8 Foto Kota Surabaya Tempo Dulu, Bikin Anda Masuk Dalam Lorong Waktu

oleh Alfry
09:09 AM on Apr 16, 2015

Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah melupakan sejarah bangsanya sendiri, kutipan dari presiden pertama Indonesia ini memang sangat tepat. Sejarah akan memberitahu siapa jati diri kita dan melalui sejarah pula bangsa ini bisa belajar menghargai betapa besarnya jasa para pahlawan dalam merebut kemerdekaan.

Baca Juga :Kisah Cinta Soekarno dan 9 Istrinya

Baca Juga
6 Alasan Kenapa One Piece Nggak Pernah Bikin Penggemar Bosen Meski Sudah 20 Tahun
Inilah 4 Alasan Mengapa Profesi TKI Bisa Bikin Seseorang Jadi Kaya Mendadak

Indonesia memiliki sejarah yang panjang namun minim sekali dokumentasi yang dimiliki sehingga banyak memori sejarah yang terlupakan. Mirisnya lagi Belanda, negara yang pernah menjajah negeri ini selama berabad-abad malah memiliki arsip lengkap tentang Indonesia. Mereka memiliki foto-foto Indonesia tempo dulu dan salah satunya adalah foto-foto kota Surabaya. Diterbitkan oleh KITLV, sebuah media perpustakaan digital Belanda, inilah foto-foto kota Surabaya tempo dulu yang bikin kamu masuk dalam lorong waktu.

1. Kawasan Tunjungan tahun 1930-an

Masih ingat dengan lagu daerah Jawa Timur berjudul “Rek Ayo Rek”? Lagu itu menceritakan sebuah daerah di Surabaya yaitu Tunjungan. Nah bisa dibayangkan jika kawasan Tunjungan itu memang sudah terkenal sejak zaman dahulu bahkan jauh sebelum lagu ini ada. Pengen tahu buktinya, lihat foto Tanjungan di bawah ini.

Foto by KITLV via Facebook
Foto by KITLV via Facebook

Kawasan di sepanjang jalan Tunjungan memang terkenal sebagai salah satu pusat keramaian di Surabaya. Di salah satu sisinya terdapat Tunjungan Plaza yang menjadi landmark belanja kota pahlawan ini. Foto yang ditempilkan tersebut diambil tahun 1930-an, bahkan pada saat itu kawasan ini sudah sangat ramai. Foto tersebut diambil di pertigaan antara Jalan Tunjungan dengan Jalan Embong Malang.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA