in

Mengerikan! Susu pun Sekarang Dicampur Bubuk Deterjen

Target Susu Deterjen [image source]

Saat beras yang terbuat dari plastik masih bikin geger di Indonesia, muncul lagi hal mengerikan terkait makanan. Banyak oknum yang mengambil keuntungan dari keadaan yang menghimpit banyak orang. Tidak membuat masyarakat jadi lebih baik, justru semakin menyengsarakannya.

Kasus beras plastik yang diimpor dari China sudah meresahkan masyarakat. Sekarang, produk olahan susu juga harus menghadapi hal serupa. Susu formula yang sebagian besar dikonsumsi oleh bayi ini ternyata dicampur bubuk deterjen yang sangat berbahaya. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Target Susu Berdeterjen Adalah Bayi

Susu dengan campuran deterjen ditemukan di India pada Selasa (12/5). Menurut Pemerintah India melalui Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Keluarga, dari sekitar 1.791 sampel susu yang dikumpulkan dari 33 wilayah diperoleh data yang mengerikan. Dari sampel itu hampir 70% tidak memenuhi standar. Dan 6% dari sampel bermasalah itu bercampur deterjen.

Target Susu Deterjen [image source]
Target Susu Deterjen [image source]
Yang paling jadi perhatian adalah susu bercampur deterjen banyak ditemukan pada susu bayi. Kandungan berbahaya ini dikhawatirkan akan mengganggu pertumbuhan bayi. Bahkan bisa membuat bayi jadi sakit hingga meninggal dunia.

2. Kemiskinan Menjadi Penyebab Oknum Main Curang

Salah satu penyebab kenapa terjadi hal mengerikan seperti ini adalah tingkat kemiskinan masyarakat yang sangat tinggi. Masyarakat cenderung akan membeli barang kebutuhan yang lebih murah. Yang terpenting adalah kebutuhan tercukupi.

Kemiskinan Menjadi Penyebab Oknum Nakal [image source]
Kemiskinan Menjadi Penyebab Oknum Nakal [image source]
Padahal barang yang murah belum tentu kualitas terjamin. Belum tentu sesuai dengan standar mutu. Oknum curang hanya memanfaatkan keadaan di tengah keterbatasan.

3. Bahaya Susu Tercampur Deterjen Bagi Tubuh

Bahan kimia seperti plastik, atau deterjen akan sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Bahan itu tidak akan menyatu dan diserap oleh tubuh. Bahkan memberikan efek negatif yang sangat signifikan hingga parahnya dapat menyebabkan kematian.

Menyebabkan Kanker [image source]
Menyebabkan Kanker [image source]
Bahan yang tidak organik tersebut cenderung mengandung zat karsinogenik. Zat tersebut akan mengubah sel tubuh kita menjadi tumbuh semaunya sendiri tanpa bisa dikendalikan. Zat itu kelama-lamaan menyebabkan kanker pada tubuh manusia.

4. Membedakan Susu Asli dan Susu Bercampur Deterjen

Membedakan susu yang bercampur deterjen adalah hal yang sulit. Karena kita harus membawanya ke laboratorium. Tidak dengan melihat lalu akan nampak apakah susu tersebut murni atau tidak.

Membedakan Susu Asli [image source]
Membedakan Susu Asli [image source]
Cara paling gampang untuk menghindari susu berdeterjen adalah dengan memilih merek yang baik, sudah teruji oleh pasar dan menerapkan standar mutu pada produknya. Dengan memilih produk yang berkualitas maka akan mengurangi risiko meminum susu dengan kandungan zat berbahaya.

Masyarakat Indonesia harus mulai memperhatikan apa yang akan mereka konsumsi. Harus tahu bagaimana membedakan barang yang asli dan palsu. Janganlah termakan oleh harga yang murah tapi justru membuat kita jadi tidak sehat. Era pasar bebas akan tiba, kita harus pandai dalam memilih sesuatu, jangan mempertaruhkan kesehatan untuk benda-benda yang murah tapi kualitasnya diragukan. Saat ini mungkin masih di India, namun masih ada kemungkinan masuk Indonesia.

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

10 Orang Ini Mati Tragis Karena Selfie

Tren Jual Beli Ijazah Palsu Semakin Merajalela di Indonesia