7 Tank Canggih dan Mematikan ini Jadi Kendaraan Perang Paling Ditakuti di Dunia

oleh Rizal
11:45 AM on Dec 26, 2015

Semuanya sah dalam perang dan cinta, begitu kata ungkapan pepatah lama. Hal ini sering diartikan jika kita boleh melakukan apa pun dalam dua hal ini. Mendapatkan cinta bisa dengan cara apa pun, begitu pun perang. Soal perang dan menang, maka takkan lepas dari yang namanya senjata mematikan. Strategi okelah bisa bikin menang, tapi tanpa dibekali peralatan sama saja seperti kita mancing ikan tuna dua meter dengan alat pancing ikan mujair.

Baca Juga :Inilah 5 Senjata Terbaik Korps Kavaleri TNI AD yang Melindungi Kedaulatan Indonesia

Baca Juga
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala
Disebut Perompak oleh Mantan PM Malaysia, Justru Inilah Fakta Suku Bugis Seorang Pelaut Handal

Soal peralatan perang, tank masuk ke dalam jajaran alustista yang wajib ada. Punya mobilitas, daya hancur besar, dan tahan akan gempuran, membuat tank jadi penentu kemenangan dalam perang. Bahkan bisa kita tarik kesimpulan, siapa yang tank-nya paling gila, maka ia punya kesempatan menang lebih besar.

Dunia pernah mencatat tank-tank gila yang pernah menggeram di atas Bumi. Nah, berikut adalah daftar tank paling canggih dan mematikan yang pernah dibuat manusia. Sebagai catatan, ini adalah yang paling canggih dan juga gila.

1. T-84 Oplot-M – Ukraina

Pecahnya Uni Soviet jadi berkah sendiri bagi Ukraina. Bagaimana tidak, mereka berhasil mendapatkan warisan berupa pabrik tank yang ada di Kharkov. Pabrik ini telah memproduksi salah satu armada darat terhebat si negeri komunis, yakni tank T-80UD yang mematikan itu. Cerdiknya, militer Ukraina menjiplak model ini. Mereka memang meniru, namun ditambahi dengan hasil kreasi sendiri. Hingga terciptalah T-84 Oplot-M.

Ukraina berhasil mengambangkan tank Soviet dengan sistem pertahanan dan penyerangan yahud [Image Source]
Ukraina berhasil mengambangkan tank Soviet dengan sistem pertahanan dan penyerangan yahud [Image Source]
T-84 Oplot-M dikemas lebih modern dengan kemampuannya menembakkan peluru tiap 8 detik sekali. Alat perang ini juga dilengkapi dengan laser misil anti-tank. Tak hanya itu, T-84 Oplot-M juga punya alat deteksi thermal dan panoramic agar bidikan tank makin akurat. Semuanya ini dilakukan by system dan sudah berbasis komputer.

2. Leopard 2A7+ – Jerman

Leopard 2 punya nama yang begitu melegenda. Dibuat di tahun 1979, tank ini masih cukup menakutkan hingga hari ini. Kemudian Jerman pun tak mau berleha-leha karena pamor, dan akhirnya menciptakan versi terbaru dari Leopard 2 bernama Leopard 2A7+.

Versi terbaru dari Leopard 2 ini membuat Jerman makin ditakuti [Image Source]
Versi terbaru dari Leopard 2 ini membuat Jerman makin ditakuti [Image Source]
Tank super cepat di darat ini dibekali dengan mesin tembak utama yang bisa menembakkan peluru regular biasa dan juga misil LAHAT buatan Israel. Leopard 2A7+ juga dilengkapi dengan stabilizer dan mesin pencari target berbasis laser, sehingga ia bisa menembak target dengan akurat sejauh hingga 5 kilometer sambil terus berjalan. Leopard 2A7+ juga sangat unggul di segala medan berkat desain terbarunya yang lebih fungsional.

3. Type 10 – Jepang

Jepang memang selalu selangkah di depan, tak hanya untuk produk otomotifnya, tapi juga tank andalannya yang bernama Type 10 ini. Tank ini merupakan hasil upgrade dari seri sebelumnya. Dibandingkan secara fisik dari model sebelumnya, Type 10 lebih besar, lebih canggih, lebih cepat dan lebih mematikan.

Menggunakan menggunakan nano-crystal steel, Type 10 jadi tank yang paling sulit dihancurkan [Image Source]
Menggunakan menggunakan nano-crystal steel, Type 10 jadi tank yang paling sulit dihancurkan [Image Source]
Dari sisi persenjataan, Type 10 bisa dibilang rata-rata. Namun yang jadi perhatian dari tank ini adalah sistem pertahanannya yang sangar. Type 10 dibuat dengan menggunakan nano-crystal steel yang lebih keras tiga kali dari baja biasa. Tak hanya itu, ia juga punya sensor paling canggih, sehingga pengemudi Type 10 akan langsung bisa mendeteksi banyak hal, terutama ancaman dari musuh-musuhnya.

4. Merkava IVm – Israel

Merkava IVm merupakan hasil pengembangan dari tank Merkava terbaru. Tank ini mampu memuat cukup banyak personel di dalamnya, namun dalam pengoperasiannya cukup hanya dengan empat orang. Merkava IVm dikenal dengan kemampuan larinya yang cepat serta berbagai teknik kamuflase sehingga menjadikannya sangat mematikan.

Israel punya Merkava IVm dengan sistem pertahanan yang mengerikan [Image Source]
Israel punya Merkava IVm dengan sistem pertahanan yang mengerikan [Image Source]
Merkava IVm dibekali dengan teknologi modular terbaik sehingga membuatnya sulit dilacak, bahkan dengan teknik pencarian panas sekalipun. Tak hanya itu, Merkava IVm juga memiliki sistem sensor anti misil yang membuatnya aman dari gangguan roket kendali.

5. M1A2 SPEv2 – USA

M1 buatan Amerika ini bisa dibilang tank tua yang mengalami banyak sekali peningkatan dari masa ke masa. M1A2 SPEv2 ini merupakan upgrade paling akhir dari seri M1. Karena terus mengalami perbaikan, maka soal kemampuan sudah jelas tank ini meningkat pesat dari waktu ke waktu.

Amerika tak kalah jumawa dengan membuat tank super canggih M1A2-SEPv2 ini [Image Source]
Amerika tak kalah jumawa dengan membuat tank super canggih M1A2-SEPv2 ini [Image Source]
M1A2 SPEv2 dijejali dengan berbagai perangkat gila yang bisa dibilang hanya satu-satunya di dunia. Misalnya saja bahan luar tanknya yang menggunakan kombinasi baja, plastik dan juga kevlar. Tak cuma itu, M1A2 SPEv2 punya sistem GPS terbaru yang memungkinkannya melakukan tracking secara akurat. Tank ini juga menyematkan display system terbaru yang membuat komunikasi antar kru bisa makin nyaman. Yang terakhir dan tak boleh dilewatkan adalah sistem remote control untuk persenjataannya. Jadi, operator bisa berada di posisi mana pun di dalam tank untuk menembak.

6. T-90AM – Rusia

Jika Amerika bisa bikin tank gila, maka sudah jelas Rusia akan melakukan hal yang sama. Dan hal ini memang benar terjadi dengan diciptakannya T-90AM. Tank ini merupakan pengembangan dari T-72 dan T-80 yang sudah lama menjadi teror bagi negara-negara barat. T-90 ini merupakan versi terbaru yang sudah dilengkapi dengan berbagai macam peralatan canggih.

Bisa menembakkan peluru dalam setiap 6 detik membuat T-90AM mematikan [Image Source]
Bisa menembakkan peluru dalam setiap 6 detik membuat T-90AM mematikan [Image Source]
Ada banyak keunggulan T-90AM ini, misalnya menggunakan sistem deteksi misil canggih dan juga jamming system agar bisa mengacaukan rudal kendali musuh. Soal persenjataan, T-90AM menggunakan sistem muat peluru super cepat yang bisa ditembakkan dalam setiap 6 detik.

7. K2 Black Panther – Korea Utara

K2 Black Panther pada dasarnya punya rupa dan juga kemampuan yang hampir mirip dengan Leopard 2-nya German. Meskipun begitu, K2 mendapatkan sentuhan kecanggihan dalam negeri lewat pabrikan otomotif mereka, Hyundai.

K2 Black Panther menjadi tank paling canggih sejauh ini [Image Source]
K2 Black Panther menjadi tank paling canggih sejauh ini [Image Source]
K2 Black Panther punya kemampuan pertahanan yang mengagumkan. Ia dilengkapi dengan sistem kontrol perang paling canggih sehingga banyak yang mengatakan K2 ini adalah pemburu tank paling mematikan di dunia saat ini. Mereka juga punya sistem jamming-nya Rusia, serta sistem proteksi ala Merkava-nya Israel. Berbekal semua teknologi mematikan ini, sepertinya Korsel tak perlu takut jika harus berkonfrontasi melawan Kim Jong Un.

Baca Juga :5 Fakta Kehebatan TNI ini Bisa Membuatmu Semakin Bangga dengan Indonesia

Inilah deretan tank paling canggih dan mematikan saat ini. Kalau dilihat dari kemampuannya, memang tidak perlu diragukan lagi. Pertanyaannya, kapankah tank-tank buatan Pindad bisa secanggih ini? Tak usah berkecil hati, jika mereka bisa membuat sniper yang mampu menembus kulit tank, maka hanya masalah waktu saja bagi Pindad untuk menciptakan kendaraan perang yang lebih jumawa dari K2 Black Panther sekalipun.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA