Benarkah Teknologi Ini Memungkinkan Kabin Pesawat Bisa Selamat dari Maut?

oleh Rahma Muliani
10:01 AM on Jan 25, 2016

Sudah sering sekali kita mendengar berita mengenai kecelakaan pesawat. Jumlah korban dalam beberapa kecelakaan tersebut bahkan mencapai ratusan orang. Nah, baru-baru ini ada seorang ilmuwan yang menawarkan desain pesawat untuk meminimalisir jumlah korban kecelakaan pesawat.

Penemuan itu memungkinkan kabin pesawat lepas secara otomatis dari bagian mesin pesawat tersebut. Wah, seperti apa yaa konsepnya itu? Untuk lebih jelasnya kita simak saja beberapa penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga
Ternyata Beberapa Negara Ini Benderanya Terinspirasi Dari Majapahit Loh, Mana Saja Tuh
Bikin Emosi! Rombongan Pemuda Indonesia Ini Malah Sengaja Membentangkan Bendera Secara Terbalik

1. Konsep Ditemukan Oleh Seorang Teknisi Pesawat Dari Ukraina

Seperti dilansir dari Boredpanda.com, konsep di mana kabin dapat lepas secara otomatis ini ditemukan oleh seseorang berkebangsaan Ukraina, bernama Vladimir Tatarenko. Ia adalah seorang teknisi pesawat yang sudah mendalami pekerjaannya selama 3 tahun.

Kabin Dapat Lepas Otomatis [image source]
Kabin Dapat Lepas Otomatis [image source]
Vladimir Tatarenko meyakini, jika konsepnya ini dapat diimplementasikan, maka akan berpotensi menyelamatkan banyak nyawa jika terjadi kecelakaan pesawat sewaktu-waktu. Tak main-main, proyek ini sudah mulai dipelajari dan terus dikembangkan selama 3 tahun loh.

2. Kabin Pesawat Bisa Lepas Secara Otomatis

Jadi, saat terjadi sesuatu bahaya dalam pesawat, kabin akan terlepas secara otomatis. Kemudian, akan ada parasut yang muncul dari bagian atas kabin. Setelah itu, parasut tersebut akan mengembang secara otomatis, sehingga kabin tersebut tidak jatuh begitu saja.

Pelampung Akan Mengembang - [image source]
Pelampung Akan Mengembang – [image source]
Tak hanya itu, jika kabin yang terlepas tadi akan mendarat, dari bagian bawah kabin nantinya juga akan muncul balon besar yang berfungsi seperti pelampung. Jadi, kabin akan tetap mendarat dengan mulus meski mendarat di darat atau di air sekalipun.

3. Masih Ada Kekurangan

Namanya juga penemuan yang masih dikembangkan, jadi tentu saja masih memiliki kekurangan. Salah satunya adalah nasib sang pilot dan co-pilot. Seperti yang bisa kita lihat dalam video di bawah ini, saat kabin terlepas, ruang pilot akan tertinggal begitu saja.

Penemuan ini juga belum bisa mengatasi jika kecelakaan yang terjadi adalah pesawat meledak atau mendapat serangan dari roket atau pesawat lain. Belum lagi, untuk dapat mengimplementasikannya dibutuhkan biaya yang sangat besar.

4. Sedikit Terjadi Perdebatan Tentang Nasib Pilot

Vladimir Tatarenko mengungkapkan, ada banyak kubu yang setuju dengan konsep pesawat yang ia tawarkan ini. Tetapi ada juga yang sedikit meragukan akan penemuannya tersebut. Salah satunya adalah nasib pilot dan soal biaya yang tadi sudah disebutkan.

Nasib pilot dan kopilot yang jadi perdebatan [image source]
Nasib pilot dan kopilot yang jadi perdebatan [image source]
Beberapa organisasi juga ada yang mengungkapkan, sistem kabin dapat lepas secara otomatis itu sedikit sulit. Karena dapat merusak integritas struktural dari pesawat tersebut. Tapi jika terus dipelajari dan dikembangkan, masih ada kemungkinan sistem ini dapat diimplementasikan.

Kalau melihat ilustrasi dari video tadi, tentu kita semua sangat ingin sistem ini dikembangkan dan segera diimplementasikan bukan. Yaa, kita berdoa saja, semoga dunia mendukung agar sistem ini dapat segera terealisasi. Menurut readers sendiri, konsep yang ditawarkan Vladimir Tatarenko keren banget gak sih? 🙂

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA