Melati Kusuma, Superhero Marvell Asal Indonesia yang Nggak Kalah dari Black Widow

oleh Chandra
11:00 AM on Feb 5, 2017

Superhero Marvell memang dikenal tangguh apalagi saat bergabung dalam Tim Avenger. Dari sekumpulan superhero Marvell yang kita ketahui, ada banyak karakter yang sangat familiar dengan kesukaan anak-anak atau remaja lainnya seperti halnya Captain America, Iron Man, Hulk, Thor, Spiderman dan Black Widow.

Tapi tahukah kamu bahwa di antara para superhero ciptaan Marvell (DC Comic) tersebut, ternyata juga ada superhero Marvell berdarah Indonesia lho. Yah, Melati Kusuma yang merupakan satu-satunya superhero Marvell asal Indonesia. Penasaran kan? Jika ingin tahu lebih jelasnya, yuk kita simak informasi berikut ini.

Baca Juga
6 Cara Ini Bisa Dipakai Agar Tragedi ‘Panjat Pinang Maut’ Tak Terjadi Lagi
4 Lomba Agustusan Greget Ala Suku Dayak Ini Dijamin Bakal Bikin Kamu Melongo

Tokoh Melati Kusumah saat menjadi manusia biasa

Saat menjadi manusia, Melati Kusuma adalah seorang mahasiswi biasa dari Empire State University. Namun, semua kehidupan Melati berubah saat kecelakaan tragis menimpa hidupnya. Akibat kecelakaan itu, fisiknya tak lagi sempurna seperti sedia kala.

Melati Kusuma dan Dr Connor [Image Source]
Banyak luka berat pada sebagian besar anggota tubuhnya sehingga ia harus diamputasi. Sejak itulah ia harus menghabiskan masa-masa kehidupannya di kursi roda. Persaan Melati putus asa sejak kecelakaan tragis hebat itu.

Transformasi Melati Kusuma menjadi sosok superhero

Melati tidak ingin berputus asa terus-menerus. Ia ingin mendapatkan tubuhnya yang utuh kembali. Saat Dokter Curt Connor sedang merawatnya, diam-diam Melati ingin mencuri serum formula ciptaan Dokter Connor. Gadis berdarah Indonesia itu meminum serum tersebut diam-diam. Semua ia lakukan untuk mendapatkan anggota tubuhnya kembali.

Melati Kusuma saat jadi Komodo [Image Source]
Akibatnya, kedua kaki Melati yang sudah diamputasi berganti menjadi kaki reptil Komodo. Melati cukup senang melihat kedua kakinya utuh walaupun bukan kaki manusia. Semua terjadi karena Melati meminum serum Lizard. Dr. Connor khawatir apabila Melati hilang kendali seperti saat dia meminum formula buatannya sendiri. Waktu itu, Dr. Connor hampir menyerang Peter Parker, muridnya yang menjadi sosok Spiderman, semua akibat serum itu. Uniknya, Melati memiliki pengendalian yang kuat setelah meminum serum Lizard.

Sosok kehidupan baru Melati Kusuma

Sejak Melati berubah menjadi sosok manusia mutan baru, Dokter Connor memerintahkan Melati agar kekuatannya digunakan dengan bijaksana dan tanggung jawab. Oleh karena itu, Melati bergabung dengan pasukan The Avengers Initiative. Melati Kusuma memiliki kemampuan yang unik. Bagian anggota tubuhnya bertumbuh setiap kali dipotong. Ia tidak dapat dihancurkan walaupun anggota tubuh yang tumbuh adalah bagian tubuh Komodo.

Melati Kusuma Komodo [Image Source]
Saat menjadi manusia biasa, ia hanyalah seorang gadis yang duduk di kursi roda. Namun, saat musuh menyerangnya, ia dapat berubah menjadi manusia Komodo dan membalas musuhnya dengan anggota tubuhnya.

Pencipta sosok karakter Melati Kusuma

Dan Slott dan Stefano Caselli merupakan kreator dibalik penciptaan sosok karakter Melati Kusuma. Dalam komik The Avenger: Initiative tokoh Melati muncul untuk pertama kalinya. Dalam cerita dikisahkan bahwa Melati mendapatkan pelatihan secara resmi oleh SHIELD yang tergabung dalam Tim Initiative. Tim ini terdiri dari 50 negara bagian di Camp Hammond, USA.

Action Figure Komodo [Image Source]
Wanita Komodo ini dilatih dalam Camp sampai menjadi sosok superhero hebat. Setelah menjalani masa pelatihan, akhirnya Melati menjadi anggota Dessert Stars Team yang bekerja sama dengan Skrull Kill Crew dalam misi invasi rahasia. Sudah banyak agen-agen action figure yang menjual mainan karakter Melati Kusuma, seperti Jepang dan Amerika.

Nah, itulah sejenak informasi mengenai sosok superhero Marvell asal Indonesia. Sebagai warga Indonesia, kita perlu bangga karena nama hewan Komodo dijadikan tokoh superhero dalam tokoh Marvell. Jika perlu tokoh asli superhero Indonesia seperti Gundala Putra Petir juga mampu bersaing dengan superhero Internasional.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA