Enam Suara Paling Misterius dari Laut Dalam yang Bikin Manusia Tak Bisa Tidur

oleh Koko Ferdie
08:00 AM on Jan 20, 2017

Seperti yang kita ketahui, lautan adalah tempat misterius di mana pengetahuan manusia masih sedikit tentangnya. Bahkan menurut penelitian, manusia tidak belum sampai mengeksplor 50 persen dari semua lautan. Makanya, ke depan nanti ini sepertinya akan banyak hal-hal mengejutkan yang akan ditemui.

Berbicara soal misteri laut, hal ini juga berkenaan dengan suara-suara aneh di sana. Diketahui, beberapa kali dari lautan terutama bagian dalam, muncul bebunyian nyeleneh yang bikin orang-orang ketakutan. Tidak diketahui apa dan siapa yang membuat suara ini, walaupun beberapa teori berhasil memecahkannya.

Baca Juga
6 Cara Ini Bisa Dipakai Agar Tragedi ‘Panjat Pinang Maut’ Tak Terjadi Lagi
4 Lomba Agustusan Greget Ala Suku Dayak Ini Dijamin Bakal Bikin Kamu Melongo

Lalu, suara-suara misterius macam apa saja yang pernah ditemukan di laut dalam? Simak ulasan lengkapnya berikut.

1. The Bloop

Pada tahun 1997 pernah terdengar suara misterius yang berasal dari dasar laut. Suaranya sendiri berbunyi Bloop sehingga fenomena ini pun dinamai serupa. Pada awalnya, diduga kalau Bloop ini berasal dari hewan raksasa yang ada di laut Pasifik. Namun NOAA alias badan khusus milik Amerika, meyakini apabila suara tersebut bukan berasal dari hewan laut melainkan bongkahan es yang pecah dari Antaratika. Kalau ditamatkan, suaranya sendiri sebenarnya tampak seperti hewan dikarenakan frekuensi dan waktu sinyal Bloop yang konsisten.

2. Upsweep

Pada musim semi sampai gugur di tahun 1991, para peneliti disibukkan dengan merekam suara aneh yang mereka sebut dengan Upsweep. Suara ini unik karena bunyinya seperti cabang pohon yang menggesek-gesek jendela kamar. Entah berasal dari mana suara ini, namun bagi mereka yang memiliki telinga sensitif, suaranya akan sangat mengganggu.

3. Julia

Julia merupakan rekaman suara yang didapatkan pada 1 Maret 1999 dan direkam oleh NOAA. Suara tersebut hanya berdurasi 15 detik dan bunyinya menyerupai seseorang yang tengah merengek. Julia sendiri didapatkan oleh para peneliti ketika merekam suara di timur Pasifik. Diketahui suara ini berasal dari bongkahan es. Tapi, teori lain mengatakan kalau ia juga bisa berasal dari hewan-hewan raksasa.

4. Slow Down

Pada tanggal 19 Mei 1997 Slow Down terekam di Equatorial Samudera Pasifik oleh National Oceanic and NOAA. Nama Slow down sendiri disematkan karena frekuensinya selalu turun setiap tujuh menit. NOAA menduga apabila suara misterius ini berasal dari gunung es yang melayang dan memukul dasar laut, sehingga menghasilkan suara melengking lalu melambat.

5. Train

Suara menyeramkan selanjutnya yang berasal dari bawah laut adalah train. Kenapa disebut kereta api? Hal ini dikarenakan suara yang ditimbulkan menyerupai roda kereta api ketika berjalan di atas rel. Suara dari train ini sendiri direkam pada tahun 1997. Train memiliki dengungan yang stabil dan diperkirakan berasal dari Laut Ross di Antartika. Suara Train sendiri diyakini berasal dari gunung es yang sedang menyeret bagian tengahnya yang terendam air di sepanjang dasar laut.

6. Whistle

Whistle direkam pada Juli 1997 dan dilakukan oleh hidrofon tunggal, sehingga mengakibatkan kemustahilan menentukan berasal dari mana sumber suara tersebut. Whistle sendiri memiliki suara seperti ketel air yang mendidih. NOOA berpendapat jika suara misterius ini berasal dari letusan gunung berapi bawah laut.

Meskipun para peneliti sudah menarik kesimpulan soal suara-suara ini. Namun mereka sebenarnya belum benar-benar bisa memastikan asal dari bebunyian itu. Memang mayoritas dikatakan berasal dari pergerakan alam dan semacamnya, tapi sangat mungkin juga kalau sumber dari suara ini berasal dari hal-hal yang lain. Bisa jadi hewan raksasa atau bahkan alien yang bersembunyi di bawah laut kita.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA