Mengenal Sulaiman Al Rajhi, Miliuner Muslim Terkaya di Dunia yang Rela Hidup Miskin Agar Bahagia

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Jun 17, 2016

Banyak orang di dunia ini bermimpi memiliki uang yang banyak agar bisa hidup dengan enak dan mewah. Mereka melakukan segala cara mulai dengan bekerja keras hingga hal-hal tidak baik seperti penipuan dan juga korupsi. Akhirnya, kehidupan yang diharapkan akan berakhir bahagia itu justru menjadi kacau dan kebahagiaan yang hakiki tak bisa didapatkan lagi.

Baca Juga :5 Fakta Teuku Markam, Pria Penyumbang Emas Monas yang Direndahkan Negara

Baca Juga
4 Bukti Gregetnya Orang Indonesia Kalau Ada Bahaya, Kayak Sudah Hilang Urat Takutnya
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer

Berbeda dengan orang yang terlalu mendewakan uang, Sulaiman Al Rajhi justru menganggap uang sebagai penghambat kebahagiaannya. Uang-uang yang beliau dapatkan selama ini justru diberikan untuk amal dan memilih hidup miskin tapi bahagia. Berikut kisah inspiratif dari Sulaiman Al Rajhi yang layak untuk diteladani.

Keluarga Miskin yang Pantang Menyerah

Tahukah Anda, bahwa Sulaiman Al Rajhi yang lahir di tahun 1920 adalah lulusan SD? Beliau berasal dari keluarga miskin di Arab hingga untuk sekolah saja sangatlah sulit. Akhirnya setelah lulus SD, Sulaiman Al Rajhi memilih bekerja untuk membantu keluarganya agar mentas dari kemiskinan.

perjuangan Sulaiman Al Rajhi [image source]
perjuangan Sulaiman Al Rajhi [image source]
Sulaiman Al Rajhi berusaha pantang menyerah untuk bekerja hingga membuat sebuah bisnis. Beliau dikenal sangat sabar dan telaten hingga akhirnya berhasil membuat banyak perusahaan besar dan mendulang keuntungan tak main-main. Bayangkan, beliau memiliki $7,7 miliar atau setara dengan Rp73 triliun.

Membangun Bisnis Hingga ke Eropa

Sulaiman Al Rajhi yakin bahwa untuk bisa sukses dengan cepat, seseorang harus menjalankan sebuah bisnis. Bahkan, Nabi Muhammad Saw juga menjalankan sebuah bisnis untuk keluarga dan umat-umatnya. Sulaiman Al Rajhi membangun bisnis di bidang perkebunan dengan mendirikan perusahaan bernama National Agricultural Development Company (NADEC).

bisnis Sulaiman Al Rajhi [image source]
bisnis Sulaiman Al Rajhi [image source]
Selain perkebunan-perkebunan yang membuat beliau semakin kaya. Sulaiman Al Rajhi juga mendalami investasi saham di Arab Saudi. Dia menanamkan banyak saham di berbagai sektor penting di negara tersebut. Selanjutnya, Sulaiman Al Rajhi juga berbisnis di dunia perbankan dan mengenalkan perbankan syariah ke seluruh penjuru Eropa hingga membuatnya jadi miliuner yang sukses.

Mengajari Semua Anaknya untuk Berbisnis

Sulaiman Al Rajhi memiliki 23 anak yang dibesarkan sendiri dengan uang-uangnya. Seluruh anaknya tidak didik untuk mampu berusaha dan berbisnis. Setiap anak dari Sulaiman Al Rajhi diberi perusahaan untuk dikembangkan sendiri dan menjadi pundi-pundi uang dengan usahanya sendiri.

Sulaiman Al Rajhi [image source]
Sulaiman Al Rajhi [image source]
Sulaiman Al Rajhi tidak pernah mengajari anak-anaknya untuk bermalas-malasan. Anaknya tidak diberi uang dengan mudah meski diberi sedikit saja tidak akan mengurangi harta-hartanya. Dalam mendidik anak anak, Sulaiman Al Rajhi ingin agar semua anaknya merasakan bagaimana rasanya hidup dengan susah, bagaimana hidup dari bawah hingga suatu saat menjadi sukses dan berguna bagi banyak orang.

Kekayaan Hanyalah Penghalang Kebahagiaan

Di usianya yang genap 90 tahun, Sulaiman Al Rajhi ingin hidup dengan bahagia. Dia tidak membutuhkan semua harta yang dimiliki meski jumlahnya sangatlah banyak. Uang yang berjumlah $7,7 miliar itu disumbangkan ke lembaga amal untuk keperluan pendidikan dan juga kesejahteraan masyarakat di negara Arab. Keputusan ini juga didukung oleh 23 anak-anaknya karena hanya itu yang bisa membuat ayahnya bahagia.

Kampus Sulaiman Al Rajhi [image source]
Kampus Sulaiman Al Rajhi [image source]
Selain menyumbangkan hartanya untuk amal. Sulaiman Al Rajhi juga membangun sebuah kampus bernama Sulaiman Al Rajhi University di tanah kelahirannya. Universitas ini gratis bagi masyarakat miskin yang ingin belajar tentang kesehatan dan perbankan Islam yang dewasa ini mulai merambah negara-negara di kawasan Eropa.

Baca Juga :5 Hal Inilah yang Akan Terjadi Jika Papua Sampai Lepas dari Pelukan NKRI

Inilah kisah dari Sulaiman Al Rajhi yang merupakan miliuner Muslim terkaya namun ingin hidup miskin. Bagi Sulaiman Al Rajhi, hidup dengan kekayaan melimpah tak membuatnya bahagia. Hidup dengan sehelai pakaian dan keimanan akan membuatnya bahagia.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 16 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Orang Indonesia Kreatifnya Bukan Main
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA