Spinosaurus, Dewa Para Dinosaurus yang Bikin T-Rex Bertekuk Lutut

oleh Sastranagari
16:30 PM on Feb 10, 2017

Pernah nonton film The Lost World Jurassic Park? Ya, film ini pernah laris manis di masanya dan bahkan tahun lalu ada sekuelnya. Ceritanya sih tetap berkutat mengenai taman hiburan yang penuh dengan dinosaurus sebagai T-Rex sebagai tokoh sentralnya.

T-Rex memang dikenal sebagai dinosaurus besar dan ganas. Ia mampu mengoyak tubuhmu dalam sekali cakar saja. Namun, tahu kah kamu kalau keganasan T-Rex ini masih ada yang menyaingi? Saingan T-Rex ini bernama Spinosaurus.

Baca Juga
4 Hal Negatif yang Mungkin Akan Dialami Masyarakat Jika Penggunaan KTP Sebagai Syarat SIM Card Terlaksana
Tukang Bakmi Bak Seleb, Gaya dan Dandanan Jamila “Janda” Dijamin Bikin Publik Melongo

Dilihat dari kerangkanya, Spinosaurus lebih besar daripada T-Rex, bahkan ia adalah dinosaurus terbesar yang pernah hidup di dunia ini. Wow! Berbeda dengan T-Rex yang hidup di daratan, Spinosaurus menghabiskan waktunya di dalam air. Lalu apa sajakah fakta menarik dari Spinosaurus ini? Simak sampai habis ya ulasan menarik ini.

Spinosaurus Adalah Dewa Para Dinosaurus

Kerangka Spinosaurus pertama kali ditemukan oleh paleontolog Jerman bernama Ernst Stromer pada tahun 1912 di Mesir. Ukuran kerangka Spinosaurus tersebut nggak main-main. Dari kerangkanya bisa diperkirakan kalau hewan purba ini memiliki ukuran sekitar 16 hingga 18 meter. Tubuh Spinosaurus juga memiliki ‘layar’ di bagian punggung yang jika berkembang tinggi hewan ini menjadi 5 meter. Bobot Spiosaurus bisa mencapai 7 ton. Nggak berlebihan kalau hewan purba ini disebut sebagai dewanya para dinosaurus.

Spinosaurus VS. T-Rex [image source]
Dibandingkan dengan ukuran Spinosaurus, T-Rex jadi nggak ada apa-apanya. T-Rex yang selama ini kita anggap paling besar tersebut hanya memiliki ukuran sepanjang 12 meter dengan tinggi sekitar 3 meter saja.

Anatomi Tubuh Unik Gabungan T-Rex, Bebek, dan Buaya

Selain memiliki ukurun super besar, tubuh Spinosaurus ini terbilang unik. Spinosaurus memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan 3 hewan, yaitu buaya, T-Rex, dan bebek. Dikatakan seperti T-Rex karena hewan ini juga memiliki dua kaki kecil di depan. Kaki Spinosaurus memiliki selaput seperti bebek yang digunakan untuk berenang. Spinosaurus memiliki lubang hidung yang letaknya agak di permukaan dekat dengan mata.Bentuk tersebut untuk menyesuaikan habitatnya yang berada di dalam air. Ya, Spinosaurus lebih suka menghabiskan waktunya di dalam air.

Spinosaurus hidup di dalam air [image source]
Spinosaurus memiliki moncong yang mirip dengan buaya. Di dalam moncong tersebut terdapat deretan gigi tajam yang siap mengoyak mangsanya berupa ikan-ikan atau dinosaurus lain. Sekali mereka masuk wilayah moncong Spinosaurus, nggak ada jalan lolos. Moncong tersebut akan mengunci mangsa dengan erat.

‘Layar’ Pada Tubuh Spinosaurus Memiliki Banyak Fungsi

Bagian yang paling unik dari tubuh Spinosaurus adalah ‘layarnya’. ‘Layar’ ini terletak di punggung yang merupakan tulang belakang Spinosaurus. Tulang belakang ini dilapisi kulit yang sangat keras dan di bawahnya terdapat pembuluh darah. Jika mengembang sepenuhnya, tingginya bisa mencapai 1,8 hingga 2 meter.

Spinosaurus memiliki layar yang besar [image source]
‘Layar’ Spinosaurus ini memiliki beberapa fungsi yaitu sebagai alat bantu berenang. Adanya pembuluh darah di dalamnya juga berfungsi sebagai pengatur suhu tubuh. Pada musim kawin, ‘layar’ ini akan menjadi penarik perhatian lawan jenis.

Mangsa-mangsa Spinosaurus

Menurut para ahli, Spinosaurus adalah satu-satunya dinosaurus darat yang mampu hidup lama di dalam air. Karena itu, ia bertahan hidup dengan memakan ikan-ikan. Moncong Spinosaurus yang berbentuk corong memudahkannya menangkap ikan.

Spinosaurus memangsa ikan [image source]
Gigi Spinosaurus yang tajam dan rahangnya yang kuat membuatnya sesekali dapat mempertahankan diri ketika diserang. Namun, makanan pokok Spinosaurus adalah ikan-ikan dan bangkai dinosaurus lainnya.

Kehidupan hewan-hewan jaman purba memang menarik untuk disimak. Dari sana kita bisa belajar mengenai keadaan bumi dan makhluk hidup jaman dahulu. Saat ini Spinosaurus bisa dikatakan dinosaurus terbesar, tapi nggak menutup kemungkinan adanya makhluk lain yang lebih besar lagi.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA