7 Film Ini Bisa Membuatmu Takut Untuk Menggunakan Obat Terlarang!

oleh Adi Nugroho
15:00 PM on Oct 17, 2015

Obat terlarang adalah jenis obat yang jika digunakan akan memberikan efek yang buruk secara perlahan-lahan. Meski demikian, secara langsung, obat terlarang ini akan memberikan efek yang bisa dibilang menyenangkan. Misal rasa tenang, rasa percaya diri, hingga nge-fly seperti sedang bergerak ke langit ketujuh.

Sekali pakai obat terlarang, tubuh akan mulai rusak secara perlahan-lahan. Bahkan mental dan kesehatan jiwa bisa terganggu secara perlahan-lahan. Mengetahui hal ini, beberapa sineas besar dunia akhirnya membuat film yang menggambarkan kengerian pemakaian obat terlarang. Dengan hanya melihat film-film ini saja, kita akan merasa takut, bahkan enggan untuk berpikiran untuk memakainya.

Baca Juga
Tak Banyak yang Tahu, Inilah Aksi Hebat Kepolisian Indonesia yang Begitu Disegani di Dunia
6 Cara Ini Bisa Dipakai Agar Tragedi ‘Panjat Pinang Maut’ Tak Terjadi Lagi

Well, inilah tujuh film yang bisa membuat orang ketakutan dengan obat terlarang!

1. Requiem for a Dream (2000)

Requiem for a Dream adalah film yang sangat cocok ditonton oleh semua orang. Terutama bagi mereka yang yang ingin mengedukasi masalah obat terlarang atau narkoba. Film ini mengisahkan tentang sekelompok teman yang awalnya hidup bahagia dengan “benda haram” berupa heroin. Bahkan sampai kecanduan dan susah untuk melepaskannya.

Lambat laun apa yang membuat mereka bahagia itu mulai berulah. Heroin membuat mereka jadi orang yang berbeda. Bahkan banyak melakukan kekerasan yang mengerikan. Banyak sekali adegan super miris yang membuat kita sebagai penonton hanya geleng kepala. Film ini memperlihatkan jika menggunakan benda haram itu hanya membuat orang jadi menderita.

2. The Basketball Diaries (1995)

Leonardo DiCaprio berperan apik dalam film yang mengadaptasi kisah hidup Jim Caroll pada tahun 1960-an. Leonardo berperan menjadi Caroll yang memiliki hidup sangat menderita. Ia memiliki pelatih yang sangat kejam. Beberapa temannya meninggal dunia dan juga beberapa teman yang membuat jadi kecanduan heroin.

Film ini mengisahkan jika menggunakan obat terlarang hanya akan membuat hidup jadi susah. Bahkan tidak ada bahagianya sama sekali. Sepanjang hari hanya ada obsesi menggunakan barang haram itu atau tindak kekerasan lainnya. Leonardo akan membuat kita semua tidak mau menyentuh benda haram ini.

3. Trainspotting (1996)

Banyak orang mengatakan jika film ini adalah drama komedi. Karena beberapa bagian dari film memang lumayan jenaka. Namun sebenarnya film ini juga sangat mengerikan jika dilihat dari sudut pandang yang lain. Trainspotting berkisah tentang sekelompok orang yang kecanduan heroin di Edinburgh, Skotlandia. Tokoh utama dari kisah ini adalah Mark Renton yang bertahan hidup di dunia yang serba mengerikan ini.

Seiring berjalannya waktu, akan ditunjukkan bahaya dari heroin yang mematikan. Misal bayi yang mati akibat orang tuanya pecandu, orang yang mati karena HIV, dan beberapa kejadian tak manusiawi lainnya. Heroin ditunjukkan sebagai monster yang awalnya nampak lucu tapi berakhir dengan mematikan.

4. Drugstore Cowboy (1989)

Drugstore Cowboy mengisahkan tentang Bob yang diperankan oleh Matt Dilon. Ia adalah seorang pecandu obat yang sangat parah. Hal ini menyebabkan ia dan juga kekasihnya kerap merampok toko obat untuk mendapatkan apa saja yang mereka inginkan. Ketika temannya overdosis, Bob berencana mengakhiri aksinya. Namun temannya justru gantian merampoknya dan menembaknya di apartemen.

Cerita ini berdasarkan otobiografi dari James Fogle. Ia mengawali kariernya sebagai seorang kriminal di Wisconsin. Akhirnya ia dipenjara setelah beberapa kali melakukan kejahatan saat muda. Semuanya diakibatkan oleh obat terlarang!

5. Blow (2001)

Film yang diperankan oleh Johnny Depp ini tidak mengisahkan tentang pengguna narkoba yang kecanduan. Tapi tentang bandar kokain yang mampu menjual banyak barang haram itu hingga mendapatkan keuntungan yang berlipat. Blow mengisahkan tentang perdagangan kokain di Amerika yang terjadi antara tahun 70-an hingga 80-an.

Dalam kisahnya, Jung yang diperankan oleh Johnnya Depp harus rela hidup dengan sengsara. Ia beberapa kali harus hidup di penjara. Kehilangan banyak uang dan yang paling miris adalah ia harus kehilangan istri dan anak gadisnya. Semua karena obat terlarang!

6. Sid and Nancy (1986)

Sid And Nancy adalah sebuah film yang mengisahkan Sid Vicious dan Nancy Spungen. Sid Vicius adalah seorang basis dari The Sex Pistols, band punk terkenal di era tahun 70-an. Sid dan Nancy mengalami kecanduan heroin hingga membuat grup band jadi bubar, bahkan sampai ada kematian akibat barang haram yang selayaknya tak dipakai.

Film otobiografi ini menunjukkan pengaruh heroin yang mengerikan. Perlahan-lahan kehidupan Sid dan Nancy jadi berantakan. Setiap kali mengalami sakau keadaan tubuh mereka jadi semakin buruk. Melihat ini akan membuat semakin takut dengan benda haram yang bisa membunuh kita sewaktu-waktu itu.

7. A Scanner Darkly (2006)

A Scanner Darkly adalah sebuah film distopian yang mengisahkan masa depan Amerika. Uniknya, film ini digambarkan dalam animasi yang cukup memikat. Meski demikian keseluruhan cerita mampu ditangkap dengan baik. Bahkan rasa frustrasi para pecandu obat  terlarang mampu membuat kita semua tak tahan.

Film ini mengisahkan tentang sebagian besar populasi manusia di Amerika mengalami kecanduan obat halusinogen. Obat ini membuat banyak kekacauan hingga Amerika seperti kota yang hancur. Kekerasan banyak terjadi hingga menyebabkan banyak orang meninggal dunia. Akting Keanu Reeves, dan Robert Downy Jr. Akan membuat anda semakin yakin bahaya paten dari obat terlarang.

Semoga setelah melihat film di atas, kita jadi semakin yakin akan bahaya obat terlarang. Benda haram itu hanyalah sebuah ilusi yang bisa membuat kita senang. Tapi side effect jauh lebih besar dan mengerikan. Bukannya menjadi hebat kita malah semakin keok. Tubuh rusak, pikiran kacau, dan berpotensi dipenjara. Stay away from drugs, ya!

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA