6 Teknologi yang Paling Diinginkan Manusia Namun Belum Pernah Tercipta

oleh Rizal
07:01 AM on Dec 26, 2015

Seandainya jubah menghilang Harry Potter benar-benar ada, apa sih yang bakal kamu lakukan? Pasti banyak banget, tapi satu hal yang pasti adalah dipakai berbuat jahil. Entah menakut-nakuti seseorang, atau bahkan stalking seseorang langsung dari kamarnya sendiri. Sayangnya, teknologi semacam ini masih jadi imajinasi yang mungkin akan butuh waktu cukup lama untuk benar-benar menghadirkannya.

Tak hanya jubah penghilang, ada banyak teknologi keren lain yang diinginkan manusia. Namun lagi-lagi belum pernah bisa dibikin kecuali hanya sebagai fantasi dalam film-film saja. Kapankah akan benar-benar terwujud juga masih jadi misteri. Bahkan mungkin saja dunia sudah keburu kiamat sebelum alat-alat super canggih idaman manusia itu tercipta.

Baca Juga
Fakta Silat Marunda, Warisan Maut Si Pitung yang Bikin VOC Terkencing-kencing Tak Berdaya
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting

Jadi, teknologi canggih apa sih yang didamkan banyak manusia? Simak ulasannya berikut.

1. Mesin Waktu

Kita sudah kenyang dengan film yang bertema manipulasi waktu, dan seringkali bertanya pada diri sendiri kapankah alat keren ini akan benar-benar tercipta. Sebenarnya sudah banyak penelitian tentang mesin waktu dan semacamnya. Namun masih belum benar-benar didapatkan hasil yang bagus.

Kalau mesin waktu eksis, apa yang akan kamu lakukan? [Image Source]
Kalau mesin waktu eksis, apa yang akan kamu lakukan? [Image Source]
Kalau mesin waktu tercipta, apa yang akan terjadi ya? Sangat banyak. Mungkin Hitler akan dibunuh sejak ia kecil, kita bisa kenalan dengan Soekarno dan masih banyak lagi. Namun seperti yang sering ditekankan dalam film. Mesin waktu hanya akan mengacaukan jalannya sejarah dan mengubah masa depan.

2. Teleportasi

Bagaimana dengan mesin teleport? Ya, semua orang menginginkan alat semacam ini benar-benar ada. Teleportasi memungkinkan kita untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain dalam waktu yang sangat cepat. Kemudahan apa yang bakal kita dapatkan jika alat ini tercipta?

Adanya teleportasi akan membuat kita tak perlu lagi khawatir soal alat transportasi [Image Source]
Adanya teleportasi akan membuat kita tak perlu lagi khawatir soal alat transportasi [Image Source]
Yang jelas, manusia sudah tak butuh lagi alat transportasi. Mesin teleportasi juga akan membuat yang namanya terlambat adalah kata yang tak pernah lagi muncul. Kita juga bisa mengunjungi banyak tempat asyik di dunia tanpa keluar banyak uang. Makan paginya di Amsterdam, cuci tangannya di London. Hal-hal seperti ini jadi mungkin terjadi.

3. Satu Obat untuk Semua Penyakit

Penelitian di bidang medis takkan pernah berhenti sampai peneliti menemukan obat yang mampu menyembuhhkan semua penyakit. Ya, alangkah enaknya jika yang semacam ini benar-benar ada. Kita tak perlu lagi bayar administrasi asuransi kesehatan tiap bulan atau pergi ke rumah sakit. Karena cukup dengan satu obat maka segala penyakit akan sembuh.

Obat untuk segala penyakit? Alangkah enaknya kalau ada yang semacam ini [Image Source]
Obat untuk segala penyakit? Alangkah enaknya kalau ada yang semacam ini [Image Source]
Sayangnya, jika ini terjadi maka yang namanya dokter dan perawat akan jadi pengangguran. Tak ada lagi pekerjaan untuk mereka karena perannya sudah tergantikan. Dampak dari obat ini juga adalah populasi manusia yang makin sesak. Bagaimana tidak sesak, semua orang pasti sehat dan takkan ada yang mati gara-gara penyakit.

4. Teknologi Instant Learning

Tak ada manusia yang benar-benar jago hanya dari sekali lihat. Setidaknya mereka harus mempelajari segala sesuatu dengan intens sampai akhirnya jago. Belajar memang seru tapi kalau sudah lama di depan buku masih juga tak mahir, tentu bikin jengkel. Makanya, sepertinya kita butuh teknologi yang bisa membuat otak kita mampu menangkap apa pun dengan cepat.

Teknologi instant learning bisa bikin kita jago apa pun dalam hitungan menit [Image Source]
Teknologi instant learning bisa bikin kita jago apa pun dalam hitungan menit [Image Source]
Instant learning atau belajar dengan cepat, jadi teknologi yang keren kalau benar-benar ada. Ketika teknologi seperti ini diimplementasikan, maka tiap orang bisa memilih ahli dalam bidang tertentu semaunya. Bahkan tukang ojek bisa menerbangkan pesawat nantinya.

5. Alat yang Mampu Membuat Kita Berkomunikasi dengan Hewan

Mungkin sangat mengasyikkan ketika kita bisa ngobrol dengan kucing peliharaan di rumah, atau mungkin curhat masalah hidup saat mengajak anjing jalan-jalan sore. Namun, hal semacam ini sudah jelas adalah sesuatu yang mustahil dilakukan. Kita memang takkan pernah bisa ngobrol dengan hewan, namun berkat teknologi mungkin saja kita bisa melakukannya.

Apa yang akan kamu lakukan jika bisa bicara dengan hewan? [Image Source]
Apa yang akan kamu lakukan jika bisa bicara dengan hewan? [Image Source]
Asyik tuh, kita bisa mengerti apa maunya kucing, bagaimana beratnya hidup mereka dan sebagainya. Atau yang paling seru adalah kita bakal mampu menyuruh para hewan ini untuk melakukan ini dan itu. Keren sekali jika benar-benar ada.

6. Pengubah Air Asin Jadi Tawar

Peranan air sangatlah krusial, tak hanya bagi Bumi bahkan tubuh kita sendiri pun perlu air. Namun air ada kalanya sangat susah ditemui, apalagi di daerah-daerah tandus atau ketika musim kering. Sebenarnya jika kita mau menengok ke sekitar, ada sumber air yang takkan mungkin bisa habis. Ya, lautan.

Teknologi seperti ini ternyata sudah ada dan tinggal disempurnakan [Image Source]
Teknologi seperti ini ternyata sudah ada dan tinggal disempurnakan [Image Source]
Tapi lautan tidak bisa diminum karena kandungan garamnya. Nah, maka dari itu kita butuh teknologi pengubah air asin jadi tawar. Teknologi ini jelas akan berperan vital jika benar-benar ada. Pasalnya, ini sama artinya kita punya stok air yang takkan pernah habis. Kabar baiknya, mungkin sebentar lagi memang benar-benar ada teknologi yang semacam ini.

Inilah deretan teknologi yang paling diinginkan manusia namun tidak atau belum bisa diwujudkan. Membayangkan jika suatu saat nanti ada yang semacam ini, kira-kira seperti apa jadinya? Bisa baik atau buruk tergantung siapa yang pakai dan apa tujuannya. Bicara soal probabilitas, sepertinya tak menutup kemungkinan jika suatu saat alat-alat canggih ini bisa tercipta.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA