in

Sultan Syarif Kasim II, Bangsawan Indonesia yang Membuat Ratu Belanda Jatuh Cinta

Sultan Syarif dan Ratu Wilhelmina [image source]

Masa penjajahan Belanda sepertinya tak hanya meninggalkan kenangan pahit untuk Indonesia. Karena selain Indonesia diliputi suasana peperangan yang mencekam, ternyata ada kisah cinta yang tersembunyi kala itu. Cerita ini datang dari Kesultanan Siak Sri Indrapura Riau yang kala itu terkenal sangat loyal terhadap Indonesia dan memiliki sosok pemimpin yang dicintai rakyat.

Kesultanan Siak saat itu dipimpin oleh Sultan Syarif Kasim II, pemimpin yang disebut-sebut mampu mencuri hati wanita sekelas Ratu Wilhemina dari Belanda. Lalu sebenarnya seperti apakah sosok sultan kenamaan Riau ini?

Syarif Kasim II, sultan muda yang tegas

Kesultanan Siak Sri Indrapura adalah kesultanan terbesar di Riau yang didirikan seorang raja kecil bergelar Sultan Abdul Jalil Rakhmat Syah di tahun 1723. Syarif Kasim II diberi gelar sebagai sultan pada 13 Maret 1915 di usia 21 tahun untuk menggantikan sang ayah yaitu Sultan Assyaidin Hasyim I Abdul Jalil Syaifuddin yang meniggal pada tahun 1908. Ketika diangkat menjadi sultan, Syarif Kasim II diberi gelar Sultan Assyaidis Syarif Kasim Sani Abdul Jalil Syaifuddin.

Sultan muda [image source]
Syarif dikenal sebagai pemimpin yang sangat tegas dan hal itu terbukti ketika dia menyebutkan bahwa Kerajaan Siak memiliki kedudukan sejajar dengan Belanda. Yang mana hal tersebut bertentangan dengan perjanjian antara Siak dan Belanda sebelumnya yang menyatakan Belanda hanya meminjamkan Siak pada Sultan.

Sultan Syarif melakukan apapun demi mencerdaskan rakyatnya

Ketika menjabat sebagai sultan, Syarif memiliki beberapa program yang dirasa sangat baik untuk rakyat. Misalnya saja dia mendirikan Hollandsch Inlandsche School (HIS) yang terletak di samping sekolah berbahasa Melayu untuk seluruh masyarakat. Selain itu untuk memudahkan siswa menuju sekolah, Syarif menyediakan perahu gratis. Belum lagi adanya program beasiswa yang ia gagas untuk murid yang berbakat agar dapat bersekolah di Padang, Medan, Maupun Batavia.

Sultan Syarif [image source]
Tak hanya sekolah formal saja, Sultan Syarif Kasim II juga membuat sebuah sekolah agama yang dikhususkan untuk para pria. Sekolah yang diberi nama Taufiqiah Al-Hasyimah itu dikonsep menjadi sebuah tempat memperoleh ilmu agama dari para guru profesional yang didatangkan dari Padang dan juga Mesir.

Menolak kerja paksa dan membantu penuh Indonesia

Pada saat memimpin, Sultan Syarif secara berani menentang kebijakan Belanda mengenai kewajiban  rodi yang harus dilakukan rakyat. Sikap seperti itu lah yang kemudian membuat Belanda menganggapnya sebagai seorang pemberontak. Akhirnya mereka mendatangkan pasukan khusus untuk menumpas pemberontakan Syarif. Tapi ternyata pemimpin pasukan Belanda, Letnan Leitser akhirnya harus gagal dan memutuskan bunuh diri.

Romusha [image source]

Tak hanya menolak rodi Belanda, Sultan Syarif juga menentang kebijakan romusha oleh Jepang karena tak terima rakyatnya diperlakukan demikian. Hingga akhirnya ketika dia mendengar kabar terkait kemerdekaan Indonesia, Syarif mengirim surat berisi dukungan penuh pada Soekarno dan Hatta. Ada pula yang menyebutkan bahwa sang sultan menyumbang uang sejumlah 13 juta gulden serta mahkota dan pedang Kesultanan Siak.

Membuat Ratu Wilhelmina jatuh cinta

Bila berkunjung ke Istana Siak Sri Indrapura kita akan dapat melihat beberapa peninggalah sejarah termasuk patung serta potret Ratu Wilhelmina. Menurut seorang pemandu wisata konon sang ratu Belanda jatuh cinta pada Sultan Siak karena sosoknya yang cerdas, gagah, rapi, dan juga cinta dengan rakyat. Sifat itulah yang kemudian merebut perhatian sang ratu ketika berkunjung ke Siak.

Sultan Syarif dan Ratu Wilhelmina [image source]
Saat itu sang ratu memberikan kenang-kenangan berupa patung dirinya untuk diletakkan di Kesultanan Siak dan juga meminta patung sang sultan sebagai oleh-oleh ke Belanda. Ratu dan sultan kala itu tak dapat bersatu lantaran perbedaan keyakinan antara mereka. Sultan Syarif kemudian memilih mundur perlahan dan mendekatkan diri dengan rakyat serta rajin mengunjungi masjid.

Sultan Syarif Kasim II tercatat sebagai raja terakhir di Kesultanan Siak karena tidak memiliki keturunan. Kemudian dia memutuskan menyerahkan kerajaan dan kekayaannya untuk Indonesia. Loyalitas sang sultan memang tidak perlu diragukan lagi pada Indonesia. Dan sampai saat ini nama beliau diabadikan sebagai nama bandar udara di Riau.

Written by Faradina

Leave a Reply

Kakek-Kakek ini Lakukan Hal Tak Biasa yang Bisa Bikin Anak-Anak Muda Malu

5 Teknologi Bionik dalam Bidang Militer yang Perlu Dikembangkan Indonesia