Surga-Surga Tersembunyi di Sudut Dunia

oleh wahyu
08:00 AM on Jan 2, 2015

Keindahan panorama alam selalu menjadi penarik minat manusia untuk bepergian ke tempat-tempat yang jauh. Meski kegiatan berwisata atau bertualan telah dilakukan manusia sejak berabad-abad silam, namun tempat-tempat indah di bumi ini rasanya tidak pernah akan ada habisnya untuk dijelajahi. Tidak semua tempat seindah bayangan kita, namun setiap tempat pasti memiliki ciri khas dan keunikannya masing-masing yang membuat kita merasakan sensasi berbeda. Sensasi berbeda inilah yang membuat banyak orang ketagihan berwisata.

Mungkin anda adalah satu dari sekian banyak orang yang sering berwisata. Berikut kami berikan daftar tempat-tempat yang indah bak surga yang tersembunyi di beberapa sudut bumi. Jika agenda liburan anda tahun depan masih banyak yang kosong, maka tidak ada salahnya untuk menaruh nama tempat-tempat ini menjadi tempat anda bertualang selanjutnya.

Baca Juga
Inilah 4 Fakta Meikarta, Kota Baru yang Katanya Bakal Menyaingi Ibukota
Inilah 4 Jasa Tak Terlupakan yang Dilakukan Malaysia Kepada Bumi Pertiwi

1. Kirkjufell

Islandia adalah salah satu tempat wisata terbaik bagi anda yang menyukai pemandangi horison luas, tidak terlalu ramai dan penuh degan nuansa natural. Jika anda bertandang ke Islandia, maka anda harus datang ke pegunungan Kirkjufell. Gunung ini dikenal sebagai tempat dimana para turis selalu kembali dengan foto terbaiknya. Memang gunung ini bukan gunung terbesar di Islandia, namun menjadi salah satu pengunungan terindah di negara tersebut.

Di gunung ini, anda juga bisa melihat air terjun kecil yang sangat menenangkan. Dari sisi manapun anda mengambil gambar, gunung Krikjufell tidak akan pernah mengecewakan anda. Dia cantik dari segala sisi. Terlebih lagi di musim dingin, Kirkjufell seolah ingin memamerkan kecantikan terindahnya. Anda juga bisa menikmati fenomena Nothern Lights yang terkenal itu dari Kirkjufell. Gunung ini diklaim sebagai salah satu tempat terbaik untuk melihat Northen Lights.

2. Zhangye Danxia

Dataran ini mungkin bukan gunung yang tepat jika anda ingin uji adrenalin. Ia tidak memiliki medan-medan terjal untuk anda daki. Namun, jika anda ingin melihat gunung dengan warna-warni paling indah, datanglah ke Zhangye Danxia, Cina.

Warna-warna yang indah yang ada di gunung ini tercipat dari mineral-mineral alam yang terlah mengendap selama 24 juta tahun dan membentuk garis-garis dengan warna berbeda. Erosi angin juga turut serta dalam membuat warna-warni yang bergradasi dengna cantik di gunung ini. Cina adalah satu-satunya negara yang memiliki variasi mineral beraneka warna seperti ini. Maka tidak heran tempat ini telah dijadikan salah satu Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO. Gunung ini juga dikenal sebagai gunung pelangi.

3. Cano Cristales

Sungai ini dikenal masyarakat lokal sebagai “Sungai Lima Warna”. Dalam kenyataannya, sungai ini memang memiliki lima kombinasi warna yang sangat mengagumkan. Namun surga satu ini letaknya sangat terpencil. Dia bersembunyi di balik pegunungan Negara Kolombia dan hanya bisa dicapai menggunakan pesawat. Namun itu patut anda lakukan demi melihat kombinasi warna alga kuning, air yang biru, tumbuhan Macarenia clavigera yang menambahkan warna merah, hijaunya hitan di seleliling dan warna batu-batu alami. Lengkaplah sudah surga warna-warni itu.

Karena warna-warna tersebut dihasilkan oleh makhluk hidup, maka sungai ini akan berubah warna sesuai makhluk hidup mana yang sedang dominan. Di musim panas, tanaman Macarenia Clavigera akan subur dan air akan menjadi berwarna dominean merah. Di sungai ini juga terdapat bebatuan paling tua di dunia. Di antaranya terdapat Guiana Shield yang diklaim telah berumur 1,2 milyar tahun.

4. Pemandian Air Panas Beppu

Beppu adalah salah satu tempat pemandian air panas yang paling luas di dunia. Tempat ini memiliki setidaknya 2.500 lokasi pemandian, yang memiliki tingkatan panas yang berbeda-beda. Kandungan mineral besi dalam kolam-kolam air panas ini membuat warna airnya menjadi merah muda.

Namun, jangan buru-buru mandi ke semua spot pemandian yang ada di sini. Ada beberapa tempat yang tidak diizinkan untuk dimasuki. Seperti Demon Mountain Hell yang menjadi “sarang” dari sekitar 80 buaya. Ada juga White Pond Hell yang selalu diisi lumpur yang meletup-letup. Ada juga kolam yang panansnya mencapai level 150 derajat celsius. Oleh penduduk setempat, kolam ini disebut “Hell” alias “Neraka”.Namun tempat-tempat yang bisa anda singgahi tentu saja telah disediakan oleh pihak manajemen pariwisata setempat.

5. Pantai Merah Panjin

Pantai yang luar biasa cantik ini terletak di Cina, di dekat kota Panjin. Tidak seperti pantai pada umumnya yang dibatasi oleh pasir, pantai ini memiliki daratan berupah tanah alkalin yang menjadi tempat bagi berbagai jenis tanaman bisa hidup dengan subur. Namun, yang tumbuh jusru tumbuhan Suaeda salsa yang tumbuh di sepanjang perairan tersebut dan membuat daratan menjadi berwarna merah cerah.

Pada musim panas tanaman tersebut berubah warna menjadi hijau tua. Pada musim itu, pantai ini tidak tampak spesial. Anda baru bisa mendapatkan sensasi warna merah yang sangat cerah ketika memasuki musim semi. Namun kebanyakan bagian dari pantai ini tidak dibuka untuk umum untuk menjaga ekosistem tanaman yang sangat sensitif di sana. Namun, ada bagian yang benar-benar dibuka sepenuhnya untuk para pelancong yang ingin menyaksikan keindahannya.

Demikianlah daftar lima surga tersembunyi yang khusus kami sajikan untuk anda. Tunggu apalagi, segeralah berburu tiket dan tempat akomodasi untuk mengunjungi tempat-tempat indah ini. Selamat berlibur! (HLH)

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA