5 Suara Paling Misterius yang Pernah Tertangkap di Luar Angkasa

oleh Rizal
07:08 AM on Dec 25, 2015

Sudah terhitung beberapa dekade sejak proyek luar angkasa pertama dan apa yang telah kita ketahui tentang dunia luar itu tak sampai seujung kuku. Ya, kita masih benar-benar buta dengan luar angkasa. Meskipun demikian, perlahan namun pasti, misteri gelapnya luar angkasa mulai tersingkap. Mulai banyak hal-hal unik yang berhasil didapatkan, termasuk fakta jika luar angkasa itu memiliki suara.

Ya, ternyata beberapa benda di luar sana memancarkan suara meskipun pada umumnya tidak terdengar oleh manusia. Namun dengan teknologi, para ahli berhasil menerjemahkan frekuensi-frekuensi lemah tersebut menjadi suara yang bisa diperdengarkan. Uniknya, ternyata obyek satu dan lainnya memiliki karakteristik suara yang berbeda.

Baca Juga
4 Bukti Gregetnya Orang Indonesia Kalau Ada Bahaya, Kayak Sudah Hilang Urat Takutnya
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer

Nah, berikut adalah deretan suara-suara misterius luar angkasa yang pernah tertangkap.

1. Suara Desisan Saturnus

Tahun 2002 lalu, pesawat NASA bernama Cassini berhasil mencapai orbit saturnus. Misi awalnya untuk melakukan obervasi biasa, hingga akhirnya Cassini menangkap gelombang radio yang diketahui bersumber di salah satu kutub Saturnus. Fenomena ini pas sekali dengan munculnya Aurora yang dipercaya sebagai pemicu munculnya gelombang radio tersebut. Berikut adalah suara yang berhasil tertangkap.

Suara ini sebenarnya sangat mustahil untuk didengar manusia. Namun NASA berhasil menerjemahkannya. Banyak yang beranggapan jika suara ini semacam kode khusus karena pola suaranya yang naik turun.

2. Suara Plasma Interstellar

Pada bulan Agustus 2012 lalu, untuk pertama kalinya dalam sejarah, pesawat luar angkasa berawak berhasil memasuki kawasan Interstellar. Peneliti yang tergabung dalam pesawat Voyager I ini berharap menemukan sesuatu, hingga akhirnya mereka mendeteksi suara aneh seperti berikut.

Diduga suara ini tercipta karena plasma Interstellar yang bertabrakan dengan gelombang kejut matahari. Kejadian ini berulang setahun kemudian dengan bentuk suara yang hampir serupa.

3. Suara Komet Predator

Dunia antariksa pernah dikejutkan dengan hasil gemilang para peneliti yang berhasil mendaratkan pesawat luar angkasa pada sebuah komet bernama 67P/Churyumiv-Gerasimenko. Namun belum sempat diteliti lebih jauh, pesawat bernama Rosetta tersebut berhasil menangkap suara unik tapi misterius.

Suaranya memiliki pola dengan nada yang cukup jelas. Bahkan menurut para peneliti Rosetta, suara ini mirip dengan lagu walaupun temponya tak beraturan. Meskipun begitu, mereka gagal memberikan penjelasan kenapa fenomena suara unik ini bisa terjadi.

4. Suara Badai Jupiter

Selain sebagai planet terbesar di Tata Surya, Jupiter dikenal akan atmosfirnya yang gila. Setiap kali melihat penampangnya, kamu pasti mendapati sebuah bulatan-bulatan yang diyakini oleh peneliti merupakan badai. Bahkan peneliti mengasumsikan jika badai ini lebih kuat seribu kali dari yang paling gila di Bumi. Pada tahun 1979, Voyager berhasil menangkap gambar tersebut dan sekaligus menemukan suara unik namun misterius.

Ini adalah suara petir dan badai Jupiter. Jika suaranya saja sampai ke luar angkasa, maka bisa dibayangkan jika manusia berada di atas permukaan planet ini. Ya, kuping mereka pasti akan berdarah-darah mendengar kerasnya suara badai tersebut.

5. Suara Jantung Black Hole

Bintang bernama GRS 1915+105 sudah lama menarik perhatian para peneliti. Pasalnya, di dekat bintang ini ada semacam black hole yang cukup besar dan secara konstan mulai mengonsumsi sang bintang perlahan-lahan. Fenomena ini makin mengejutkan ketika peneliti berhasil merekam adanya suara di sana.

Sebenarnya, suara ini sama sekali tak bisa didengarkan manusia. Peneliti sebelumnya mengonversikan suara ini dengan sebuah alat khusus, dan akhirnya memunculkan suara mirip dengan detak jantung tersebut.

Luar angkasa menyimpan banyak misteri yang mengejutkan. Siapa yang menyangka jika beberapa obyek ternyata mengeluarkan suara yang unik dan khas. Sepertinya, akan makin banyak lagi suara-suara misterius lain yang akan tertangkap nantinya. Dugaan sementara atas munculnya fenomena ini adalah karena aktivitas alami benda-benda tersebut. Namun untuk kasus tertentu misalnya suara mendesis Saturnus, banyak yang berkeyakinan jika suara yang tertangkap merupakan tanda adanya aktivitas khusus di sana. Apakah itu? Mungkin saja alien atau bentuk peradaban yang lain.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya 28 Potret ini Akan Membuatmu Tahu Rupa Asli Korea Utara yang Sebenarnya Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA