Susi Pujiastuti, Wirausahawati Pekerja Keras

oleh didi
09:43 AM on Oct 27, 2014

Jakarta — Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla akhirnya mengumumkan sekaligus memperkenalkan jajaran menteri-menteri kabinet kerja periode 2014-2019 di halaman Istana Negara, Minggu (26/10). Susi Pudjiastuti didaulat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan dalam kabinet tersebut.

Presiden Jokowi punya alasan kuat menunjuk Susi Pudjiastuti sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. Menurut Presiden Jokowi, sosok Susi merupakan wirausahawati pekerja keras yang berhasil membangun usahanya mulai dari nol. Presiden juga mengingatkan bahwa keberhasilan usaha yang dirintis Susi antara lain adalah di jasa perhubungan dan maritim.
Untuk itu, Presiden Jokowi juga meyakini bahwa Susi Pujiastuti nantinya akan dapat banyak melakukan perbaikan kebijakan.

Baca Juga
Fakta Silat Marunda, Warisan Maut Si Pitung yang Bikin VOC Terkencing-kencing Tak Berdaya
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting

Susi Pujiastuti, Mulai Dari Penjual Ikan Hingga Menjadi Menteri

“Beliau adalah wirausahawati, pekerja keras, mulai dari nol. Beliau juga berhasil mensinergikan sektor perhubungan dan kemaritiman. Beliau mulai usaha dari jualan ikan. Saya yakin akan ada terobosan di bidang kelautan dan perikanan,” ujar Jokowi.

Susi Pujiastuti lahir di Pangandaran, 15 Januari 1965 adalah pengusaha pemilik dan Presdir PT ASI Pudjiastuti Marine Product eksportir hasil-hasil perikanan dan PT ASI Pudjiastuti Aviation. Dia juga cukup sukses dengan bisnis penyewaan pesawat sekaligus penerbangan perintis.

Susi banyak menerima penghargaan antara lain Pelopor Wisata dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat, Young Entrepreneur of the Year dari Ernst and Young Indonesia tahun 2005, serta Primaniyarta Award for Best Small & Medium Enterprise Exporter 2005 dari Presiden Republik Indonesia. Tahun 2006, ia menerima Metro TV Award for Economics, Inspiring Woman 2005 dan Eagle Award 2006 dari Metro TV, Indonesia Berprestasi Award 2009 dari PT Exelcomindo. Pada tahun 2008 ia mengembangkan bisnis aviasinya dengan membuka sekolah pilot Susi Flying School melalui PT ASI Pudjiastuti Flying School.

Di tempat terpisah, praktisi sektor perikanan dan kelautan menilai bahwa penunjukan Susi Pudjiastuti sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan adalah sebuah kejutan bukan hanya karena perempuan tetapi juga latar belakangnya sebagai profesional dan pekerja keras.

“Beliau adalah figur pengusaha sukses yang berangkat dari bawah. Beliau tahu persis soal perikanan,” kata DR Ir Hasanuddin Atjo, MP, Ketua Perkumpulan Pengusaha Udang Indonesia (Shrimp Club Indonesia) wilayah timur Indonesia di Palu, Minggu (26/10).

Menurutnya terkait penunjukan Susi Pudjiastuti sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan adalah kesadaran penuh dari Presiden Jokowi bahwa nilai tambah sektor Kelautan dan Perikanan harus didorong dengan menyediakan sarana angkutan yang memadai (khususnya angkutan udara). Menteri Kelautan dan Perikanan baru dalam jangka pendek perlu segera meningkatkan instrument perhubungan dengan peningkatan produktivitas dan daya saing sektor Kelautan dan Perikanan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA