5 Hal Selain Uang yang Bisa Kamu Sumbangkan dan Akan Menyelamatkan Nyawa Banyak Orang

oleh Rizal
11:00 AM on Oct 8, 2015

Tidak semua orang lahir dalam keadaan kaya. Ada yang hidupnya pas-pasan bahkan kekurangan. Namun wasiat Tuhan tertulis jika siapa pun sebaiknya menyumbang apa pun keadaannya. Nah, lantas bagaimana caranya? Sedangkan menghidupi diri sendiri saja tidak sanggup. Ya, Tuhan tidak akan pernah memberikan anjuran kecuali kita dimudahkan untuk melakukannya.

Menyumbang selalu identik dengan uang atau harta. Padahal, tidak harus kita seperti itu untuk bisa membantu orang lain. Benar sekali, ada cukup banyak alternatif yang bisa kita pilih selain uang yang bisa digunakan untuk membantu orang lain. Bahkan dampaknya bisa lebih besar lagi hingga menyelamatkan nyawa seseorang.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Tidak selalu kita ada di kondisi banyak uang, dan ketika perasaan ingin berbagi tengah mencuat kamu selalu bisa menyumbangkan beberapa hal berikut.

1. Kotoran Alias Feses

Bagi kita apa sih arti kotoran? Ini cuma sisa pencernaan yang memandangnya saja sudah bikin ‘eneg’. Namun siapa sangka jika kotoran bisa lebih bernilai bahkan menyelamatkan nyawa seseorang. Diketahui di dalam sebuah feses ada begitu banyak microba baik yang membantu pencernaan. Nah, dari sini kemudian proses penyembuhan berlanjut.

Sesuatu yang menjijikkan seperti feses ternyata bisa membantu orang lain tetap hidup [Image Source]
Sesuatu yang menjijikkan seperti feses ternyata bisa membantu orang lain tetap hidup [Image Source]
Microba baik ini pun akan diambil untuk kemudian diproses sedemikian rupa. Tujuannya untuk diberikan kepada pasien yang mengalami gangguan pencernaan dan yang berkaitan dengan itu. Cara seperti ini dulu memang hanya lelucon jorok saja, namun di era kekinian ternyata terbukti bermanfaat. Jadi, mungkin ini kesempatan kita untuk menyumbangkan sesuatu.

2. Tumor

Menyumbangkan bagian tubuh tak harus yang masih aktif seperti mata dan organ lainnya. Tumor yang dianggap menyusahkan ternyata juga bisa dijadikan benda yang bisa disumbangkan. Bahkan para dokter dan praktisi medis akan sangat berterima kasih yang tak terhingga jika ada seseorang yang melakukannya.

Tumor mungkin beban bagi si empunya, namun ternyata bagi dunia medis sangat berharga [Image Source]
Tumor mungkin beban bagi si empunya, namun ternyata bagi dunia medis sangat berharga [Image Source]
Tumor sendiri akan digunakan untuk bahan penelitian para dokter. Biasanya untuk menemukan penangkal dan obat dari penyakit mematikan semisal kanker. Lewat penelitian ini sudah ditemukan banyak sekali teknik pengobatan dan pencegahan walaupun masih belum ditemukan yang bisa menyembuhkan 100 persen.

Jadi, bisa disimpulkan ketika penyakit-penyakit berat masih ada maka dokter akan selalu membutuhkan benda ini untuk digunakan sebagai obyek penelitian penting.

3. Air Kencing

Sama seperti feses, kita sama sekali tidak membutuhkan yang satu ini. Keberadaannya di tubuh kita justru bisa jadi penyakit mematikan. Namun lagi-lagi ternyata air menjijikkan ini justru benda yang sangat bernilai jika disumbangkan.

Air kencing juga sama tidak kita butuhkannya seperti feses, namun ternyata sangat berguna ketika disumbangkan [Image Source]
Air kencing juga sama tidak kita butuhkannya seperti feses, namun ternyata sangat berguna ketika disumbangkan [Image Source]
Meskipun cuma hasil ekskresi tubuh, namun air kencing ternyata banyak sekali gunanya. Air kencing bisa didaur ulang dengan cara diekstrak sehingga bisa diubah menjadi energi bahkan bisa diminum lagi. Air seni ini juga bisa menjadi rujukan para ahli gizi untuk menciptakan suplemen yang berguna bagi kesehatan. Misalnya saja mengambil sampel air seni ibu hamil yang sehat untuk diteliti kesuburannya lalu datanya akan digunakan untuk membuat obat dan sebagainya.

Memang sekilas menjijikkan dan bahkan bau sekali, namun air kencing ternyata seberguna ini.

4. Genom

Genom bisa diartikan sebagai sebuah data base yang isinya adalah segala informasi tentang organisme. Mulai dari ciri fisik, sampai hal-hal yang berkaitan dengan penyakit dan sebagainya. Nah, manfaat menyumbangkan genom ini ternyata luar biasa. Hanya dari seberkas informasi tersebut, peneliti bisa menciptakan sebuah obat.

Kalau ditukarkan dengan uang, maka genom bisa dihargai miliaran mungkin lebih [Image Source]
Kalau ditukarkan dengan uang, maka genom bisa dihargai miliaran mungkin lebih [Image Source]
Mekanismenya tentu sangat rumit dan susah. Namun, intinya ketika para peneliti menerima genom seseorang, mereka akan mulai meneliti keunikan dan keunggulannya lalu mencatat data-datanya. Nah, dari sini kemudian dikumpulkan bersama dengan genom lain untuk kemudian dihasilkan sebuah kesimpulan. Metode ini benar-benar dilakukan lho untuk meneliti kanker.

5. Suara

Menyumbang suara bukan berarti kita pergi ke bilik-bilik TPU dan mencoblos muka seseorang. Ini bukanlah yang seperti itu, namun sesuatu yang jauh lebih berguna lagi. Yup, suara yang disumbangkan ini ternyata bermanfaat bagi saudara kita yang menderita kekurangan daya lihat atau tuna netra. Bagaimana caranya?

Daripada digunakan untuk hal-hal yang kurang berguna, suara bisa disumbangkan kepada mereka yang membutuhkan [Image Source]
Daripada digunakan untuk hal-hal yang kurang berguna, suara bisa disumbangkan kepada mereka yang membutuhkan [Image Source]
Para tuna netra sebenarnya tidak ada bedanya dengan manusia yang lain. Mereka butuh untuk bisa update tentang informasi apa pun. Nah, mengingat membaca adalah sesuatu yang belum mampu mereka lakukan, maka mendengar lah yang bisa dilakukan. Kita bisa membantu mereka dengan menyumbangkan suara tersebut.

Mekanismenya sendiri adalah lewat recording alias perekaman. Jadi, nanti tinggal diputar begitu saja dan jika butuh diulang maka tinggal di-rewind. Suara ini juga bisa ditranslasi ke dalam braile. Jadi, mereka bisa membacanya kapan pun. Namun ada syaratnya nih agar bisa menyumbang suara. Harus benar-benar fasih dalam pelafalan termasuk intonasi dan pengucapan kata. Tak begitu susah kan?

Uang tidak punya, tapi punya hasrat besar ingin membantu orang lain? Deretan hal di atas bisa jadi opsi yang bagus. Sebenarnya jika kita jeli dan bisa membaca kebutuhan, uang bukanlah sesuatu yang benar-benar diperlukan bagi seseorang. Nah, banyak alternatif menyumbang yang bisa dipilih dan hampir tidak ada yang memberatkan diri kita. Lalu, apakah masih enggan untuk menyumbang?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA