Edan! Los Angeles Ternyata Sembunyikan Banyak Sumur Minyak di Dalam Kota!

oleh Tetalogi
07:00 AM on Aug 6, 2016

Los Angeles adalah sebuah kota terpadat di negara bagian California serta kota terpadat kedua di Amerika Serikat. Selain terpadat, kota ini juga memiliki ragam etnis yang paling banyak sehingga diakui sebagai kota terbesar dan yang paling beragam.

Sebagai kota yang dipadati penduduk, kebanyakan orang pasti berpikiran tempat ini hanya dipenuhi oleh rumah-rumah dan pusat bisnis dan hiburan. Sayangnya, kota ini ternyata juga masih menyimpan begitu banyak sumur minyak yang tersebar di Los Angeles.

Baca Juga
Ternyata Beberapa Negara Ini Benderanya Terinspirasi Dari Majapahit Loh, Mana Saja Tuh
Bikin Emosi! Rombongan Pemuda Indonesia Ini Malah Sengaja Membentangkan Bendera Secara Terbalik

Sumur Minyak yang “Tersembunyi” Sekaligus ”Terlihat” di Depan Mata

Ada begitu banyak sumur minyak yang tersebar di sepanjang Los Angeles. Sumur minyak rahasia ini tersembunyi di tempat yang sebenarnya sangat mudah terlihat. Sebagian ada di dekat sekolah dan mall, dan beberapa yang lain tersembunyi dan tertutup di dalam gedung kantor tua.

Bangunan yang menyembunyikan sumur minyak [Image Source]
Bangunan yang menyembunyikan sumur minyak [Image Source]
Bangunan yang didesain dengan cerdas ini memang tidak terlihat seperti sedang menyembunyikan apa-apa, tapi ternyata ada sumur minyak di dalamnya. Bahkan sumur minyak tersembunyi telah menghasilkan jutaan barrel minyak mentah selama bertahun-tahun lamanya.

Kaya Tambang Minyak Sejak Abad 20

Pada tahun 1890an, Los Angeles adalah kota kecil dengan populasi yang hanya sejumlah 50 ribu orang saja. Meski kecil, kota tersebut adalah ladang minyak yang sangat ramai dan besar. Tanah di bawah kota sangat kaya dengan minyak tanah. Tahun 1930, California memproduksi seperempat dari produksi minyak dunia. Negara bagian yang juga disebut dengan LA ini kemudian tumbuh pesat dan menjadi salah satu negara bagian dengan populasi terbanyak di dunia.

Los Angeles abad-20 [Image Source]
Los Angeles abad-20 [Image Source]
Kebanyakan penduduknya berpikiran bahwa industri minyak di LA telah kering dan operasinya sudah dihentikan bertahun-tahun yang lalu. Tapi yang terjadi justru sebaliknya. Kota yang padat ini masih menghasilkan minyak dalam angka yang sangat tinggi setiap tahunnya. Tidak berhenti sampai di situ saja, setiap tahunnya bahkan ada lebih banyak sumur minyak lagi yang dibangun di sekitar kota. Tapi, para penduduk lokal sering kali tidak tahu bahwa mereka tinggal di dekat sebuah sumur minyak.

Penduduk Pernah Begitu Senang dengan Tambang Minyak

Pada tahun 30an, industri minyak LA sedang sangat booming dan masyarakat berpikir bahwa minyak mentah berwarna hitam pekat ini adalah hal terbaik yang pernah ada. Bahkan 95% penduduk memberikan suara agar mengizinkan sumur minyak berada di halaman belakang rumah penduduk.

Sumur minyak di sekolah [Image Source]
Sumur minyak di sekolah [Image Source]
Karena hukum yang dibuat tahun 1930 itu lah, saat ini hampir setiap pemukiman di LA memiliki sumur pertambangan minyak yang tersembunyi. Kemampuan untuk menyembunyikan sumur minyak dengan baik ini, baik di belakang atau di dalam bangunan ini adalah berkat kemajuan teknologi. Artinya, sumur minyak sekarang ini jauh lebih kecil, lebih tenang, lebih efisien, dan tidak terlalu kotor atau berantakan seperti di abad 20. Perusahaan yang berada di balik sumur minyak ini harus membayar royalti pada sekolah tersebut setiap tahun. Begitu banyak uang yang diberikan sampai 85% dari gaji guru di sekolah tersebut berasal dari hasil minyak ini.

Pertambangan seharusnya memang tidak berlokasi di dekat permukiman penduduk. Pasalnya kegiatan pertambangan juga memiliki resiko dan potensi yang membahayakan. Belum lagi jika sampai kemungkinan terjadinya kebocoran, maka yang pertama kali terkena imbasnya pasti adalah orang-orang yang tinggal di dekat sumur minyak tersebut.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA