Karena 10 Hal Ini, Kamu ‘Susah Berpaling’ Dari Facebook

oleh Norman Duarte
07:30 AM on Jun 7, 2015

Facebook adalah sebuah media sosial di dunia maya dengan penggemar dan penggunanya sangat banyak. Sejak diluncurkan tahun 2004, Facebook secara cepat melesat menjadi media sosial yang paling banyak penggunanya. Hingga saat ini, Facebook masih menjadi pelopor jejaring sosial yang belum kehilangan penggemar.

Hampir semua orang di dunia ini tahu apa itu Facebook. Apa saja sih yang membuat Facebook menjadi sangat asyik, dan bahkan disebut sebagai ‘one stop entertainment’? Simak yuk!

Baca Juga
5 Jasa Chairul Huda Semasa Hidup yang Membuat Dirinya Jadi Sosok Tak Tergantikan
Misnadi Abdullah, Ketua Aliran Baru Penyembah Matahari yang Bikin Netizen Geram

1. Sharing is Caring 

Dengan Facebook, kabar apapun menjadi cepat tersebar. Melalui fasilitas ‘share’, setiap orang dapat berbagi kabar itu dengan teman-temannya.

Berbagi Informasi
Berbagi Informasi [imagesource]
Sudah tak terhitung lagi kabar, orang, dan cerita yang menjadi ‘booming’ karena disebarluaskan melalui Facebook. Tak jarang banyak sekali aksi amal, gerakan moral atau peduli sosial yang digalang melalui Facebook dan membawa hasil yang cukup signifikan.

2. Ajang Eksis

Di Facebook seseorang bisa menciptakan image dirinya. Dengan membuat status atau mengupload foto dan berita tertentu, sang pengguna dapat membuat sebuah kesan tertentu yang diinginkannya.

Ajang Eksis
Ajang Eksis [imagesource]
Kesan modis, atau up to date, atau pecinta musik, atau apapun, bisa dengan mudah ‘diciptakan’ di Facebook. Itulah mengapa melihat kehidupan seseorang di Facebook bisa bikin kita kagum, ingin menirunya, termotivasi dan sebagainya.

3. Ngobrol

Dengan fasilitas chat (baik melalui pesan pribadi atau komentar), kita bisa ngobrol ngalor ngidul tentang apa saja. Di sini, seseorang bisa curhat dengan temannya tentang masalah yang sangat pribadi, atau bisa juga ngobrol tentang hal-hal yang umum.

Ngobrol
Ngobrol [imagesource]
Fasilitas konferensi juga bisa membuat ngobrol menjadi lebih asik karena orang yang terlibat di dalamnya bisa sangat banyak. Dengan cara ini, kita tidak perlu menginstall program ngobrol lain seperti Skype atau Yahoo Messenger karena Facebook sudah memberi fasilitas untuk itu.

4. Mobile

Semua smartphone pasti memiliki aplikasi Facebook. Hal ini membuat Facebook menjadi sangat efektif, mudah, dan ringkas untuk digunakan.

Mobile
Mobile [imagesource]
Fasilitas di aplikasi mobile nya ini pun sudah sangat lengkap. Karena inilah orang bisa dengan mudah ‘fesbukan’ saat sedang di kamar mandi hingga di kendaraan umum. Obat yang mujarab kalau lagi kesepian.

5. Reuni Dengan Teman Lama atau Teman Baru 

Karena pengguna Facebook sangat banyak, kemungkinan untuk bertemu dengan teman lama sangat lah besar. Kita bisa menggunakan fasilitas pencarian yang ada di Facebook untuk menemukan teman lama dulu di sekolah atau kampus.

Facebook sangat mengerti hal ini. Bahkan kadang, kita tak perlu mencari mereka, Facebook yang akan mencarikan rekomendasi teman-teman yang mungkin kita tahu.

Reuni Dengan Teman Lama atau Teman Baru
Reuni Dengan Teman Lama atau Teman Baru [imagesource]
Ketemuan lagi, ngobrol lagi, mengingat kenangan indah lagi. Bahkan banyak juga para mantan yang jadian kembali gara-gara ketemuan lagi di Facebook. Jangan lupa juga, Facebook masih menjadi tempat yang asyik untuk mencari teman baru. Banyak loh pasangan yang akhirnya menikah gara-gara berkenalan di Facebook.

6. Promo Bisnis

Dengan jumlah karakter posting yang tidak terbatas, serta kemampuan share gambar atau video, Facebook menjadi ajang promosi yang bagus untuk bisnis apapun.

Promo Bisnis
Promo Bisnis [imagesource]
Mulai dari resto, gadget, alat musik, hewan, dan benda apapun yang bisa dijual. Facebook adalah tempat yang sangat ‘subur’ untuk itu. Banyak orang yang kemudian bisnisnya menjadi sangat dikenal, atau bahkan menjadi kaya karena menggunakan Facebook sebagai tempat promosinya.

7. Hiburan

Kita bisa nonton video yang lucu atau mengharukan di Facebook. Bisa liat pula postingan meme yang lucu-lucu dan menarik, atau bahkan ngegame.

Media Hiburan
Media Hiburan [imagesource]
Saling komentar dan saling bergurau dengan sahabat. Semua ini dilakukan dengan sangat murah, tanpa harus mengeluarkan biaya (kecuali biaya pulsa atau paket ngenet).

8. Sosmed Tanpa Batas

Facebook adalah mungkin satu-satunya sosmed yang gak ribet dan tanpa batasan. Twitter memiliki batasan karakter yang bisa digunakan dalam postingan. Instagram cuma bisa posting video selama 15 detik.

Sosmed Tanpa Batas
Sosmed Tanpa Batas [imagesource]
Yahoo Messenger cukup berat diinstall di hape, dan macem-macem deh. Hanya Facebook yang tidak memiliki batasan itu. Kamu bisa ngetik sepanjang apapun yang kamu mau, bisa upload video sepanjang apapun, bisa ngirim file antar teman, bisa diskusi dalam forum khusus sesuai keinginan dan masih banyak lagi. Ketika satu media bisa melakukan apapun, sulit rasanya berpaling ke lain hati bukan?

9. Pengaturan Privasi

Kamu bisa ngeblok orang yang kamu gak suka. Jika mereka annoying, cukup dengan tombol unfollow atau block, mereka gak akan muncul lagi di timeline Facebookmu.

Pengaturan Privasi
Pengaturan Privasi [imagesource]
Postingan yang gak asik pun bisa kita laporkan. Dengan fasilitas ini, kenyamanan untuk bersosmed menjadi lebih terjaga, begitu juga dengan keamanan. Asal bisa bijak menggunakannya.

10. Inovasi

Facebook selalu melakukan inovasi-inovasi menarik yang membuat sosmed ini selalu menarik untuk diikuti. Perusahaan ini selalu mengembangkan fitur-fitur terbaru yang membuat penggunanya semakin betah menggunakannya. Facebook juga cepat tanggap jika ada ‘virus-virus’ nggak penting yang menyerang.

Invasi Facebook
Invasi Facebook [imagesource]
Nah, sekarang tinggal penggunanya aja apa bisa asik juga dalam berfesbuk ria. Norma, rasa hormat, aturan, etika juga harus bisa dijaga saat menggunakan Facebook ini. Jangan mentang-mentang bebas, kita jadi nyebarin fitnah, nyampah, dan melakukan berbagai hal bodoh lainnya. Harus bisa bijak, cerdas, dan beretika. Uyeeeee!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA