5 Superhero Indonesia yang Punya Kembaran di Luar Negeri

oleh Rizal
15:00 PM on Sep 16, 2015

Ketika kecil dulu kamu pasti memimpikan bagaimana rasanya jika bisa menjadi superhero. Pasti asyik, bisa antar ibu ke pasar hanya dengan terbang atau menghajar para penjahat dengan mudah. Meskipun sekarang sudah cukup dewasa, namun sisa impian ini masih ada. Buktinya film-film box office Marvel atau DC masih sangat laris ditonton orang dewasa.

Yup, ketika kita membicarakan superhero maka langsung yang terpikirkan adalah deretan karakter Marvel atau DC. Tidak masalah sih, namun alangkah kerennya jika Indonesia juga punya yang seperti itu, sehingga kita bisa lebih bangga. Meskipun jarang terdengar, sebenarnya sudah ada lho deretan karakter superhero Indonesia. Bahkan kalau dibandingkan dengan yang sudah kita kenal, mereka sama sekali tak kalah hebat.

Baca Juga
4 Hal Negatif yang Mungkin Akan Dialami Masyarakat Jika Penggunaan KTP Sebagai Syarat SIM Card Terlaksana
Tukang Bakmi Bak Seleb, Gaya dan Dandanan Jamila “Janda” Dijamin Bikin Publik Melongo

Nah, berikut adalah deretan superhero Indonesia yang bisa kita saingkan dengan jagoan luar negeri.

1. The Flash/Quicksilver Vs Gundala

Seperti yang sudah kamu kenal, The Flash adalah superhero ciptaan DC komik yang kekuatan utamanya adalah mampu berlari secepat kilat. Bahkan katanya lebih cepat dari kecepatan suara maupun cahaya sekalipun. Superman sendiri juga katanya takluk dengan kecepatan yang dimiliki Flash. DC bisa membanggakan tokoh satu ini, namun saingannya, Marvel juga punya yang seperti itu. Yup, ia adalah Quicksilver.

Di antara ketiga superhero ini hanya Gundala adalah yang paling kuat.
Di antara ketiga superhero ini hanya Gundala adalah yang paling kuat.

Sama seperti The Flash, Quicksilver juga diberkahi dengan kecepatan lari luar biasa. Tokoh ini sendiri muncul dua kali dalam film dan karakternya yang berbeda pula. Pertama adalah Quicksilver versi The Avenger dan lainnya adalah versi X-Men. Ya, silahkan Marvel dan DC berbangga diri dengan karakter tersebut, namun Indonesia juga punya yang tak kalah hebat. Benar sekali, Gundala.

Bagamana jika ketika tokoh superhero ini dipertemukan? Siapa kah yang bakal jadi pemenangnya? Gundala tentu saja. Pasalnya, tak hanya mampu berlari secepat kilat, karakter satu ini juga dilengkapi kekuatan menguasai petir. Ibaratnya, Gundala adalah gabungan antara Quicksilver dan Thor. Mantap, kan?

2. Superman Vs Godam

Siapa sih yang tak kenal Superman? Tokoh satu ini adalah karakter yang paling mencuat di DC dengan bekal kemampuan yang sangat beragam. Mulai dari kekuatan super, mampu mengeluarkan cahaya laser dari matanya, hingga bisa terbang, serta masih banyak lagi yang lain. Ia juga adalah pemimpin Justice League, atau semacam Avenger versi DC.

Sama-sama bisa terbang dan kuat luar biasa, pasti seru jika dua karakter ini bertemu.
Sama-sama bisa terbang dan kuat luar biasa, pasti seru jika dua karakter ini bertemu.

Sangat hebat, apakah ada karakter superhero Indonesia yang bisa menyamai Superman? Tentu saja ada, superhero ini bernama Godam. Karakter ini juga punya kesamaan yang mirip dengan Superman dari segi kekuatannya. Selain mampu terbang, Godam juga bisa mengeluarkan kekuatan super dan juga kebal terhadap apa pun. Godam sendiri merujuk kata palu besar.

Karakter ini sendiri diciptakan oleh Wid NS dan muncul pertama kali pada tahun 1962 dalam komik berjudul Memburu Doktor Setan. Diceritakan pula jika Godam ini berasal dari dimensi lain yang namanya mirip dengan dirinya.

3. Aquaman Vs Aquanus

Film Aquaman menurut rumor akan dirilis pada tahun 2018 mendatang. Tapi, kamu bisa menyaksikan debutnya setahun lagi lewat film pergolakan antara Batman dan Superman dalam film Batman V Superman: Dawn of Justice. Seperti namanya, Aquaman adalah superhero yang dibekali dengan kemampuan super yang berhubungan dengan Air. Mulai mampu mengendalikan laut sampai kemampuan bernapas di dalam air.

Sama-sama menguasai lautan, namun Aquanus punya kekuatan unik berupa sinar penghancur.
Sama-sama menguasai lautan, namun Aquanus punya kekuatan unik berupa sinar penghancur.

Tak jauh beda dengan Aquaman, Indonesia juga punya karakter yang seperti ini bernama Aquanus. Tokoh ini juga punya kemampuan yang hampir serupa dengan Aquaman, ia sangat pandai berenang dan bisa bernapas di dalam air. Tak cuma itu, Aquanus juga punya kekuatan sinar penghancur yang ada di sabuknya. Tokoh superhero ini sendiri asalnya dari planet lain bernama Zyba. Alasan kenapa Aquanus bisa mampir ke Indonesia adalah saat kecil ia dilarikan dengan roket karena kerajaan tempat ayahnya memimpin di serang sebuah bangsa bernama Burbur.

4. Magneto Vs Sembrani

Magneto bisa dibilang adalah rajanya mutan di X-Men. Seperti yang kamu tahu, tokoh ini membawahi banyak sekali mutan-mutan keren seperti Mistique dalam upayanya membalas dendam kepada manusia. Seperti namanya, Magneto punya kekuatan hisap seperti magnet yang memungkinkannya melakukan apa pun dengan logam. Mantan penjahat yang sudah tobat ini juga punya kemampuan terbang.

Magneto memanipulasi medan magnet, Sembrani mematikan magnet. Pasti jadi pertarungan epic jika keduanya bertemu.
Magneto memanipulasi medan magnet, Sembrani mematikan magnet. Pasti jadi pertarungan epic jika keduanya bertemu.

Sembrani, mungkin nama superhero Indonesia satu ini jarang sekali kamu dengar. Namun dari namanya sendiri sudah jelas jika kemampuannya tak kalah dari si Magneto. Diceritakan jika ia punya kemampuan menetralisir medan magnet atau pun listrik. Sembrani juga bisa menangkal semua racun serta mampu terbang. Dari deskripsi kekuatannya, tokoh satu ini adalah lawan yang pas untuk Magneto.

5. Mr Fantastic Vs Pangeran Mlaar

Beberapa waktu lalu film reboot untuk Fantastic Four dirilis. Sayangnya, tanggapan moviegoers tidak terlalu bagus di samping film ini juga mendapatkan kritik yang lumayan banyak. Salah satu tokoh penting dalam Fantastic Four adalah Mr. Fantastic. Selain karena perannya sebagai pemimpin, ia juga dibekali kemampuan unik yang sangat berguna dalam berbagai misi. Yup, kemampuan seperti karet alias mampu memanipulasi bentuk badannya.

Dibandingkan dengan Mr Fantastic, Mlaar punya kisah yang lebih dramatis.
Dibandingkan dengan Mr Fantastic, Mlaar punya kisah yang lebih dramatis.

Lagi-lagi Indonesia juga punya kompetitor tangguh untuk karakter satu itu. Bernama Pangeran Mlaar, sosok ini juga dibekali kemampuan memanjangkan bagian tubuhnya. Kisah Mlaar ini jauh lebih dramatis daripada Mr. Fantastic. Diceritakan jika Mlaar merupakan putra mahkota sebuah kerajaan di Planet Covox. Lalu ketika itu terjadilah kudeta dan menewaskan sang raja. Mlaar yang masih kecil akhirnya dibawa kabur sang paman yang juga seorang ilmuwan. Lewat tangan si ilmuwan ini akhirnya Mlaar punya kemampuan sehebat Mr. Fantastic.

Wih, tak menyangka ya jika Indonesia juga punya karakter superhero yang tak kalah hebat. Sayangnya, kurang dipublikasi sehingga pamornya pun meredup dan hanya anak-anak angkatan 70-80an yang tahu. Seandainya dibikin film seperti Marvel atau DC yang berbekal efek-efek CGI itu, bukan tak mustahil superhero kita bakal lebih epic. Ceritanya yang Indonesia banget juga pasti bisa lebih diterima masyarakat. Kabar baiknya, Gundala akan dibuat seperti ini. Jadi, tunggu saja ya seperti apa jadinya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA