Da Hing Pao, Teh Asal China Seharga Sebuah Pulau di Amerika

oleh VeBee
07:14 AM on May 19, 2016

Teh adalah hal yang tak bisa lepas dari kebudayaan di beberapa negara seperi China dan Jepang. Bahkan upacara minum teh di negara-negara ini juga bervariasi. Upacara minum teh sendiri sudah dikenal masyarakat serumpun ini sejak zaman kekaisaran hingga saat ini.

Nah, kali ini kita nggak akan membahas soal upacara minum teh di China atau pun di Jepang. Tapi kita akan berkenalan dengan satu jenis teh dari China yang untuk bisa membelinya saja musti merogoh kantong cukup dalam.

Baca Juga
Fakta Kanker Lidah, Penyakit Mematikan yang Gejala Awalnya Hanya Sariawan dan Gangguan Mulut Biasa
Cara Memanfaatkan Bulan Ramadan untuk Mengenyahkan Kebiasaan Merokok Selamanya

Teh Mahal yang Kusut

Teh yang kita bahas ini berasal dari negeri Tirai Bambu, China. Tepatnya di Pegunungan Wuyi, Provinsi Fujian. Jika kita lihat dari bentuk dan tampilannya, mungkin kita nggak bakal percaya kalau teh ini punya harga fantastis. Yups, teh ini punya warna yang sedikit gelap, dan kusut. Tak sepadan dengan harganya yang selangit itu ya?

Teh Mahal yang Kusut [ Image Source ]
Teh Mahal yang Kusut [ Image Source ]

Teh Legendaris China

Teh dengan harga 30 kali harga emas ini, cuma bisa tumbuh di antara semak-semak purba di Da Hong Pao, Pegunungan Wuyi. Karena itulah teh ini sering disebut dengan teh Da Hong Pao. Teh yang berasal dari Da Hong Pao ternyata memang sudah menjadi legenda di China karena kualitas dan rasanya yang tak ada bandingnya. Jadi tak heran kan, kalau teh yang kelihatannya cocok untuk orang pinggiran ini punya harga super fantastis.

Teh Legendaris China [ Image Source ]
Teh Legendaris China [ Image Source ]
Mahalnya harga teh ini bisa dilihat dari seorang kaya raya yang untuk bisa membeli 20 gram teh Da Hing Pao ini, dia harus merogoh kocek sebesar 180.000 Yuan atau setara dengan Rp 365,7 juta lebih. Wow, harga yang sangat mahal untuk teh yang kusut.

Jumlahnya Mulai Langka

Selain karena rasanya, faktor kelangkaan juga menjadi salah satu sebab teh satu ini berharga ratusan juta rupiah. Menurut seorang pembuat teh di Wuyishan, Xiao Hui, saat ini pohon-pohon teh yang asli di Wuyishan sudah sangat susah ditemui. Bahkan demi mendapatkan bibit-bibit teh Da Hing Pao, beberapa pembuat teh harus pergi ke pegunungan di musim semi untuk memanggil dewa Lu Yu.

Jumlahnya Mulai Langka [ Image Source ]
Jumlahnya Mulai Langka [ Image Source ]
Hingga kini, teh Da Hing Pao masih menjadi yang termahal di dunia. Teh asal negeri Tirai Bambu ini, masih terus diolah di China meski harganya mahal. Teh dari jenis kuno bahkan jauh lebih mahal dan hampir tak ternilai di China.

Teh memang menjadi salah satu komoditi yang cukup penting di Asia, terutama Jepang dan China. Nah, jika kalian punya pergi ke negaranya Jackie Chen ini dan punya uang saku lebih, tak ada salahnya kan mencicipi teh langka Da Hong Pao di sana.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA