10 Takjil Enak Khas Indonesia yang Bikin Kamu Seger Seketika!

oleh Adi Nugroho
07:37 AM on Jun 21, 2015

Takjil adalah makanan atau pun minuman yang sangat khas di bulan puasa. Makanan atau minuman ini memiliki rasa yang cenderung manis. Biasanya takjil dimakan sebagai pembuka saat kita menyelesaikan ibadah puasa. Setelah itu kita bisa beribadah sholat baru melanjutkan berbuka puasa yang sebenarnya.

salad-buah

Baca Juga
Mengenal Bolu Batik, Kue Khas Indonesia yang Digilai di Singapura tapi Sepi Peminat di Negara Sendiri
5 Kuliner Pedas di Yogyakarta Ini Bakal Membuatmu Rela Antri Berjam-Jam untuk Menikmatinya

Beberapa makanan dan minuman ini biasanya hanya muncul saat puasa saja. Hal ini menjadikannya sangat khas dan diburu banyak orang. Apa sajakah makan dan minuman takjil yang ada di Indonesia. Yuk, kita simak bersama-sama.

1. Samosa

Samosa sebenarnya adalah makanan khas Timur Tengah. Makanan ini mirip sekali dengan pastel, namun berbetuk segitiga. Isian dari adonan samosa berupa kentang rebus dengan bumbu rempah-rempah. Biasanya isian juga ditambahkan dengan kacang kapri, bawang bombai, dan daun ketumbar. Selain itu, terkadang ditambahkan daging di dalam samosa untuk membuat kudapan ini jauh lebih nikmat.

Samosa [image source]
Samosa [image source]
Samosa biasanya disajikan dengan saus hijau yang terbuat dari daun ketumbar. Kalau ingin rasa pedas yang lebih nikmat, ya tinggal dicocol sambel. Penganan khas Timur Tengah ini banyak ditemukan di daerah Ampel, Surabaya. Saat bulan puasa, ada banyak sekali penjual yang menjajakannya sebagai penganan alternatif takjil yang biasanya cenderung memiliki rasa manis.

2. Pukis Arab

Sajian khas timur tengah lagi-lagi hadir di Ampel, Surabaya. Kali ini memiliki nama Pukis Arab. Penganan yang masuk dalam kategori ini hanya ada saat bulan puasa tiba. Di hari biasa akan sulit mendapatkan pukis arab, kalau pun ada akan sulit ditemukan.

Pukis Arab [image source]
Pukis Arab [image source]
Secara kasat mata, kue ini tidak begitu mirip dengan pukis kebanyakan. Bentuknya sangat besar, sebesar kepalan tangan orang dewasa. Beberapa bagian dari kue nampak gosong karena dibuat dengan mengoven agak lama. Namun justru bagian gosong inilah yang menjadi daya tariknya. Memakan satu pukis arab akan membuat anda langsung kenyang seketika.

3. Pakat Rotan

Pakat Rotan adalah sajian takjil unik yang berasal dari Sumatra Utara. Pakat Rotan adalah cemilan yang terbuat dari batang rotan. Yap, benar! Batang rotan  yang biasanya digunakan sebagai barang kerajinan. Namun rotan yang digunakan adalah yang masih muda sehingga bagian dalamnya masih empuk.

Pakat Rotan [image source]
Pakat Rotan [image source]
Rotan-rotan muda ini akan dibakar di atas api selama kurang lebih sejam. Setelah itu rotan akan dikuliti dan diambil dalamnya yang berwarna putih. Setelah itu bagian dalam yang putih akan dipotong-potong kecil dan siap dimakan menggunakan sambal atau santan. Tertarik makan rotan?

4. Jongkong Kelapa Muda

Jongkong adalah penganan manis yang sering ada sebagai takjil di bulan puasa. Jongkong memiliki rasa sangat manis. Jongkong terbuat dari tepung beras dan saku dan diberi sedikit daun suji untuk menambah warna dan aroma yang khas.

JOngkong Kelapa Muda [image source]
Jongkong Kelapa Muda [image source]
Jongkong biasanya disajikan dengan kuah yang terbuat dari santan kelapa dan lelehan gula jawa yang manis. Sebagai pelengkap, akan ditambahkan serutan kelapa muda, dan nangka. Jongkong sangat nikmat disajikan saat hangat.

5. Lemang Bambu

Lemang adalah makanan khas dari Aceh dan beberapa daerah di sekitarnya. Lemang dibuat dari ketan yang dimasak dalam ruas-ruas bambu. Sebelumnya, bambu dilapisi daun pisang muda agar mudah saat mengeluarkan lemang yang matang dari dalam bambu.

Lemang Bambu [image source]
Lemang Bambu [image source]
Banyak cara yang bisa digunakan saat mengkonsumsi lemang. Cara pertama adalah dikonsumsi dengan saus manis yang dibuat dari selai, kinca, dan srikaya. Selanjutnya cara asin, yaitu dikonsumsi menggunakan rendang, telur dan lauk pauk lainnya. Selain itu lemang juga bisa dikonsumsi menggunakan buah seperti durian.

6. Es Goyobod

Minuman serupa es campur ini sangat khas di Bandung. Terlebih saat bulan puasa. Ada banyak sekali pedagang yang menjajakan es yang paling dicari seluruh warga Bandung. Seperti es campur kebanyakan, Es Goyobod berbahan dasar santan kelapa. Setelah itu santan diberi es serut dan gula cair sebagai pemberi rasa manis. Biasanya gula cair ini berwarna merah dan sangat terlihat menggoda.

Es Goyobod [image source]
Es Goyobod [image source]
Sebagai tambahan isi, biasanya es goyobod dicampur dengan sari pati kacang hijau yang sebelumnya dibekukan. Kita lebih sering menyebutnya hunkwe. Setelah itu sebagai penambah warna dan rasa parutan kelapa muda dan alpukat ditambahkan. Es ini sangat cocok diminum saat berbuka karena memberikan rasa segar dan manis yang pas.

7. Serabi

Serabi atau surabi adalah makanan ringan khas Bandung. Namun beberapa daerah seperti Solo memiliki versi serabi sendiri yang lebih khas. Namun secara garis besar, serabi dibuat dari tepung yang dicampur dengan santan kelapa. Terkadang ditambah parutan kelapa muda yang akan memberikan tekstur.

Serabi [image source]
Serabi [image source]
Serabi biasanya disajikan kering dan menggunakan kuah. Serabi kering biasanya diberi toping daging, oncom atau keju. Serabi kuah biasanya diberi kuah santan dan sirup manis dari larutan gula kelapa.

8. Colenak

Colenak adalah kudapan yang terbuat dari tape singkong. Tape singkong ini dibakar di atas api hingga matang. Setelah itu tape bakar ini diberi guyuran gula jawa cair yang dicampur serutan kelapa muda. Setelah itu disajikan hangat-hangat sebagai teman berbuka puasa.

Colenak [image source]
Colenak [image source]
Penganan ini dikenalkan pertama kali oleh Aki Murdi pada tahun 1930. Colenak merupakan singkatan dari “dicocol enak”. Daya tarik dari colenak adalah bagian gosong tape saat dibakar. Menurut para penikmat colenak, bagian gosong ini adalah yang terenak.

9. Es Pisang Hijau

Es Pisang Hijau adalah makanan khas dari Sulawesi Utara, terutama di daerah Makassar. Bagian terpenting dari es pisang hijau adalah pisang yang dibungkus adonan berwarna hijau. Setelah itu pisang yang dibalut adonan akan dikukus. Setelah matang pisang akan dipotong kecil-kecil dan disajikan dengan es.

Es Pisang Hijau [image source]
Es Pisang Hijau [image source]
Biasanya penyajian pisang hijau menggunakan santan kental. Setelah itu diberi semacam bubur sumsum putih. Untuk pemanis diberi sirup warna merah. Es pisang hijau bisa ditemukan di hampir seluruh daerah di Indonesia. Dan cocok untuk sajian berbuka puasa yang manis juga mengenyangkan.

10. Es Kacang Merah

Es Kacang Merah adalah sajian lain yang tepat disajikan sebagai teman berbuka puasa. Bahan utamanya adalah kacang merah yang dimasak hingga memiliki tekstur yang sangat empuk. Kacang merah dikenal memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Memakan es kacang merah akan mengembalikan tenaga secara instan sebelum melakukan ibadah lainnya.

Es Kacang Merah [image source]
Es Kacang Merah [image source]
Es kacang merah disajikan menggunakan serutan es. Setelah itu diberi guyuran sirup serta santan yang sangat kental. Setelah itu es kita aduk hingga merata dan siap disajikan selagi masih dingin dan es belum sepenuhnya mencair. Tertarik mencoba?

Itulah beberapa daftar takjil yang umum kita temui di kala bulan puasa. Beberapa dapat kita temui di bulan biasa, namun beberapa hanya ada saat bulan puasa tiba. So, ingin berbuka dengan takjil apa anda hari ini?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA