5 Teknologi Canggih Ini Akan Segera Bisa Dimiliki Manusia

oleh Centralismo
07:00 AM on Aug 20, 2015

Dua puluh tahun yang lalu, rasanya sulit membayangkan bahwa suatu saat kita akan berkomunikasi dengan teknologi canggih bernama video call. Namun saat ini, video call adalah hal yang sangat lumrah dan digunakan umat manusia hampir setiap hari. Urusan rapat penting antar negara hingga urusan pacaran antar benuapun bisa dilampaui dengan teknologi.

Berikut ini, Boombastis akan mengajak Anda untuk berkhayal tentang teknologi yang akan segera kita miliki di masa depan. Alat-alat canggih ini sedang dirancang dan diteliti oleh para ilmuwan. Beberapa diantara inovasi berikut terlihat seperti di film-film ‘Science Fiction’, namun penelitiannya memang dilakukan di dunia nyata.

Baca Juga
4 Fakta Mengenai Sindrom Kleine-Levin, Kelainan yang Bikin Pengidapnya Jadi Tidur Berbulan-Bulan
Jualan Pisang Goreng Hingga Tidur di ‘Bilik Asmara,’ Inilah 5 Hal Unik yang Dialami Pengungsi Gunung Agung

1. Teknologi Menghapus Ingatan

Jika Anda pernah menonton film ‘Men in Black’, pasti Anda ingat tentang alat canggih bernama Neuralyzer. Dengan menggunakan alat tersebut kedua agen kocak itu bisa menghapus ingatan dari orang yang mereka targetkan. Bayangkan jika teknologi tersebut benar-benar nyata, tentu akan menyenangkan bagi orang yang memiliki trauma di masa lalu. Sebab, ingatan buruk itu bisa dihapus.

Teknologi Penghapus Ingatan
Teknologi Penghapus Ingatan [ImageSource]
Namun, hal itu tidak hanya terjadi di dalam film saja. Saat ini beberapa saintis yang berbasis di New York sedang mengusahakan penelitian obat yang bisa mencegah enzim yang digunakan otak untuk mengingat kembali memori tertentu. Jika teknologi ini benar-benar tercipta, maka mungkin banyak orang yang susah move on, akan bisa melupakan mantannya dalam sekejap.

2. Cybernetic Reading

Cybernetic Reading adalah sebuah rancangan alat, dimana alat sensorik akan ditanamkan di ujung jari dan telinga seseorang. Kedua alat sensorik itu akan saling berhubungan. Sehingga, jika Anda meraba teks pada buku dengan ujung jari, maka bacaan dari teks tersebut akan sampai ke telinga Anda melalui sinyal udara.

Cybernetic Reading
Cybernetic Reading [ImageSource]
Teknologi ini sedang dikembangkan para peneliti di Singapura. Jika benar-benar terealisasi, maka benda ini akan sangat membantu bagi saudara-saudara kita yang kehilangan indera penglihatannya. Demikian pula dengan para manula yang kesulitan untuk membaca teks, mereka cukup merabakan ujung jari mereka saja. Mari kita tunggu perkembangan dari penelitian ini.

3. Kamera Nyamuk

Kamera nyamuk pada dasarnya mirip dengan teknologi drone yang saat ini sedang populer. Namun, kamera ini memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dari drone. Bentuknyapun sangat mirip dengan nyamuk, sehingga tidak akan ada yang curiga bahwa alat ini sesungguhnya sebuah kamera.

Kamera Nyamuk
Kamera Nyamuk [ImageSource]
Model dari kamera ini memang sudah diteliti dan direncanakan sejak 10 tahun lalu. Namun, para peneliti tampaknya ragu untuk meneruskannya karena kamera ini berpotensi dijadikan barang untuk kegiatan tidak terpuji seperti kegiatan terorisme.

4. Anjing Bisa Berbicara

Anda pernah nonton film animasi Up? Dalam film tersebut, para anjing diberi kalung khusus yang membuat kita bisa mendengar apa yang sedang mereka pikirkan. Ternyata, inovasi semacam itu terjadi di dunia nyata, meski tidak se-extravaganza film keluaran Pixar tersebut. Sekumpulan peneliti sedang merancang headset bernama ‘No More Woof’.

Anjing Bisa Berbicara
Anjing Bisa Berbicara [ImageSource]
‘No More Woof’ akan menerima gelombang yang dipancarkan oleh otak binatang peliharaan Anda dan diterjemahkan dalam gelombang suara. Dari situlah, Anda akan mengetahui apa yang dipikirkan anjing Anda. Tapi, jangan berharap alat ini akan memperdengarkan kalimat-kalimat panjang seperti di film. Alat ini hanya akan memberi tahu apa yang sedang dipikirkan anjing Anda dalam bentuk kata. Misalnya, ‘lelah’, ‘curiga’ atau ‘marah’.

5. Mobil Terbang

Jumlah mobil di bumi memang sudah terlalu banyak. Negara-negara yang dulunya tidak pernah mengenal istilah macet, mulai terjangkiti penyakit lalu lintas tersebut. Sementara negara kita sendiri masih terus berusaha mengatasi kemacetan, namun semua usaha tampaknya sia-sia saja.

Mobil Terbang
Mobil Terbang [ImageSource]
Namun, sebuah mobil terbang bernama TF-X keluaran dari perusahaan Terrafugia sudah merancang konsep mobil terbang. Dengan menggunakan mobil ini, dijamin Anda tidak akan mengalami kemacetan. Namun, resiko kecelakaan tentu akan menjadi semakin besar.

Alat-alat di atas tampaknya kurang realistis, bahkan terkesan seperti fiksi belaka. Namun, beberapa abad lalu juga orang mungkin akan tertawa jika mendengar bahwa akan ada teknologi yang bisa membuat sekelompok orang berkendara di udara dengan pesawat. Namun buktinya, kini kita menggunakan pesawat di kehidupan sehari-hari.

Jadi, tidak ada salahnya berkhayal. Siapa tahu khayalan kita bisa menjadi inspirasi datangnya alat canggih berikutnya. Ingat kata Albert Einstein, Pengetahuan itu penting, namun imajinasi adalah segalanya. (HLH)

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA