in

Miris! 5 Tambang Besar Milik Indonesia ini Justru Dikuasai Asing

tambang di Indonesia

Sesuai dengan Pasal 33 UUD 1945, kekayaan alam yang ada di Indonesia dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk kesejahteraan rakyat. Sayangnya kekayaan alam yang ada di Indonesia tak semuanya dimanfaatkan untuk kepentingan rakyat.

Baca Juga : Miris! 5 Tambang Besar Milik Indonesia ini Justru Dikuasai Asing

Bahkan hampir semua kekayaan alam yang berupa tambah justru dikuasai oleh asing. Lantas kenapa Indonesia hanya diam saja? Well, 5 tambang besar milik Indonesia ini menjadi bukti jika penduduk asing justru menjadi penguasa. Indonesia hanya jadi penonton yang tak bisa apa-apa.

1. Tambang Emas di Papua

Papua memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Setidaknya di dalam bumi Papua terkandung berton-ton emas murni yang akhirnya dikeruk ke permukaan. Indonesia tidak bisa melakukannya hingga Freeport mengambil alih sejak tahun 60-an. Selama 50 tahun lebih, Freeport terus mengambil keuntungan yang tak ada habisnya sementara Indonesia hanya bisa melongo.

Tambang Emas di Papua [image source]
Tambang Emas di Papua [image source]
Coba kita tengok masyarakat Papua saat ini. Kehidupan mereka benar-benar mengenaskan. Bisa dibilang Papua adalah daerah Indonesia yang paling tak tersentuh pemerintah. Namun pengorbanan yang mereka lakukan sangat banyak. Tergusur dari hutan yang jadi tempat tinggal hingga harus hidup dengan serba kekurangan. Lantas di mana nurani pemerintah kita melihat hal ini?

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

‘Alay’ Merambah Luar Negeri, Segininya Ribuan Orang Rela Antri Demi Batu Ini

5 Hal ini Menjadi Alasan Kenapa Surga Memang Lebih Pantas Berada di Telapak Kaki Ibu