4.000 Anak Tangga ke ‘Surga’ Paling Berbahaya Tapi Banyak yang Ingin Menaikinya

oleh Adi Nugroho
03:07 AM on Jun 27, 2015

Pernahkah anda melongok ke bawah saat menaiki tangga? Bagaimana rasanya? Biasa atau membuat anda jadi mendadak takut? Padahal tangga-tangga standar untuk keperluan rumah biasanya hanya memiliki 10-15 anak tangga. Bagaimana jika ada tangga yang memiliki sekitar 4.000 anak tangga? Memang ada? Ada!

Tangga-tangga yang berjumlah sangat banyak ini menempel di sepanjang bukit dan gunung hingga sejauh beberapa kilometer. Tertarik menaiki tangga yang mendapat julukan “Stairway to Heaven” ini? Mari kita simak dahulu ulasan selengkapnya!

Baca Juga
Inilah 4 Fakta Meikarta, Kota Baru yang Katanya Bakal Menyaingi Ibukota
Inilah 4 Jasa Tak Terlupakan yang Dilakukan Malaysia Kepada Bumi Pertiwi

1. Lokasi Tangga Menuju ‘Surga’

Tangga yang disebut-sebut sebagai the real “stairway to heaven” ini adalah tangga yang terletak di kepulauan Hawaii. Atau lebih tepatnya berada di pulau Oahu. Tangga yang memiliki sekitar 4.000 anak tangga ini merupakan tangga terpanjang di dunia. Dibangun sejak tahun 1943 saat terjadi perang dunia ke-2.

Pemandangan Stairway to Heaven Hawaii [image source]
Pemandangan Stairway to Heaven Hawaii [image source][image source]
Saat perang dunia ke-2, para tentara mengalami kesulitan saat melakukan komunikasi. Akhirnya dibangun tangga yang bernama Haiku Stairs ini. Dengan tangga ini komunikasi radio dapat berjalan dengan baik. Terutama untuk menyusun strategi perang untuk melawan musuh dalam posisi yang saling berjauhan.

2. Keindahan Tangga Yang Terletak di Atas Bukit

Tangga ini menjadi terkenal karena keindahan pemandangan dari atas bukit. Dari atas tangga dapat terlihat bukit-bukit hijau yang rimbun. Semua masih nampak asri dan alami. Matahari terbit dari pantai akan membuat warna langit menjadi kuning keemasan. Lalu secara perlahan-lahan akan menembus kabut-kabut yang telah tebal sejak pagi.

Stairway to Heaven di Dunia Nyata [image source]
Stairway to Heaven di Dunia Nyata [image source][image source]
Dari atas tangga kita juga bisa melihat gunung-gunung hijau berdiri tegak membawahi ribuan rumah di bawah. Pantai yang terlihat indah juga membuat orang yang berada di atas tangga akan betah berlama-lama. Mereka akan mengabadikan setiap momen yang ada karena keindahan dari atas surga akan sulit didapatkan di belahan dunia lainnya.

3. Perizinan dan Keselamatan di Atas Tangga

Tangga Haiku ini berada di ketinggian sekitar 800 meter dari permukaan air laut. Cuaca di atas sangat dingin. Bahkan terkadang muncul angin yang cukup kencang hingga bisa membuat orang akan terjatuh. Untuk itu, pendakian ke tangga ini ilegal, bahkan sangat dilarang. Namun begitu banyak beberapa orang tetap mendaki dan menghindari polisi yang sedang berjaga.

Stairway to Heaven Yang Sangat Indah [image source]
Stairway to Heaven Yang Sangat Indah [image source][image source]
Tangga ini jika pagi akan licin terkena embun. Terlebih sudah berumur sangat tua. Pihak otoritas Hawaii tidak mau sampai ada korban jiwa. Untuk itu segala akses ke tangga harus melalui izin. Dan seseorang akan mendapatkan izin mendaki ke tangga jika memiliki asuransi jiwa sebesar 1 juta dolar. Wow!

4. Akibat Hujan dan Angin Banyak Tangga yang Rusak

Beberapa minggu yang lalu (awal Juni 2015) terjadi cuaca buruk di pulau tempat tangga ini berada. Akibatnya beberapa bagian tangga terkena longsoran tanah dan rusak. Namun belum jelas bagian mana yang rusak, namun akibat hal ini akses ke tangga lebih diperketat dari hari-hari sebelumnya.

Stairway to Heaven Hawaii Rusak [image source]
Stairway to Heaven Hawaii Rusak [image source: IG: dgcpinoy]
Tangga Haiku ini adalah peninggalan zaman perang yang layak dilestarikan. Terlebih banyak sekali wisatawan dari berbagai penjuru dunia yang tertarik menaikinya. Dengan penambahan sistem keamanan sepertinya membuka tangga ini untuk tempat wisata akan membuat banyak sekali wisatawan pergi ke Hawaii.

Itulah tangga panjang yang terletak di perbukitan Oahu, Hawaii. Meski indah, ternyata menaiki tangga itu adalah tindakan yang ilegal. Bahkan bisa membuat kita kehilangan nyawa dengan instan. Boleh menjelajah alam tapi menjaga keselamatan diri tetap yang utama.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA