5 Tanaman Berbahaya ini Bisa Membuat Kamu Mengalami Halusinasi

oleh Adi Nugroho
16:53 PM on Mar 24, 2016

Beberapa tanaman di dunia ini memiliki beberapa zat kimia dalam tubuhnya untuk mekanisme pertahanannya. Makhluk apa saja yang mendekat dan mengonsumsi tumbuhan ini akan terkena dampak secara langsung. Zat kimia itu akan masuk ke dalam tubuh lalu bergerak dan menyerang otak hingga akhirnya menyebabkan adanya gejala halusinasi. Jika parah, otak akan mengalami kerusakan hingga sistem saraf tak bekerja dengan maksimal.

Mirisnya, beberapa tanaman berbahaya ini banyak digunakan untuk pengobatan tradisional. Bahkan diolah menjadi salah satu obat terlarang karena memberi efek euforia yang hebat. Inilah lima tanaman berbahaya yang bisa membuatmu halusinasi.

Baca Juga
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala
Disebut Perompak oleh Mantan PM Malaysia, Justru Inilah Fakta Suku Bugis Seorang Pelaut Handal

1. Bunga Poppy (Pappver somniferum)

Bunga Poppy atau sering disebut dengan Opium Poppy adalah tanaman yang asli dari Turki. Biasanya tanaman ini ditanam di taman-taman karena memiliki warna bunga yang sangat Indah. Sayangnya, Bunga Poppy merupakan bahan yang bisa digunakan untuk membuat narkoba jenis morfin, codein, dan heroin.

Bunga Poppy [image source]
Bunga Poppy [image source]
Pembuatan bahan berbahaya di atas biasanya dilakukan dengan membelah biji yang belum matang. Dari sana akan muncul semacam lendir mirip susu kental manis. Lendir ini akan digunakan sebagai bahan baku obat berbahaya. Kandungan zat kimia dalam Bunga Poppy ini mampu menghilangkan rasa sakit, mengurangi gugup dan mengembalikan mood. Penggunaan yang berlebihan akan menyebabkan halusinasi dan memengaruhi saraf di otak.

2. Cannabis (Cannabis sativa)

Cannabis adalah nama lain dari Marijuana. Sebuah tanaman dengan daun menjari dan bergerigi yang dianggap ilegal di berbagai negara. Tanaman ini mengandung tertrahydrocannbiol yang mampu memberikan efek buruk pada manusia. Pengguna biasa mengalami gejala halusinasi ringan hingga mengalami kegugupan, depresi, dan paranoid.

Marijuana [image source]
Marijuana [image source]
Di beberapa kebudayaan dunia seperti di India dan Afrika, tanaman ini digunakan sebagai ritual. Banyak orang akan menggunakannya sebagai rokok lalu mabuk bersama-sama. Di Inggris atau Amerika, banyak orang mengembangbiakkan Marijuana ini di dalam rumah. Mereka membuat semacam media indoor agar tidak berurusan dengan kepolisian.

3. Salvia (Salvia divinorum)

Salvia adalah tanaman yang masih satu kerabat dengan tanaman mint dan juga kemangi. Tanaman ini banyak dipakai oleh orang-orang asli Meksiko sebagai salah satu halusionogen. Bahkan di masa lalu banyak sekali dukun yang menggunakannya agar bisa terhubung dengan alam roh. (Sebenarnya gara-gara mengalami halusinasi hingga kerap mendengar bisikan-bisikan gaib.)

Salvia [image source]
Salvia [image source]
Saat ini Salvia dianggap legal di Amerika dan juga Inggris. Orang boleh menanamnya serta menggunakannya sesuai dengan kebutuhan. Awalnya Salvia tak begitu dikenal oleh khalayak banyak. Namun setelah Miley Cyrus terbukti menggunakannya jadi banyak orang penasaran dengan efek Saliva. Konon tanaman ini mampu memperbaiki mood, penglihatan dan membuat perasaan jadi lebih baik. Dosis tinggi dari tanaman ini dapat menyebabkan halusinasi.

4. Peyote (Lophophora williamsii)

Peyote adalah tanaman salah satu kaktus yang bisa memberikan efek halusinasi pada manusia. Kaktus ini hanya ditemukan di Gurun Cihuahuan yang terletak di Texas, Amerika. Kaktus ini memiliki bentuk yang sangat kecil, bulat dan di bagian terdapat semacam serabut yang disebut mescal button. Bagian ini sering sekali dikeringkan dan digunakan untuk memberi efek halusinasi.

Peyote [image source]
Peyote [image source]
Individu yang mengonsumsi Peyote akan langsung mengalami pergantian mood, bahkan kepribadian bisa berubah dengan drastis. Kemampuan paling mengerikan dari tanaman ini adalah memberikan efek halusinasi yang parah. Bahkan bisa membuat seseorang mengalami mual, muntah, hingga kehilangan kemampuan untuk mendengar. Di masa lalu, penduduk Amerika pribumi kerap menggunakannya sebagai bagian dari ritual.

5. Ayahuasca (Banisteriopsos caapi)

Ayahuasca adalah tanaman rambat asli Amerika Selatan. Tanaman ini banyak sekali ditemui di Hutan Amazon yang sangat lebat. Sejak zaman dahulu kala, tanaman ini banyak dimanfaatkan oleh suku-suku asli dari Amazon sebagai bahan ritual. Mereka beranggapan jika mengonsumsi tanaman ini akan memberikan efek spiritual yang sangat kuat.

Ayahuasca [image source]
Ayahuasca [image source]
Biasanya Ayahuasca banyak digunakan sebagai campuran untuk minuman. Setelah mengonsumsi minuman ini, seseorang akan mengalami sensasi lahir kembali. Namun beberapa orang justru mengalami gejala muntah dan diare parah hingga menyebabkan tubuh menjadi semakin lemah. Jika ini terjadi dukun setempat akan menganggapnya sebagai kutukan.

Inilah lima tanaman berbahaya yang bisa memberikan efek halusinasi yang cukup parah. Bahkan jika seseorang terus mengonsumsinya, jaringan saraf tubuh akan mengalami gangguan hingga kemungkinan kematian bisa terjadi. Di Indonesia

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA