Eksotisme Alam Indonesia Dapat Kita Kunjungi di 5 Taman Nasional Ini!

oleh Rahma Muliani
07:00 AM on Oct 14, 2015

Keindahan alam Indonesia memang bisa menjadi salah satu surganya para traveller, baik traveller dari dalam maupun luar negeri. Setiap sudut di tanah air kita tercinta ini selalu tersimpan keindahan yang luar biasa, mulai dari bukit, gunung, air terjun, pantai, pulau, taman-taman nasional dan masih banyak lagi.

Berbicara soal taman nasional, itu adalah sebuah kawasan yang dilindungi dan di dalamnya terdapat flora dan fauna yang juga dilindungi. Di Indonesia ini, ada banyak sekali taman nasional yang rasanya akan sayang sekali jika kamu tidak pernah mengunjungi salah satu di antaranya. Berikut daftarnya :

Baca Juga
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala

1. Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser berlokasi di dua provinsi di Indonesia, yakni provinsi Aceh dan provinsi Sumatera Utara. Taman ini menjadi tempat konservasi hewan seperti Orangutan Sumatera, Badak Sumatera, Harimau Sumatera, Gajah Sumatera, Beruang Madu dan juga Siamang.

Satwa di Taman Nasional Gunung Leuser
Satwa di Taman Nasional Gunung Leuser [imagesource]
Jika travelling ke sini, kita akan diajak untuk menelusuri lebatnya hutan. Letih yang dirasakan akan terbayar saat kita menemukan sungai dan air terjun yang sangat jernih. Jika beruntung, saat di perjalanan kita bisa bertemu dengan hewan-hewan yang dilindungi di Taman Nasional Gunung Leuser ini.

2. Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas berada di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur. Tempat ini berdiri pada tahun 1985 dan merupakan sekolah gajah pertama di Indonesia. Sampai saat ini, sudah lebih dari 200 gajah yang telah dijinakkan dan dilatih di taman ini.

Gajah di Taman Nasional Way Kambas
Gajah di Taman Nasional Way Kambas [imagesource]
Sekarang tidak hanya gajah yang di lindungi di sini, ada hewan lain seperti Badak Sumatera, Harimau Sumatera, Buaya Sepit dan Mentok Rimba. Pemandangan seru lainnya juga dapat kita temui di bagian pesisir, yakni berbagai jenis burung seperti Bangau Tongtong, Sempidan Biru, Kuau Raja dan masih banyak lagi.

3. Taman Nasional Ujung Kulon

Taman nasional yang berada di  Tatar Pasundan, bagian barat Pulau Jawa ini merupakan taman nasional yang pertama di resmikan di Indonesia. Oleh UNESCO, tempat ini telah dinobatkan sebagai Warisan Dunia yang dilindungi sejak tahun 1991 lalu.

Badak Jawa di Taman Nasional Ujung Kulon
Badak Jawa di Taman Nasional Ujung Kulon [imagesource]
Salah satu hewan yang dilindungi di Taman Nasional Ujung Kulon adalah Badak Jawa. Populasinya diperkirakan ada sebanyak 50 hingga 60 ekor. Taman nasional ini juga merupakan satu-satunya tempat di mana Badak Jawa dapat berkembang biak secara alami.

4. Taman Nasional Baluran

Taman nasional yang tak kalah indahnya ini berlokasi di wilayah Banyuputih, Situbondo dan Wongsorejo,  Banyuwangi. Di taman ini terdapat pemandangan padang rumput yang sangat luas, bahkan terluas di Pulau Jawa. Padang rumput itu dikenal dengan sebutan ‘Savana Bekol’.

Hamparan Padang Rumput di Taman Nasional Baluran
Hamparan Padang Rumput di Taman Nasional Baluran [imagesource]
Dalam taman ini terdapat 400 lebih jenis tumbuhan, yang di antaranya merupakan tumbuhan yang mampu hidup di kondisi yang sangat kering. Hewan yang dilindungi di Taman Nasional Baluran ini juga tak kalah banyaknya, tetapi yang paling dikenal adalah hewan Banteng.

5. Taman Nasional Tanjung Puting

Kalau taman nasional yang satu ini letaknya berada di semenanjung barat daya Provinsi Kalimantan Tengah. Tempat ini merupakan pusat lokasi rehabilitasi orang hutan pertama di Indonesia. Lokasi perehabilitasinya terdapat di tiga tempat, yakni Tanjung Harapan, Camp Leake dan Pondok Tanggui.

Taman Nasional Tanjung Puting, Tempat Perehabilitasian Orangutan Pertama
Taman Nasional Tanjung Puting, Tempat Perehabilitasian Orangutan Pertama [imagesource]
Di sinilah kita bisa bertemu langsung dengan Orangutan Kalimantan asli. Ciri khas Orangutan Kalimantan itu warna bulunya kemerah-merahan dan tidak memiliki ekor. Jadi, tertarikkah untuk bermain bersama hewan bertubuh besar dan berbulu ini? Pasti akan menjadi pengalaman tak terlupakan nih.

Jadi gimana readers? Tertarik untuk bertravelling ke tempat yang tak terlupakan? Berhubung ini merupakan tempat yang dilindungi, pastikan kamu tidak berbuat yang aneh-aneh yaa, seperti merusak keindahan, memburu satwa ataupun membuang sampah sembarangan. 🙂

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA