in

5 Takhayul Paling Aneh di Dunia yang Bikin Kamu Mengernyitkan Dahi

Jangan duduk di depan pintu nanti susah jodoh, atau kalau nyapu yang bersih biar suaminya tidak brewokan, hal-hal seperti ini mungkin masih sering kamu dengar. Bahkan di era robot sudah mau eksis, sebagian orang masih percaya dengan takhayul yang biasanya dikatakan orangtua itu.

Ternyata tidak hanya di Indonesia saja lho. Hal-hal yang berbau tidak logis dan takhayul seperti ini juga ada di berbagai negara. Berikut ulasannya.

1. Injak Kotoran Anjing Dengan Kaki Kirimu

Takhayul lama ini masih dipercaya beberapa orang di Perancis. Mereka yakin ketika tidak sengaja menginjak kotoran anjing dengan kaki kiri, maka seseorang akan mendapatkan keberuntungan luar biasa. Begitu pula sebaliknya, begitu tahu kotoran anjing nempel di kaki kanan, siap-siap mendapatkan kesialan bertubi-tubi.

Menginjak kotoran anjing dengan kaki kiri adalah pertanda baik di Perancis [Image Source]
Menginjak kotoran anjing dengan kaki kiri adalah pertanda baik di Perancis [Image Source]
Silahkan merasa beruntung atau sial. Tapi yang jelas menginjak kotoran anjing akan tetap membawa sial. Apalagi ketika kamu tak sengaja ikut membawa alas kaki yang dipakai tadi masuk ke dalam rumah. Harus keluar tenaga untuk mengepel dan membeli karbol wangi, kan?

2. Kipas Angin Membawa Kematian

Menyalakan kipas angin dan kemudian tertidur, biasanya kita hanya masuk angin atau kembung. Tapi, di Korea Selatan berbeda lho. Kebiasaan tadi bisa membawa kematian. Walaupun aslinya tak pernah benar-benar ada orang sana yang mati gara-gara lupa mematikan kipas angin. Yup, inilah takhayul yang dipercaya di negerinya Girls Generation itu.

Tidur harus dimatikan kipas anginnya, atau tidak akan bangun selamanya [Image Source]
Tidur harus dimatikan kipas anginnya, atau tidak akan bangun selamanya [Image Source]
Dokter pun ikut-ikutan membuat takhayul ini makin terlihat sungguhan dengan peringatan untuk selalu mematikan kipas angin sebelum tidur. Bahkan hampir semua kipas angin yang dijual di Korsel punya fitur timer untuk berjaga-jaga agar kipas angin mati dalam waktu yang ditentukan.

Ada beberapa isu yang hangat soal takhayul ini. Salah satunya anggapan jika doktrin menyesatkan ini hanya upaya pemerintah untuk membuat warganya lebih menghemat listrik. Jika benar demikian, nampaknya mereka sukses besar.

3. 4 Jadi Nomer Paling Sial di China

Angka 4 sangat ditakuti oleh orang-orang China. Alasannya, 4 memiliki sebutan yang sama dengan kematian dalam bahasa mereka. Oleh karenanya, mereka sangat menghindari apa pun yang ada hubungannya dengan itu. Tidak hanya berarti kematian, angka tersebut juga diartikan sebagai sial luar biasa.

4 jadi angka paling dibenci di China [Image Source]
4 jadi angka paling dibenci di China [Image Source]
Soal menghindari angka 4, hal tersebut bukan cuma lelucon. Orang-orang China akan berusaha giat agar tidak ada unsur angka tersebut dalam kehidupan. Mulai nomor telepon, nomor rumah, hingga plat kendaraan bermotor. Bahkan orang Chinese berdoa dengan sungguh-sungguh agar ketika hamil mereka tidak melahirkan ketika April alias bulan urutan keempat dalam kalender.

4. Sarung Tangan Sebagai Hadiah

Salah satu takhayul yang dipercaya banyak orang di dunia adalah jangan pernah memberikan sarung tangan jika kamu tidak berharap hadiah tersebut dibalas. Memberikan seseorang sebuah sarung tangan dan kemudian si penerima tak membalas pemberiannya, berakibat sial seumur hidup. Baik untuk yang memberi maupun yang menerima.

Sarung tangan bisa jadi tricky, kalau kamu menginginkan hadiah dari orang lain [Image Source]
Sarung tangan bisa jadi tricky, kalau kamu menginginkan hadiah dari orang lain [Image Source]
Takhayul soal sarung tangan ternyata tidak cuma ini lho. Di beberapa negara di dunia dipercaya kalau seseorang mengambil sarung tangan yang sengaja dijatuhkan maka orang tersebut akan seret jodohnya. Buat jomblo, jangan pernah berpikir untuk membuang sarung tangan kalian dengan sengaja.

5. Sembunyikan Jempol di Saku Saat Menghadiri Pemakaman

Apa pun yang berkaitan dengan hal-hal yang berbau kematian biasanya banyak takhayulnya. Tidak hanya soal kucing hitam, tapi juga kewajiban untuk menyimpan jempol tanganmu di saku ketika ada di pemakaman. Yang satu ini sangat dipercaya penduduk Jepang.

Orang-orang Jepang akan buru-buru menyimpan jempol mereka ketika berada di tempat ini [Image Source]
Orang-orang Jepang akan buru-buru menyimpan jempol mereka ketika berada di tempat ini [Image Source]
Jangan pernah membiarkan jempolmu terlihat ketika berjalan di pemakaman atau menghadiri upacara kematian seseorang. Tujuannya sendiri agar bisa melindungi orangtua dari kematian. Jempol dituliskan sebagai ‘parent finger’ dalam bahasa Jepang. Entah bagaimana hal tersebut dihubungkan, tapi kenyataannya takhayul ini masih dipercaya banyak orang di sana.

Jadi, jangan salah paham ketika orang-orang Jepang malah bergaya bak model ketika menghadiri pemakaman. Ini adalah upaya untuk menyelamatkan orangtua dari kematian.

Setiap takhayul sendiri sebenarnya tidak benar-benar kepercayaan tanpa arti. Misalnya saja takhayul kipas angin Korea Selatan yang tujuan aslinya adalah untuk menghemat energi. Termasuk takhayul jempol penduduk Jepang yang secara tersirat mengajarkan untuk lebih menyayangi orangtua.

Hormati apa yang jadi kepercayaan setiap orang. Jangan pernah deh mengolok takhayul yang sepertinya sangat konyol itu. Pasalnya, mereka mungkin juga lebih tertawa ketika mengetahui kita sangat percaya jika nasi tidak dihabiskan akan membuat ayam tetangga mati.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

7 Bencana Mengerikan yang Nyaris Tak Bisa Bumi Hindari!

kelakuan orangtua kelewatan

Duh, Parah Banget Deh Para Orang Tua Berikut Ini