in

Wahai Pemuda, Inilah Surga yang Allah Janjikan Untukmu!

fiSurga&Pemuda

Siapa sih yang tidak ingin kembali tinggal di surga seperti nenek moyang manusia dahulu (Nabi Adam AS dan Hawa), setelah mati dan meninggalkan dunia ini kelak? Pasti semua orang di dunia ini mau, dan sangat merindukannya. Surga sendiri di dalam Al- Qur’an telah Allah ceritakan, bahkan Allah sendiri yang telah menjanjikannya kepada hamba-hambaNya yang beriman dan bertakwa kepadaNya.

Banyak sekali gambaran surga dalam Al- Qur’an, terutama di dalam QS. Ar-Rahmaan. Nah, jika kamu mengaku sebagai para pemuda Muslim, yang sedang sibuk mengisi waktu muda dan hidupmu dengan penuh kebaikan, maka inilah 4 hal yang telah Allah janjikan untukmu di surga-Nya kelak!

1. Inilah Gambaran Siapa Saja Para Penghuni Surga dan Bagaimana Surga Itu

Dalam QS Ar-Rahmaan ayat 46 disebutkan, “Dan bagi yang takut saat menghadap Tuhan-nya ada dua surga”. Kemudian pada surat yang sama di ayat 62 lebih diperjelas lagi oleh Allah, “dan selain dari dua surga itu ada dua surga lain”. Menurut tafsir dari ulama Ibnu Abbas dan Abu Musa Al-Asy’ari, bahwa dua surga yang pertama disediakan untuk para Muqarabbin, yaitu orang-orang yang terdahulu. Sedangkan dua surga di bawahnya tersebut adalah untuk orang-orang dari golongan kanan, yaitu orang yang menerima amal kebaikan dengan tangan kanan, yaitu orang-orang shalih.

Ilustrasi surga dan sungai yang mengalir di dalamnya [image source]
Ilustrasi surga dan sungai yang mengalir di dalamnya [image source]
Dalam QS Ar Rahmaan ayat 50 disebutkan lagi, “Di dalam kedua surga itu ada dua buah mata air yang mengalir”. Kemudian Allah menjelaskan lebih lengkap lagi dalam QS Ar-Rahmaan ayat 66, “Di dalam kedua surga itu ada dua buah mata air yang memancar”. Satunya memiliki mata air yang mengalir, satu lagi mata airnya memancar.

2. Makanan dan Minuman Bagi Para Penghuni Surga

Mungkin selama ini di dunia, kita sudah terbiasa menyantap makanan yang tidak sehat, mengandung banyak penyakit, dan pada akhirnya justru bisa mendatangkan penyakit. Namun di surga kelak, kita tak akan pernah menemukan hal seperti itu lagi. Surga merupakan sebaik-baik tempat kembali, yang keindahan dan kemewahannya tak dapat dibeli dengan apapun kecuali amal shalih kita, dan sampai sekarang pun belum mampu kita bayangkan bagaimana kedahsyatan sensasi keindahan surga Allah tersebut.

Ilustrasi makanan dan minuman bagi para penghuni surga [image source]
Ilustrasi makanan dan minuman bagi para penghuni surga [image source]
Dalam Al-Qur’an Allah juga telah dengan sangat jelas menggambarkan kepada kita hamba-Nya tentang apa saja makanan dan minuman yang akan diberikan kepada para ahli surga kelak. Salah satunya pada ayat berikut ini, “Sesungguhnya orang-orang yang berbuat kebajikan minum dari gelas (berisi minuman) yang campurannya adalah air kafur (yaitu) mata air (dalam surga) yang daripadanya hamba-hamba Allah minum, yang mereka dapat mengalirkannya dengan sebaik-baiknya.” (QS Al Insaan ayat 5-6).

3. Para Bidadari Surga yang Cantik Jelita untuk Dijadikan Istri

Sudah menjadi hakikatnya bahwa seorang manusia membutuhkan pendamping, apalagi seorang lelaki akan sangat menyukai wanita-wanita cantik yang dapat menarik hatinya. Nah, salah satu kenikmatan dari Allah bagi  hamba-hambaNya yang akan menjadi penghuni surgaNya kelak adalah para bidadari yang cantik jelita untuk menjadi teman hidup dan isterinya.

Para bidadari surga untuk dijadikan istri [image source]
Para bidadari surga untuk dijadikan istri [image source]
Mereka tidak hanya cantik, namun juga memiliki kesempurnaan yang tak akan ada tandingannya. Selain itu mereka juga akan selalu perawan, dan memiliki senyum serta paras yang nikmat untuk dipandang. Tentang para bidadari ini, Allah SWT telah menjelaskannya dalam QS Ad Dhukan ayat 54, “demikianlah dan Kami kawinkan mereka dengan bidadari”. Kemudian, Allah menjelaskannya lagi dalam QS Waqi’ah ayat 22-23, “Dan ada bidadari-bidadari bermata jeli laksana mutiara yang tersimpan baik”.

4. Istana yang Mewah Bagi Para Penghuni Surga

Allah SWT juga akan menjamin rumah tempat tinggal bagi para Ahli Surga, selain berbagai kenikmatan makanan, minuman, pasangan, dan keindahan alam yang telah Allah janjikan. Pakaian dan istana dari Allah tersebut adalah sebaik-baiknya bentuk, sehingga kita tak akan pernah sanggup berhenti bersyukur kepada Allah.

Ilustrasi istana yang mewah untuk para penghuni surga [image source]
Ilustrasi istana yang mewah untuk para penghuni surga [image source]
Seperti yang telah Allah terangkan dalam QS Ar Rahmaan ayat 54, “Mereka bertelekan di atas permadani yang di sebelah dalamnya dari sutera. Dan buah-buahan di kedua surga itu dapat (dipetik) dari dekat”. Namun yang perlu kita ingat, bahwa menggapai surga itu bukanlah perkara mudah seperti membalikkan telapak tangan. Allah akan membayar surgaNya untuk kita yang benar-benar ridho atas segala yang Dia tetapkan, ikhlas berjuang di jalanNya, dan meniatkan semua yang dilakukan di dunia ini hanya untukNya.

Jadi jika kamu para pemuda yang saat ini masih sibuk memikirkan dunia hingga melupakan akhirat, kembalilah membuka Al-Qur’an dan buat dirimu tergiur oleh nikmatnya surga Allah. Sehingga kamu akan ingat betapa surga itu mahal dan tak bisa dibeli dengan apapun kecuali iman dan takwamu. (sof)

Written by Sofia Fitriani

Leave a Reply

6 Motor Polisi Paling Gahar Se-Dunia, Indonesia Masuk?

8 Bullying dan Meme Negatif di Internet Indonesia, Awal Tahun 2016