9 Tanda Ini Jadi Alarm Kalau Kamu Harus Segera Hengkang dari Pekerjaanmu Sekarang

Menemui salah satu dari 9 tanda ini? Kalau iya, mungkin saatnya bagimu untuk ucapkan selamat tinggal.

oleh Aisyah Putri
09:00 AM on Jun 12, 2017

Manusia tidak diwajibkan untuk bekerja di satu tempat terus menerus. Kamu boleh banget pindah kerja di tempat lain yang menurutmu bisa membuatmu lebih bahagia dan memiliki masa depan yang lebih baik.

Mungkin kamu berpikir apakah resign adalah pilihan yang tepat atau tidak. Nah, coba deh kamu perhatikan dirimu sendiri. Kalau kamu mengalami satu atau bahkan lebih pertanda yang disebutkan di bawah ini, itu berarti kamu memang seharusnya berhenti dari pekerjaanmu!

Baca Juga
Ini Lho 5 Resep Rahasia yang Bikin Puspa Dewi Awet Muda Bak ABG 20 Tahunan
4 Cara Jika Kamu Tidak Ingin Jadi Korban Saat Terjadi Anjlok ataupun Tabrakan Kereta

Setiap Pagi Kamu Merasa Malas Pergi ke Kantor

Ini masalah yang dialami oleh banyak orang sampai ada meme-nya! [Image Source]
Apakah saat bangun tidur kamu selalu terpikir untuk berpura-pura sakit sehingga bisa bolos kerja? Atau mungkin kamu menangis di pagi hari karena tidak ingin pergi bekerja sama sekali? Jika setiap hari kamu merasa tidak ada energi untuk melangkahkan kaki ke kantor, itu tandanya pekerjaanmu sangat menyiksa. Cari tahu apa yang membuatmu tersiksa dan cari solusinya. Jika tidak ada solusi, maka segeralah mengajukan pengunduran diri.

Kamu Merasa Terasingkan

Merasa diasingkan membuat produktivitas kamu menurun lho![Image Source]
Sebagai anak muda yang idealis, cukup wajar jika pendapatmu tidak pernah didengar oleh atasanmu. Namun jika rekan-rekan kerjamu juga tidak mau tahu atau bahkan menganggapmu aneh, berarti kantor itu memang tidak cocok untukmu. Lebih baik resign dan cari perusahaan yang membuatmu merasa diterima.

Kamu Bekerja Karena Terpaksa

Mau sampai kapan bekerja tanpa passion? [Image Source]
Katakanlah mimpimu adalah menjadi seorang pengacara, namun karena alasan tertentu kamu hanya bisa bekerja sebagai tenaga pemasar di perusahaan yang merekrutmu. Sementara itu, menjual produk bukanlah pekerjaan yang kamu suka. Ingatlah selalu ada pilihan untuk resign. Kamu tidak mungkin bekerja dengan terpaksa seperti itu selamanya.

Tidak Ada Waktu untuk Dirimu Sendiri

Me time cukup penting lho untuk menghilangkan stres [Image Source]
Mungkin kamu menikmati pekerjaan yang menyita banyak waktu, mungkin juga tidak. Seandainya kamu merasa kamu tidak pernah sempat untuk berkumpul bersama keluarga sehingga mereka tidak pernah mengundangmu ke acara keluarga, menonton film dengan teman-teman, atau bahkan makan dengan tenang, maka sudah sepatutnya kamu memikirkan opsi resign.

Pekerjaanmu Sangat Rutin dan Membosankan

Jika sudah bosan bekerja, pergi ke kantor hanya untuk memenuhi kewajiban saja [Image Source]
Sudah bekerja selama bertahun-tahun tapi kok pekerjaan yang kamu lakukan saat ini sama seperti hari pertama kamu masuk kerja ya? Kurangnya tantangan dalam bekerja membuat kita mudah bosan dan otak kita tidak berkembang menjadi lebih baik. Kecuali kamu memang ingin berada di zona nyaman selamanya, lebih baik kamu resign saja dari pekerjaan itu.

Tidak Ada Karir Untukmu

Tidak ada gunanya bekerja di perusahan yang tidak memberikan masa depan [Image Source]
Saat memulai kerja, biasanya kita berharap suatu hari nanti karir kita akan menanjak terus hingga puncak. Namun apa daya, kamu terperangkap dalam perusahaan dengan politik nepotisme yang tinggi. Jika kamu bukan orang yang sangat dekat dengan atasan, maka tidak ada kesempatan bagimu untuk naik jabatan sebagus apapun usahamu. Jika sudah melihat tanda-tanda tidak ada masa depan untukmu, sebaiknya kamu segera hengkang daripada makan ati.

Keuangan Perusahaan Tidak Stabil

Jangan nunggu perusahaan bangkrut dan melakukan PHK! [Image Source]
Lebih baik melompat dari kapal yang akan tenggelam sebelum terjebak di dalamnya dan mati. Jika perusahaan terus menerus mengalami penurunan kinerja, tidak ada salahnya jika kamu bergegas keluar dan mencari perusahaan yang lebih stabil.

Kamu Berubah Menjadi Orang yang Negatif

Lingkungan buruk bisa memaksamu menjadi manusia bermuka dua lho [Image Source]
Sebelum masuk ke perusahaan, kamu adalah orang yang selalu optimis dan tidak pernah berprasangka buruk pada orang lain. Kamu juga selalu berpakaian rapi dan berdandan. Namun setelah sekian lama bekerja, kamu mulai ikutan menggosip dan mudah menuduh orang. Selain itu, kamu juga mulai mengabaikan penampilanmu dan berubah menjadi manusia yang tidak menarik. Daripada kamu menjadi orang yang lebih buruk lagi, lebih baik kamu pindah ke perusahaan dengan lingkungan yang lebih positif.

Kondisi Tubuhmu Berubah karena Stres

Jangan korbankan kesehatanmu demi pekerjaan yang tidak membuatmu bahagia [Image Source]
Stres bisa berakibat buruk pada tubuh. Cara paling mudah mendeteksi kamu stres berat adalah dengan melihat adanya perubahan berat badan baik itu menurun ataupun naik tanpa diet. Nafsu makanmu pun bisa berkurang ataupun bertambah gila-gilaan. Pekerjaan tidak boleh sampai mempengaruhi kesehatanmu. Lebih baik mencari pekerjaan dengan tingkat stres yang lebih bisa kamu atasi.

Membangun karir memang penting, namun jangan sampai kita menukarnya dengan kebahagiaan atau kesehatan. Berhenti bekerja bukanlah akhir dari kehidupanmu. Kamu bisa memulainya lagi di tempat yang lebih baik.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA