tidak buta. Maksudnya, jika kita tidak memberikan feed back pertemanan yang baik pula, maka mereka pun juga enggan. Tapi, rata-rata orang Madura tak terlalu mempersoalkan hal-hal yang seperti itu. Berteman ya berteman saja sebaik mungkin, begitu kurang lebih.

Inilah hal-hal baik tentang orang Madura yang harus kita tahu. Tentu saja meskipun orang Madura bisa jadi teman yang baik, bukan berarti kita harus berteman dari suku ini saja. Bukan bermaksud untuk mengunggul-unggulkan orang Madura, tapi kurang lebih memang seperti inilah mereka kalau berteman.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA