6 Suku Asli Indonesia yang Hampir Punah Keberadaannya

oleh Rahma Muliani
15:52 PM on Jul 30, 2015

Kita tentu sudah mengetahui ada begitu banyak suku yang terdapat di Indonesia. Sekiranya, ada sekitar 1500 suku dengan adat istiadat serta bahasa yang berbeda-beda. Namun ternyata, ada beberapa suku-suku tersebut yang terancam punah karena adanya kebijakan pembangunan.

Baca Juga : 5 Fakta Unik Suku Bajau, Manusia Air di Kalimantan

Baca Juga
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi

Miris, hanya karena di tempat yang sudah lama para suku itu tinggali terdapat sebuah kekayaan alam,  mereka pun harus pergi dari tempat tersebut. Para suku itu tersingkir oleh para pengusaha dari manusia modern yang ingin menguasai tempat tinggal mereka itu. Suku apa saja yaa itu? Mari kita simak lebih lanjut.

1. Suku Sakai, Riau

Suku Sakai merupakan suku asli yang ada di Provinsi Riau. Orang Sakai hidup secara nomaden, yakni berpindah dari satu hutan ke hutan lain. Mata pencaharian suku ini bersumber pada hasil kekayaan yang ada di sungai.

Kebijakan Negara Membuat Suku Ini Tidak Lagi Memiliki Ruang Kehidupan - (c)sagangonline
Kebijakan Negara Membuat Suku Ini Tidak Lagi Memiliki Ruang Kehidupan [ImageSource]
Tanah yang mereka tinggali kaya akan minyak. Hutan-hutannya pun rimbun dengan jutaan pohon. Begitu banyak orang tak bertanggung jawab yang mengeksploitasinya secara berlebihan. Sistem kebijakan negara yang diterapkan di sana juga malah membuat suku ini tidak memiliki ruang kehidupan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA