Ingat! Jangan Lakukan 10 Hal Tabu Ini di Berbagai Negara Berikut!

oleh Norman Duarte
09:48 AM on Oct 28, 2015

Setiap negara dan daerah memiliki budayanya sendiri-sendiri. Banyak hal tabu yang tidak boleh dilakukan jika kamu mengunjungi tempat-tempat ini.

Karena itu, sebelum berkunjung, kamu harus memahami betul hal-hal apa saja yang dianggap sopan dan tidak sopan di tempat itu, agar kamu diterima dengan baik dan nggak diajak berantem. Nah baca yaaa!

Baca Juga
Inilah 4 Bukti Kalau Pengguna Medsos yang Ada di Indonesia Polosnya Bukan Main
Tak Banyak yang Tahu, Inilah Aksi Hebat Kepolisian Indonesia yang Begitu Disegani di Dunia

1. Menuang Alkohol ke Gelas Sendiri

Ketika minum alkohol dengan teman-teman Jepang, jangan hanya mengisi gelas sendiri, karena itu dianggap kasar dan tidak sopan. Di Jepang, etiket yang tepat adalah mengisi gelas orang lain dan bukan gelas sendiri.

Menuang Alkohol ke Gelas Sendiri
Menuang Alkohol ke Gelas Sendiri [imagesource]
Jika Anda mengisi gelas orang lain, mereka akan membalas budi dan mengisi gelas Anda juga. Efek sosialnya pun akan lebih baik kalau kita melakukan hal ini.

2. Duduk di Bangku Belakang dalam Taksi

Umumnya kita naik taksi dan memilih duduk di belakang sopir daripada di dalamnya. Tapi lain negara memang lain pula etikanya. Ternyata kalau hal ini dilakukan di Australia, akan dianggap aneh.

Jangan sampai duduk di kursi belakang jika naik taksi di Australia
Jangan sampai duduk di kursi belakang jika naik taksi di Australia [imagesource]
Jika Anda menggunakan taksi di Australia atau Selandia Baru, ingat untuk selalu duduk di kursi depan. Duduk di belakang akan membuat sopir taksi berpikir bahwa Anda seorang penumpang bermasalah.

3. Jempol

Memberi jempol adalah sikap positif yang berarti ‘OK’ untuk sebagian besar dari kita. Apalagi kalau hendak memberikan kode atau bahasa isyarat atas kebaikan orang, sering sekali kita menggunakan cara ini. Tapiii…

Memberi jempol ketika di Timur Tengah sama dengan memberi bokong
Memberi jempol ketika di Timur Tengah sama dengan memberi bokong [imagesource]
Di negara-negara lain seperti Australia, Yunani atau Timur Tengah, itu berarti ‘Bokong!’ Jadi lebih baik simpan saja ibu jari Anda demi keselamatan Anda di negara-negara itu.

4. Makan dengan Tangan Kiri

Sudah sejak lama kita diajari untuk selalu menggunakan tangan kanan daripada tangan kiri. Konon karena kebiasaan ini lebih sopan. Jika Anda berada di Timur Tengah, India, atau Afrika, berhati-hatilah untuk tidak menggunakan tangan kiri saat makan dan memberikan makanan kepada orang lain.

Makan dengan Tangan Kiri
Makan dengan Tangan Kiri [imagesource]
Tangan kiri dianggap najis karena digunakan untuk hal-hal yang dilakukan di kamar mandi, jadi makan dengan tangan kiri  mungkin akan membuat Anda mendapat tatapan yang tidak diinginkan dari penduduk setempat yang sudah kehilangan selera makan mereka.

5. Mengucapakan ‘Amerika’

Jika Anda seorang Amerika dan Anda berada di Amerika Selatan, ingat untuk menjawab USA atau Amerika Serikat ketika seseorang bertanya “Dari mana asal anda?”.

Mengucapakan 'Amerika'
Mengucapakan ‘Amerika’ [imagesource]
Mengatakan “Amerika” membuat Anda hanya mengacu ke Amerika Serikat sebagai satu-satunya Amerika, padahal ada juga daerah Amerika Selatan.

6. Jumlah Genap

Mengirim bunga ternyata juga ada aturannya. Jika Anda ingin mengirim bunga ke teman di Ukraina sebagai hadiah romantis atau bentuk keramahan, pastikan Anda memberikannya dalam jumlah ganjil.

Memberi buket bunga dalam jumlah genap
Memberi buket bunga dalam jumlah genap [imagesource]
Kerena Jika Anda mengirim bunga dalam jumlah genap hanya dimaksudkan untuk pemakaman. Waduuh, gagal romantis deh..

7. Lambang Jari ‘V’

Jika Anda berada di Inggris atau Irlandia dan Anda ingin menunjukkan bahwa Anda ingin dua potong dalam pesanan, pastikan bahwa telapak tangan menghadap keluar, ketika Anda menunjukkan 2 jari Anda.

Lambang jari V
Lambang jari V [imagesource]
Jika Anda melakukannya dengan cara yang berlawanan dan menghadapkan telapak tangan ke arah Anda sendiri, maka berarti “F *** off!” atau mengumpat.

8. Sol Sepatu

Jika di India, Timur Tengah, dan bagian lain di Asia, menampilkan telapak sol sepatu Anda, dapat dianggap sebagai sebuah penghinaan bagi penduduk setempat yang melihatnya.

Sol Sepatu
Sol Sepatu [imagesource]
Karena kaki, terutama telapak, sering dianggap sebagai najis. Jadi ingatlah untuk tidak menunjukkan sol bagian bawah sepatu dan ingat pula untuk melepas sepatu Anda sebelum memasuki rumah orang lain.

9. Menancapkan Sumpit

Di Asia Timur (Jepang, China, Korea), banyak menggunakan sumpit saat makan. Sementara banyak juga orang yang tidak bisa pakai sumpit dengan benar. Mungkin Anda berpikir, kenapa sih susah-susah makan pakai sumpit kalau ada sendok garpu? Yah, ternyata hal itu juga ada filosofinya.

Menancapkan sumpit secara vertikal
Menancapkan sumpit secara vertikal [imagesource]
Bahkan, menancapkan sumpit Anda secara vertikal pada semangkuk nasi dianggap tabu dan nasib buruk karena ini adalah tanda kematian. Karena jika Anda melakukannya, hal tersebut hanya dilakukan saat pemakaman.

10. Memberi Tip

Tip merupakan salah satu bentuk reward atas kepuasan seseorang pada pelayanan tertentu. Tapi, tidak semua negara atau daerah menganggap hal itu sebagai penghargaan. Anda mungkin biasa memberi tip ketika Anda dari atau berada di Amerika Serikat.

Memberi tip
Memberi tip [imagesource]
Tetapi di negara lain seperti di Jepang dan Korea hal ini sangat tidak diharapkan dan kadang-kadang dapat dianggap sebagai penghinaan, Istilah lainnya ‘ladang lain belalang’ memang sangat pas ya.

Nah, itulah beberapa aturan tabu yang terdapat di berbagai negara. Sebagai pendatang, sudah tentu kita yang harus mengikuti aturan di daerah yang kita singgahi. Jangan memperlakukan budaya orang lain dengan tidak hormat, karena masing-masing budaya memiliki keagungannya tersendiri. Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA