in

Wajib Tahu! Ini Lho 7 Teknik Mempertahankan Diri Paling Sederhana yang Bikin Kamu Lebih Aman

Menendang lutut [Image Source]

Saat ini berita tentang kekerasan sepertinya makin banyak terjadi dimana-mana. Jalanan bukan lagi tempat yang aman karena orang-orang dengan niat buruk seolah selalu siap untuk menyerang dan melukai mereka yang nggak waspada.

Bukan hal yang buruk untuk belajar teknik-teknik mempertahankan diri. Berikut ini beberapa trik sederhana yang bisa kamu lakukan untuk bertahan atau setidaknya sekadar mencuri waktu untuk berlari dan minta pertolongan.

1. Melepaskan Diri Dari Genggaman Tangan

Melepaskan diri dari genggaman [Image Source]
Saat seseorang mencengkeram tanganmu, jangan menariknya karena genggamannya nggak akan terlepas begitu saja hanya dengan ditarik. Putar pergelangan tanganmu agar posisi ibu jarimu sejajar dengan genggamannya kemudian sentak dengan cara menekuk siku dengan cepat.

2. Tendang Bagian Lutut

Menendang lutut [Image Source]
Menendang lutut [Image Source]
Salah satu cara lain yang bisa kamu lakukan adalah menendang lutut dari seseorang yang menyerangmu. Tingkat kesuksesan teknik ini lebih tinggi daripada menyerang wajah atau area selangka karena hampir tidak mungkin seseorang bisa melindungi lututnya dengan tangan. Gerakan ini cukup memberimu waktu untuk kabur dan meminta pertolongan.

3. Menyerang Area di Antara Telinga dan Leher

Menyerang area di antara telinga dan leher [Image Source]
Menyerang area di antara telinga dan leher [Image Source]
Daerah di antara telinga dan leher juga cukup sensitif. Serangan ringan saja di daerah tersebut bisa menghasilkan rasa sakit yang luar biasa, bahkan kejang. Sedangkan pukulan yang lebih keras bisa mengakibatkan hilang kesadaran, bahkan kematian!

4. Menyerang Hidung

Menyerang hidung [Image Source]
Menyerang hidung [Image Source]
Teknik lain yang bisa dilakukan saat seseorang menyerang dari depan adalah dengan menyerang hidungnya. Buka tangan dan sentak hidungnya menggunakan telapak tanganmu dari arah depan. Mematahkan hidung dengan cara ini lebih menyakitkan dari pada meninjunya dari samping.

5. Colok Matanya

Mencolok mata [Image Source]
Mencolok mata [Image Source]
Mencolok mata seseorang memang terlihat seperti cara yang sepele, tapi sebenarnya cukup efektif. Nggak sengaja kecolok saja sudah menyakitkan, bayangkan jika kamu benar-benar mencolok mata penyerangmu dengan sekuat tenaga.

6. Melepaskan Diri dari Cekikan

Melepaskan diri dari cekikan [Image Source]
Jika seseorang berusaha mencekikmu, jangan langsung berusaha melepaskan diri dengan meraih tangannya. Sebaliknya, arahkan tanganmu lewat dalam lengan si penyerang dan serang wajahnya. Cari sasaran di area paling sensitif seperti telinga, hidung, tenggorokan, atau khususnya mata. Atau kamu juga bisa menarik lengannya ke bawah dan langsung menendang selangkanya.

7. Manfaatkan Barang yang Kamu Punya

Menyerang dengan pulpen [Image Source]
Menyerang dengan pulpen [Image Source]
Tidak perlu membawa pisau atau senjata tajam sejenisnya. Manfaatkan saja barang berujung tajam yang kamu punya seperti pulpen atau sisir. Ketika ada seseorang yang menyerang, tusuk si penyerang dengan sisi yang tajam di bagian lunak seperti area atas bibir.

Beberapa serangan tersebut memang terlihat sederhana, tapi cukup untuk melumpuhkan lawan dan memberimu waktu untuk kabur. Meski begitu, jika dilakukan dengan cukup keras, beberapa serangan tersebut juga cukup membahayakan karena bisa melumpuhkan dan bahkan mematikan. Karena itu, jangan sembarangan menggunakan teknik ini apalagi untuk perkelahian sepele. Gunakan hanya jika nyawamu benar-benar terancam. Akan lebih baik lagi jika mempelajari seni bela diri yang sesungguhnya secara total.

Written by Tetalogi

Leave a Reply

Trilogi Ada Apa Dengan Cinta? Bisa Dibikin Gara-Gara Wefie Ini

7 Fakta Tjilik Riwut, Pahlawan Nasional dari Dayak yang Menjadi Sosok di Balik Bergabungnya Kalimantan dengan Indonesia