Bukan Sekedar Hiasan, 6 Tanaman Cantik Ini Dipercaya Bisa Tangkal Santet

oleh Sastranagari
09:50 AM on Jan 12, 2017

Semua makhluk hidup yang telah diciptakan memiliki peranan masing-masing. Seperti manusia yang mempunyai tugas menjadi khalifah di muka bumi, tumbuhan pun mempunyai peranan yang penting di dunia ini. Tanpa mereka mungkin kehidupan di bumi ini tak akan berjalan lancar.

Pepohonan misalnya, memproduksi oksigen yang menyokong kehidupan manusia. Sayur-sayuran bisa kita manfaatkan sebagai bahan makanan dan nutrisi bagi tubuh. Bunga-bunga mempercantik lingkungan sekitar dan memanjakan mata.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Selain fungsi-fungsi tersebut, ternyata ada lho tumbuhan yang mampu menangkal ilmu hitam atau santet. Daun kelor misalnya, tumbuhan ini dipercaya dapat meluluhkan susuk dan ilmu hitam yang dikuasai seseorang. Nggak cuma daun kelor saja yang mempunyai kekuatan super tersebut. Tanaman-tanaman berikut ini juga dipercaya bisa menghalau santet.

1. Bunga Mawar

Bunga mawar [image source]
Bunga berwarna merah yang kerap diasosiasikan dengan cinta ini tak hanya cantik, tapi juga mampu menangkal ilmu hitam. Bunga mawar dipercaya bisa menyerap energi negatif yang ada di sekitar tempat tinggal. Energi negatif tersebut kemudian disalurkan ke dalam tanah untuk dinetralisir. Karena itulah kamu perlu hati-hati, haram hukumnya menginjak tanah tempat bunga mawar tumbuh. Jika sampai terinjak, percuma deh! Energi negatif yang sudah disimpan akan keluar lagi.

2. Bunga Matahari

Bunga matahari [image source]
Bentuk bunga matahari yang unik memang sedap dipandang. Di dalam bunga ini terdapat biji yang bisa dimanfaatkan. Biji bunga matahari atau kuaci biasa dikonsumsi dan untuk pakan burung. Masyarakat Jawa percaya, bahwa bunga matahari memiliki kekuatan untuk menghalau energi negatif. Jadi, energi negatif seperti santet yang dialamatkan ke rumahmu bakalan mental. Bunga matahari juga dipercaya dapat menghalau gangguan makhluk halus.

3. Bunga Kenanga

Bunga kenanga memang identik dengan hal-hal yang berbau mistis. Biasanya kita membawa bunga kenanga saat nyekar ke makam orang yang sudah meninggal. Bunga dengan bentuk bintang laut ini juga memiliki segudang manfaat bagi manusia.

Bunga kenanga [image source]
Baunya yang harum dijadikan aromaterapi di rumah. Menanam bunga kenanga di sekitar rumah juga dipercaya bisa menghalau energi negatif. Kalau kamu punya pekarangan rumah yang luas, coba deh tanam bunga kenanga. Para spiritualis percaya bahwa bunga kenanga mempunyai kekuatan yang luar biasa dalam menangkal santet.

4. Kembang sepatu

Semasa kecil kamu pasti pernah mainan hidung pinokio dengan bunga ini, kan? Ya, kembang sepatu atau yang juga dikenal dengan sebutan ‘Mawar dari Tiongkok’ ini memang tanaman yang mudah dijumpai di lingkungan sekitar. Warna dan bentuknya yang cantik semakin memperindah taman kita.

Kembang sepatu [image source]
Bagian Daun dan akar kembang sepatu mengandung antioksidan yang tinggi, sehingga dapat digunakan untuk mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh. Masyarakat Cina dan beberapa orang juga percaya kalau kembang sepatu memiliki kekuatan untuk menangkal imu hitam. Mereka percaya bahwa kembang sepatu mampu menolak bala, kesialan, dan santet.

5. Kaktus

Pernah mendapat souvenir pernikahan berupa kaktus? Mungkin sang pengantin menyampaikan rasa terima kasih, sekaligus mendoakan kita agar memiliki banyak rejeki lewat pemberian berupa kaktus. Ya, selain indah dan memiliki bentuk yang lucu, kaktus dipercaya dapat menangkal santet dan mengundang rejeki. Nahm mulai tertarik pelihara kaktus?

Kaktus [image source]
Namun, ada sedikit tips agar kaktus bisa dengan efektif menangkal santet dan mengundang rejeki. Kaktus bisa kamu letakkan di mana saja di sekitar rumahmu. Bisa di depan, belakang, atau samping rumah, tapi nggak dianjurkan untuk meletakkan kaktus di dalam rumah. Meletakkan kaktus di dalam rumah dianggap bisa melemahkan kekuatan penangkal ilmu hitam yang dimilikinya.

6. Bambu Kuning

Bambu kuning [image source]
Masih ingat dengan isu keberadaan ninja yang meresahkan warga beberapa tahun silam? Masyarakat menggunakan bambu kuning sebagai senjata untuk berperang melawan ninja. Mengapa bambu kuning? Ternyata bambu kuning memang dipercaya dapat mengusir kekuatan jahat. Bahkan beberapa orang percaya kalau bambu kuning bisa menggagalkan niat jahat para rampok dan maling.

Mendengar kata santet, sudah cukup membuat kita bergidik ngeri. Terlepas dari benar tidaknya kekuatan super tanaman tersebut, satu hal yang pasti bisa melindungi kita dari gangguan ilmu hitam tersebut, yaitu selalu berdoa dan menjaga perbuatan. Dengan berdoa, kita memohon perlindungan Tuhan. Menjaga perbuatan membuat kita disukai orang lain dan memiliki sedikit musuh.

 

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA